x

Singkirkan Loh Kean Yew di Malaysia Open, Pemain Hong Kong 'Dibantu' Viktor Axelsen

Rabu, 29 Juni 2022 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putra China Taipei, Chou Tien Chen, kalah dari wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu, pada babak pertama Indonesia Masters 2020, Rabu (15/01/20).

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu, mengungkapkan mantra ajaibnya saat berhasil menyingkirkan juara dunia Loh Kean Yew di Malaysia Open 2022. Selain kata-kata penyemangat, Viktor Axelsen ternyata juga punya andil besar.

Seperti diketahui, Lee Cheuk Yiu secara mengejutkan berhasil menyingkirkan andalan Singapura, Loh Kean Yew, di babak 32 besar Malaysia Open 2022.

Baca Juga

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (28/06/22), pemain rangking 15 dunia itu menang secara straight gim dengan skor 21-19, 21-12.

Momentum kemenangan ini sejatinya sudah didapat Lee Cheuk Yiu sejak gim pertama. Hal ini membantunya bermain lepas dan lebih percaya diri di gim kedua.

“Angin dari pihak saya sangat kencang di game pertama,” kata Lee usai mengalahkan juara dunia itu dilansir dari laman resmi BWF.

Baca Juga

“Kepercayaan diri saya meningkat usai memenangkan gim pertama, makanya di gim kedua saya tidak takut memainkan apapun,” lanjutnya.

Lebih dari itu, Lee Cheuk Yiu juga mengucapkan ‘mantra’ berupa kalimat-kalimat penyemangat di sepanjang pertandingan melawan Loh Kean Yew kemarin.

Mantra tersebut terbukti manjur dengan dirinya selalu fokus sejak gim pertama. Bahkan, ketika Loh Kean Yew mengajaknya melakukan reli-reli panjang yang menguji kesabarannya.

Baca Juga

“Pekan lalu saya terlalu bersemangat ketika memenangkan game kedua. Kali ini saya mengendalikan pikiran dan mencoba untuk sedikit tenang, tidak terburu-buru, dan meraih poin demi poin,” jelas Lee Cheuk Yiu.

“Saya ingin menguatkan mental saya, saya ingin menjadi pemain top, maka saya harus berubah dan menjadi lebih sabar.”


1. Lee Cheuk Yiu Sempat Latihan Bareng Viktor Axelsen

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Selain membawa mantra ajaib, bekal selama latihan bersama di Padepokan Dubai yang diprakarsai pemain nomor 1 dunia, Viktor Axelsen, juga sangat membantu Lee Cheuk Yiu.

Sejak mengikuti latihan bersama Axelsen, Lee Cheuk Yiu mencatatkan peningkatkan performa. Ini termasuk kemampuannya lebih bersabar di pertandingan yang dia mainkan.

Baca Juga

Dia bahkan berhasil mencapai perempat final di Indonesia Open, yang merupakan pertama kalinya diraih sejak French Open 2021.

“Viktor memanggil saya (ke Dubai). Saya sangat senang dia mengundang saya dan saya menikmatinya,” ungkap Lee Cheuk Yiu soal peran Axelsen.

“Lingkungannya bagus. Saya benar-benar fokus di sana, kami juga latihan persis seperti yang kami mainkan selama pertandingan, jadi saya rasa latihan ini memberi dampak yang sangat bagus.”

Baca Juga

Sekedar informasi, Loh Kean Yew juga merupakan bagian penting dari Padebokan Dubai milik Axelsen yang didirikan pasca-Olimpiade Tokyo 2020 tahun lalu.

Loh Kean Yew juga mengalami peningkatan performa sejak latihan bersama Axelsen. Salah satunya, dia berhasil menjadi juara dunai di Huelva, Spanyol, pada akhir tahun 2021.

Baca Juga

Lee Cheuk Yiu yang melaju ke babak 16 besar Malaysia Open 2022 selanjutnya akan berhadapan dengan gurunya sendiri, yakni Viktor Axelsen yang di laga lainnya mengalahkan Brice Leverdez (Prancis) dengan skor 22-20, 21-7.


2. Legenda Dunia Bongkar Cara untuk Bisa Kalahkan Axelsen

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Diketahui penampilan Viktor Axelsen memang tengah mengganas dan seakan menjadi ‘monster’ menakutkan bagi para rivalnya di sektor tunggal putra.  

Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu sulit dikalahkan. Terakhir kali Viktor Axelsen merakan kekalahan di luar walkover adalah pada Maret 2022.

Setelah itu, Viktor Axelsen selalu menang dalam 20 pertandingan terakhir. Fantastisnya, tercatat bahwa dia meraih kemenangan straight game secara beruntun.

Anthony Sinisuka Ginting dan Lee Zii Jia adalah dua tunggal putra yang mampu mengajak Viktor Axelsen bermain rubber. Tepatnya di Indonesia Open 2022, 14-19 Juni.

Namun, pada akhirnya keperkasaan Viktor Axelsen tetap tak terbendung. Pasangan Natalia Koch Rohede itu mampu bisa keluar sebagai juara Indonesia Open 2022.

Dua legenda bulutangkis dunia, Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei akhirnya buka-bukaan terkait dominasi tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Baca selengkapnya

Hong KongViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisLee Cheuk YiuLoh Kean YewMalaysia Open 2022

Berita Terkini