x

Indonesia Open 2020: Apriyani/Fadia Tersingkir, Eng Hian Soroti Tekanan dari Penonton Istora

Jumat, 17 Juni 2022 18:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia, Eng Hian, angkat suara usai anak asuhnya tersingkir di babak 8 besar Indonesia Open 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia, Eng Hian, angkat suara usai anak asuhnya tersingkir di babak 8 besar Indonesia Open 2022, Jumat (17/06/22).

Bermain di Istora Senayan, Jakarta, Apriyani/Fadia harus mengakui keunggulan pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Baca Juga

Apriyani/Fadia takluk dalam petarungan dua gim langsung 14-21 dan 19-21 dalam pertarungan 52 menit di perempat final Indonesia Open.

Menanggapi kekalahan ini, Eng Hian selaku pelatih Apriyani/Fadia menilai ada faktor non-teknis yang membuat anak asuhnya kalah. Terutama untuk Fadia yang dinilai belum siap bermain dalam dukungan suporter yang penuh.

Memang bermain di Istora Senayan, suporter Indonesia memberikan dukungan kepada pebulu tangkis Indonesia, termasuk Apriyani/Fadia.

Baca Juga

Namun bermain dalam dukungan penuh penonton ternyata bagi Eng Hian justru bisa menjadi bumerang bila memang tidak siap akan dukungan yang sangat dahsyat.

"Oke kalau Apri mungkin sudah biasa dengan tekanan. Tapi yang masih harus belajar adalah Fadia, bermain di depan publik sendiri itu tidak mudah karena atlet kalau salah mengartikan bisa jadi bumerang," ucap Eng Hian selepas laga.

Eng Hian menambahkan dengan dukungan suporter yang banyak bisa mengubah pola permainan. Namun bagi Eng Hian bermain di depan pendukung yang banyak menjadi pelajaran yang berharga bagi Apriyani/Fadia.

Baca Juga

"Atlet dengan tekanan seperti itu bisa berubah permainannya. Tapi ini pengalaman luar biasa, jadi tadi yang sempat tidak diizinkan minum itu strategi."

"Dari fisik Apri sudah menyentuh limit dan tidak perlu diragukan lagi," pungkas Eng Hian. 


1. Ganda Putri China Kagumi ‘Duet Maut’ Apriyani/Siti Fadia

Pasangan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadiah runner up ganda putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, mengakui keunggulan pasangan tuan rumah, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, saat bertanding di final Indonesia Masters 2022.

Final ganda putri Indonesia Masters 2022, Minggu (12/06/22), mempertemukan antara unggulan teratas Che Qing Chen/Jia Yi Fan dari China melawan pasangan tuan rumah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

Bertanding di kandang sendiri, Istora Senayan, Apriyani/Fadia harus mengakui keunggulan Chen/Jia dengan skor 21-18, 21-12.

Hasil ini memastikan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sebagai juara di ajang World Tour Super 500, sekaligus menegaskan dominasi China yang sebelumnya meraih dua gelar juara di ajang ini.

Apriyani/Siti Fadia sendiri harus puas menjadi runner-up di ajang Indonesia Masters 2022. Namun, ini awal yang baik untuk kedua pemain muda itu.

Baca Juga

Pasalnya, ini adalah final pertama mereka di World Tour BWF sejak dipasangkan awal tahun 2022, menyusul partner lama Apriyani yakni Greysia Polii memutuskan gantung raket.

Usai bertanding, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sangat puas karena bisa memenangkan gelar juara di Istora Senayan yang dipenuhi penonton untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

“Kami sangat bahagia bisa menang di sini. Ini memberi kami modal kepercayaan yang lebih untuk turnamen berikutnya (Indonesia Open 2022),” ujar Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dilansir dari laman resmi BWF.

Baca Juga

Meski berhasil mengamankan gelar juara, namun Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mengakui bahwa Apriyani Rahayu dan pasangan barunya Fadia tidak bisa dianggap remeh.

Apriyani mungkin sudah bisa dikenali gaya permainannya bagi juara dunia 2021 itu. Hal ini berkaca dari rivalitas Chen/Jia dengan Apriyani saat masih bermitra dengan Greysia Polii.


2. Sempat Dominasi Set Kedua, Apriyani/Siti Fadia Gagal Kalahkan Korea Selatan

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia.

Berikut merupakan hasil pertandingan perempat final Indonesia Open 2022 antara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Pertandingan sektor ganda putri Indonesia Open 2022 antara ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti vs pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan berjalan cukup berimbang di gim pertama.

Justru pasangan Korea Selatan Lee/Shin unggul lebih dulu dengan skor 2-0 sebelum pasangan Indonesia, Apriyani/Fadia mampu menipiskan ketertinggalan pada kedudukan 3-4.

Namun demikian, pasangan Korea Selatan, mampu kembali unggul 7-4 dari Apriyani/Fadia jelang interval pertama usai.

Kendati demikian, Apriyani/Fadia mampu kembali menipiskan ketertinggalan menjadi 7-8 atas Lee/Shin di perempat final Indonesia Open 2022.

Baca Selengkapnya: Hasil Indonesia Open 2022: Sempat Dominasi Set Kedua, Apriyani/Siti Fadia Gagal Kalahkan Korea Selatan

Apriyani RahayuIndonesia OpenBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiIndonesia Open 2022

Berita Terkini