x

Loh Kean Yew di Singapore Open 2022: Bisa Pecah 'Telur' Tunggal Putra 6 Dekade

Rabu, 13 Juli 2022 10:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Loh Kean Yew bisa pecah 'telur' di Singapore Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Kawan karib Viktor Axelsen, Loh Kean Yew, siap menggebrak panggung Singapore Open 2022 dan mencetak sejarah.

Apalagi sebagai wakil tuan rumah, ia mengemban tugas dan ekspektasi besar di bahunya, untuk bisa melaju jauh di turnamen Super 500 ini.

Baca Juga

Di Singapore Open 2022, Loh Kean Yew bakal memulai perjuangannya dari babak pertama melawan tunggal putra Prancis, Brice Leverdez.

Jelang duel ini, Loh Kean Yew tentu berharap besar pada penampilannya sendiri di hadapan publik Singapura, mengingat sebelumnya ia tersingkir cepat di 32 besar Malaysia Masters 2022.

Tahun ini, salah satu prestasi terbaiknya adalah final India Open pada bulan Januari lalu, namun harus takluk di tangan wakil tuan rumah, Lakshya Sen.

Baca Juga

Ya, bermain di kandang sendiri memang menciptakan motivasi tersendiri bagi para atlet yang berlaga di sebuah kompetisi.

Tidak terkecuali Loh Kean Yew yang bisa mencatatkan sejarah apabila bisa sampai ke final dan bukan tidak mungkin menggondol gelar juara.

Ia punya kesempatan besar menjadi tunggal putra pertama dari tuan rumah yang memenangkan Singapore Open sejak Wee Choon Seng tahun 1962 silam.

Baca Juga

Ya, ‘telur’ tunggal putra yang belum pecah lagi selama 60 tahun ini bisa jadi berakhir dalam genggaman Loh Kean Yew di Singapore Open 2022.

Karena jika harus melihat ke belakang, tuan rumah nyaris tidak pernah berjaya lagi di Singapore Open setelah kemenangan Wee Choon Seng enam dekade silam tersebut.


1. Perjalanan di Singapore Open 2022

Loh Kean Yew bisa pecah 'telur' di Singapore Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Namun untuk sampai ke partai puncak Singapore Open 2022, jalan Loh Kean Yew jelas tidak akan mudah.

Ada sejumlah lawan yang sudah siap menghadang di depan mata, termasuk Brice Leverdez (Prancis), dan mungkin Tommy Sugiarto (Indonesia).

Baca Juga

Meski begitu, Loh Kean Yew cukup dinaungi keberuntungan mengingat ada beberapa calon musuh berstatus unggulan yang memutuskan mundur dari turnamen.

Sebut saja Anders Antonsen dan kawan karibnya, Viktor Axelsen. Selain itu, berdasarkan bagan drawing Singapore Open 2022, Loh Ken Yew tidak akan berjumpa para unggulan setidaknya hingga semifinal.

Di babak pertama, ia akan melawan Brice Leverdez. Jika berhasil lolos, nantinya akan berhadapan dengan Tommy Sugiarto atau rekan senegaranya sendiri dari Singapura, Jason Teh.

Baca Juga

Begitu pula di perempat final, Loh Kean Yew masih belum akan berjumpa para unggulan tunggal putra Singapore Open 2022.

Barulah di semifinal ia berpotensi berjumpa wakil Indonesia, Anthony Ginting, yang di Singapore Open berstatus unggulan keempat.

Menyongsong Singapore Open 2022, Loh Kean Yew mengaku sangat bersemangat, apalagi setelah turnamen vakum digelar selama dua tahun.

Baca Juga

“Sudah dua tahun dan saya masih ingat bagaimana penonton bersorak di belakang saya,” kenangnya seperti diberitakan laman The Straits Times.

Loh Kean Yew tentu berharap di Singapore Open 2022 ini ia bisa menghidupkan kembali euforia dua tahun lalu, apalagi jika mampu melangkah jauh di turnamen.


2. Menuju Cetak Sejarah

Loh Kean Yew bisa pecah 'telur' di Singapore Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sayangnya di Singapore Open 2022, Loh Kean Yew tidak ditemani salah satu kawan karibnya, Viktor Axelsen.

Pasalnya, pebulutangkis Denmark yang sangat akrab dengannya itu mengalami kelelahan fisik setelah memenangkan tiga gelar beruntun di Indonesia Open, Indonesia Masters, dan Malaysia Open.

Baca Juga

Padahal, ada peluang Loh Kean Yew dan Viktor Axelsen, yang selama ini dikenal dengan ‘bromance’ mereka, bakal berjumpa di partai puncak.

Meski begitu, Loh Kean Yew punya misi yang tentunya jauh lebih besar di Singapore Open 2022 alih-alih berjumpa kawannya tersebut sepanjang turnamen.

Publik Singapura tentu akan bersukacita apabila ia bisa menjadi juara tunggal putra dan melanjutkan sejarah milik Wee Choon Seng 60 tahun lalu.

Baca Juga

Jika melangkahkan kaki di partai puncak, Loh Kean Yew juga akan menyabet predikat tunggal putra pertama Singapura yang berhasil menjadi finalis setelah Ronald Susilo pada tahun 2002.

Saat itu, Ronald Susilo yang punya darah Indonesia ini tampil di final Singapore Open 2002 namun dikalahkan wakil China, Chen Hong.

Selain berpotensi memecah telur tunggal putra yang masih awet selama 60 tahun, menjadi finalis Singapore Open dengan status tuan rumah bisa diukir kembali oleh Loh Kean Yew setelah 20 tahun berselang.

Baca Juga

Apakah cita-cita tersebut bisa terwujud nantinya?

Saksikan penampilan Loh Kean Yew di babak pertama Singapore Open 2022 melawan Brice Leverdez, hari ini, Rabu (13/07/22) setelah pertandingan antara Tommy Sugiarto vs Jason Teh. 

SingapuraSingapore OpenBerita BulutangkisLoh Kean YewSingapore Open 2022

Berita Terkini