x

Dominasi Singapore Open 2022, Ganda Putra Indonesia Sampai Bikin 'Merinding' Media China

Sabtu, 16 Juli 2022 07:12 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra Indonesia menunjukkan dominasinya dengan mengirim empat wakil di semifinal Singapore Open 2022 dan hal itu membuat media China merinding memuji. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM –  Ganda putra Indonesia menunjukkan dominasinya dengan mengirim empat wakil di semifinal Singapore Open 2022. Hal itu membuat media China merinding memuji.

Media di China, Sohu, menulis sebuah berita yang menggambarkan persaingan para pebulu tangkis di ajang Super 500 Singapore Open 2022 yang berlangsung pekan ini.

Baca Juga

Dalam ulasannya, media tersebut menyebutkan bahwa ganda putra Indonesia, baik unggulan maupun non-unggulan sangat perkasa seiring banyaknya pasangan ganda dari negara lain yang berguguran.

Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh.Reza Pahlevi Isfahani.

Sementara itu, satu-satunya ganda putra China yang paling banter ke perempat final, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, juga kandas dari Leo/Daniel, dengan skor  14-21, 21-17, 11-21.

Baca Juga

Ganda andalan China yang digadang bakal jadi ‘penghancur raksaksa’, Liang Wei Keng/Wang Chang, juga harus kandas dari Leo/Daniel di babak 16 besar Singapore Open 2022.

“Pada sektor ganda putra, pemain nasional China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong kalah dari pemain Indonesia, Leo/Daniel dalam 3 game dan terhenti di 8 besar. “ demikian tulis media China, Sohu.

“Tim ganda putra Indonesia kembali menguasai semifinal di Singapore Open. Tidak diragukan lagi ganda putra Indonesia memimpin perkembangan sektor ganda putra dunia.”

Baca Juga

Dalam pujiannya, media China tersebut secara terang-terangan menganggap bahwa Fajar/Rian dan ganda putra Indonesia lainnya memiliki beberapa keunggulan yang patut dipelajari.

“Memang banyak aspek yang patut dipelajari (dari kekuatan sektor ganda putra Indonesia),” demikian dilansir dari tulisan media Sohu.


1. Dominasi Ganda Putra Indonesia

Sejauh ini, Fajar/Rian menjadi ganda putra Indonesia tersukses dengan menapaki 6 final, dan 3 gelar juara sepanjang BWF World Tour 2022.

Dapat pujian dari media China, sejatinya perjalanan ganda putra Indonesia di Singapore Open 2022 juga tidak mudah. Apalagi ada yang melewati rentetan laga beruntun.

Seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berlaga di final dua turnamen beruntun sebelumnya, yaitu Malaysia Open 2022 (28 Juni-3 Juli) dan Malaysia Open 2022 (5-10 Juli).

Baca Juga

Mereka bahkan selalu bermain rubber sejak babak 16 besar Singapore Open 2022 melawan Ren Xiang Yu/ Tan Qiang (China), hingga Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean (Singapore).

Begitu pun dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang baru sembuh dari cedera, namun langsung menemui lawan sengit sejak babak pertama Singapore Open 2022.

Namun dengan kegigihan mereka, Leo/Daniel sukses menumbangkan Tan Kian Meng/Tan Wee Kiong, Liang Wei Keng/Wang Chang, hingga He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Baca Juga

Dengan usia yang tak muda lagi, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih mampu mengalahkan para pesaing dengan kecepatan super.

Begitu pun dengan Sabar Karyaman Gutama/Moh.Reza Pahlevi yang sukses menunjukkan taringnya kembali pasca memutuskan jadi pemain independen.

Hari ini, di semifinal Singapore Open 2022, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan mengjumpai Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Serta Fajar/Rian vs Sabar/Reza.

Baca Juga

Apapun hasilnya di semifinal nanti, Indonesia sudah memastikan satu gelar juara dan runner-up ganda putra di Singapore Open 2022.

Hal ini semakin menahbiskan bahwa Indonesia selalu sukses menguasai partai puncak BWF World Tour sepanjang 2022, dimulai dari India Open 2022 hingga Singapore Open 2022.

Sejauh ini, Fajar/Rian menjadi ganda putra Indonesia tersukses dengan menapaki 6 final, dan 3 gelar juara sepanjang BWF World Tour 2022.


2. Munculnya Ganda Putra Junior China yang ‘Ganas’

Pasangan Indonesia, Fajar Alfian-Muhammad Rian, dan ganda putra China Liang Wei Keng-Wang Chang, d podium juara Indonesia Masters 2022

Sebelum kalah dari Leo/Daniel, Liang Wei Keng/Wang Chang, digadang oleh media China, Sohu, sebagai ganda putra generasi baru yang bisa menjadi ‘penghancur raksaksa.’

Hal itu bukannya tanpa sebab. Sejak dipasangkan di Thailand Open 2022 di bulan Mei, Liang Wei Keng/Wang Chang memiliki catatan prestasi cukup mentereng.

Selama perjalanannya, di Indonesia Masters 2022, pebulutangkis China berusia 21 tahun tersebut sukses menjadi runner up usai takluk dari Fajar/Rian di final.

Liang Wei Keng/Wang Chang kembali impresif dalam penampilan ketiganya, yaitu di ajang Malaysia Masters 2022, pada 5-10 Juli.

Mereka kembali mengalahkan pebulu tangkis top dunia lainnya, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi sebelum akhirnya takluk dari ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak semifinal.

Baca selengkapnya: Hati-hati Indonesia! Media Asing Sesumbar Ganda Putra China Penghancur Raksasa Sudah Lahir

 

ChinaPBSIFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisSingapore OpenLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaSingapore Open 2022

Berita Terkini