x

Indonesia Diterpa Badai Cedera, Begini Kondisi Terkini Yeremia, Vito, Fadia dan Leo

Kamis, 28 Juli 2022 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Skuat bulutangkis Indonesia diterpa badai cedera jelang BWF World Championship (BWC) 2022. Begini kabar terkini dari Yeremia Rambitan dkk.

Setelah turnamen beruntun selama lima pekan di Indonesia, Malaysia dan juga Singapura, sejumlah atlet bulutangkis Indonesia mengalami cedera serius.

Baca Juga

Yeremia Rambitan mengalami cedera ACL dan harus menepi selama enam bulan, lalu Shesar Hiren Rhustavito mengalami robekan di otot betis, saat bertanding di Malaysia.

Siti Fadia Silva Ramadhanti juga mengalami cedera di bagian tumit, bahkan ia sempat tertatih-tatih di Singapore Open 2022, walaupun akhirnya bisa menjadi juara.

Hal yang sama dialami oleh Leo Rolly Carnando, yang sebelumnya sempat mengalami cedera punggung, kemudian berhasil menjuarai Singapore Open 2022.

Baca Juga

Beruntung, ada waktu sekitar satu bulan bagi para pemain Indonesia untuk recovery, sebelum menjajal BWF World Championship 2022 pada pekan akhir Agustus mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky memberikan update terkini para pemain yang sempat cedera.

"Vito (Shesar Hiren Rhustavito) saya cek masih ada beberapa (yang belum pulih)," ucap Rionny Mainaky pada awak media.

Baca Juga

Dengan demikian, Shesar Hiren terpaksa menolak undangan untuk bermain di BWF World Championship 2022. Demikian juga dengan pemain ganda, Yeremia Rambitan.

"Untuk Yeremia, memang dia tidak ikut (kejuaraan), tapi dia sudah bisa jalan dan lepas tongkat, namun belum bisa latihan."


1. Siti Fadia dan Leo Direstui ke Kejuaraan Dunia

Aksi ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di Badminton Asia Championship

Sementara Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalami perkembangan cukup bagus. Ia tetap bermain di BWF World Championship atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Namun, kali ini Siti Fadia tidak akan berpasangan dengan Apriyani Rahayu, melainkan dengan sosok Ribka Sugiarto.

Baca Juga

Pasalnya, perhitungan poin Apriyani/Siti Fadia belum masuk, sementara perolehan poin Siti Fadia/Ribka sudah cukup untuk bermain di BWF World Championship.

Terkait kondisi cedera tumit yang dialami Siti Fadia, Rionny Mainaky yakin atlet ganda putri itu pulih sebelum kejuaraan dimulai.

"Fadia, pada bagian tumit belakangnya sempat saya minta menggunakan spon, ternyata dia bisa sampai juara Singapore Open. Itu luar biasa," kata Rionny Mainaky.

Baca Juga

"Tapi kami mesti lihat lagi faktor sepatunya. Saat ini, kami sedang rapatkan lagi seperti apa, tapi saya rasa tak terlalu mengganggu (di Kejuaraan Dunia) nanti. Dia sudah siap."

Terakhir, Leo Rolly Carnando yang sempat mengalami cedera punggung dan absen di tur Malaysia, serta Taipei Open 2022 lalu.

"Leo juga sudah aman," kata Rionny.

Baca Juga

"Kenapa saya batalkan di Taipei Open? Selain pemulihan, ini juga untuk penguatan, karena khawatirnya setelah kemarin juara (Singapore Open), muncul lagi cederanya."

Dengan demikian, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan tetap berangkat ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Jepang, pada 21-28 Agustus 2022.


2. Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022:

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di laga Final Songapore Open 2022, Minggu (17/07/22). Foto: PBSI

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan
Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto
Bagas Maulana / Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri

Ribka Sugiarto / Siti Fadia Silva Ramadhanti
Nita Violina Marwah / Putri Syaikah
Febriana Dwipuji Kusuma / Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari
Adnan Maulana / Mycgelle Crhystine Bandaso
Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati

Shesar Hiren RhustavitoBulutangkisLeo Rolly CarnandoLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanRionny MainakySiti Fadia Silva RamadhantiKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini