x

Sabar/Reza, Harapan Baru Ganda Putra Indonesia yang Buat Kejutan di Singapore Open

Minggu, 17 Juli 2022 08:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan karier dari Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani (Sabar/Reza), pasangan bulutangkis ganda putra Indonesia yang sukses buat kejutan di Singapore Open.

Pada gelaran Singapore Open 2022 kali ini, wakil Indonesia mampu tunjukan kualitasnya dengan meloloskan banyak nomor hingga babak semifinal dan final.

Baca Juga

Tercatat, ada enam wakil dari berbagai nomor yang berhasil tampil di babak semifinal Singapore Open 2022 pada Sabtu (16/07/22).

Sektor ganda putra jadi yang paling disorot, lantaran ada empat wakil dari Indonesia di babak ini. Artinya, Indonesia sudah mengunci satu gelar di Singapore Open 2022 lewat sektor ganda putra.

Empat wakil ganda putra Indonesia yang lolos ke semifinal Singapore Open 2022 antara lain Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian, Muhammad Reza Pahlevi Isfahani/Sabar Karyaman Gutama, Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando serta Mohammad Ahsan/Indonesia Hendra Setiawan

Baca Juga

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke semifinal usai mengalahkan wakil tuan rumah, Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean, 16-21, 21-15, 21-15 dalam durasi 52 menit.

Sementara Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil mengalahkan MP Arjun/Dhruv Kapila asal India, 10-21, 21-18, 21-17 untuk amankan tiket ke empat besar Singapore Open 2022.

Berikutnya, pasangan mantan Skuad Pelatnas Cipayung yang kini tampil sebagai profesional, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani juga maju ke semifinal usai menekuk Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei), 21-16, 21-17.

Baca Juga

Terakhir adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang lolos ke semifinal setelah menang 21-14, 17-21, 21-11 atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong asal China.

Dari empat semifinalis yang ada, sosok Muhammad Reza Pahlevi Isfahani/Sabar Karyaman Gutama belakangan jadi sorotan para penggemar bulutangkis Tanah Air.

Meski sudah tersingkir di semifinal usai kalah dari Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, namun ganda putra ini bermain sangat impresif walau berstatus non unggulan bukan bagian Pelatnas di Singapore Open 2022.

Untuk mengenal lebih dekat pasangan Muhammad Reza Pahlevi Isfahani/Sabar Karyaman Gutama, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas profil singkat keduanya:


1. Profil Sabar Karyaman Gutama

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

Sabar Karyaman Gutama memulai karier bulutangkisnya dengan bergabung bersama Exist Jakarta.

Sebelum berduet dengan Muhammad Reza Pahlevi Isfahani, ganda putra kelahiran Sumedang ini sempat bertandem dengan Frengky Wijaya Putra pada 2019 silam dan berhasil bertengger di peringkat 42 BWF.

Baca Juga

Saat masih berpasangan dengan Frengky Wijaya, beberapa kali Sabar Karyaman Gutama berhasil naik podium juara di ajang BWF Junior International dan BWF International Challenge.

Di level junior misalnya, pebulutangkis berusia 23 tahun ini mampu Jaya Raya Junior International dan menjadi runner up Singapore Youth International pada 2014 lalu.

Penampilan gemilangnya di klub Exist Jakarta, membuat Sabar Karyaman Gutama terpilih untuk mengikuti kamp pelatihan di Korea Selatan hasil kerja sama antara Persatuan Bulu Tangkis Indonesia dan Persatuan Bulu Tangkis Korea pada tahun 2015 silam.

Baca Juga

Tak berselang lama, bakat Sabar Karyaman Gutama mulai tercium PBSI dan membuat namanya masuk ke Pelatihan Nasional Cipayung Indonesia pada tahun 2017.

Di tahun 2019, Sabar Karyaman Gutama terpilih dalam skuat Timnas Indonesia yang berlaga pada ajang Asian Junior Championships.

Satu tim dengan sejumlah pebulutangkis tenar Indonesia seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hingga Tontowi Ahmad, pasangan Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya turut membantu Indonesia meraih medali perunggu di turnamen tersebut.

Baca Juga

Sejak tahun 2021, Sabar Karyaman Gutama tidak lagi bertandem dengan Frengky Wijaya dan memilih Muhammad Reza Pahlevi Isfahani sebagai pasangan duet baru.

 Nama Muhammad Reza Pahlevi Isfahani sendiri sejatinya cukup terkenal di panggung bulutangkis Tanah Air, lantaran atlet 23 tahun ini juga memiliki segudang prestasi di panggung BWF.


2. Profil Muhammad Reza Pahlevi Isfahani

Pasangan ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Sama seperti Sabar Karyaman Gutama, sosok Muhammad Reza Pahlevi Isfahani juga sempat berpasangan dengan sejumlah ganda putra Indonesia seperti Akbar Bintang Cahyono dan Kenas Adi Haryanto.

Muhammad Reza Pahlevi Isfahani merupakan atlet bulutangkis yang berasal dari klub Jaya Raya Jakarta.

Baca Juga

Di tahun 2015, Muhammad Reza Pahlevi Isfahani memenangkan gelar ganda putra di turnamen Indonesia Junior International Challenge.

Tak berselang lama, Muhammad Reza Pahlevi Isfahani masuk dalam skuat Timnas Indonesia dan membantu Merah-Putih meraih medali perunggu di ajang Asian Junior Championships.

Pada ajang BWF International Challenge, Muhammad Reza Pahlevi Isfahani beberapa kali sukses naik podium juara saat berpasangan dengan dengan Kenas Adi Haryanto dan Akbar Bintang Cahyono.

Gelar juara yang dimenangkan Muhammad Reza Pahlevi Isfahani antara lain Singapore International 2017, serta Finnish Open di tahun 2018.

Sementara saat berpasangan dengan Sabar Karyaman Gutama, ganda putra baru Indonesia ini belum pernah memenangkan gelar juara namun sempat menjadi runner up di ajang Spain Masters 2021.

BulutangkisSingapore OpenMoh. Reza Pahlevi Isfahani/Sabar Karyaman GutamaSabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi IsfahaniSingapore Open 2022

Berita Terkini