x

Sulit Disingkirkan, Ini 4 Tunggal Putra yang Bertengger di Ranking 1 Dunia Terlama, Bukan Viktor Axelsen

Jumat, 29 Juli 2022 20:12 WIB
Editor: Juni Adi
Mantan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Tidak banyak pebulutangkis di sektor tunggal putra mempertahankan ranking nomor satu dunianya, seperti empat pebulutangkis ini. 

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang terus mengalami perkembangan pesat. Sempat dirajai oleh negara-negara Asia, namun kini kekuatan bulutangkis kian merata.

Baca Juga

Tidak lagi China yang dominan, tetapi ada negara-negara Eropa yang secara mengejutkan terus berkembang dengan baik. Denmark misalnya, perlahan mereka menjadi negara yang sulit dikalahkan.

Salah satu pebulutangkis andalanya ada di sektor tunggal putra, Viktor Axelsen. Siapa yang mampu menumbangkannya?

Dalam beberapa tahun terakhir sulit untuk bisa dihentikan kemenangan-kemenangan Viktor Axelsen di sejumlah turnamen. 

Baca Juga

Beberapa pebulutangkis tunggal putra kenamaan seperti Anthony Ginting, Jonatan Christie hingga Kento Momota juga tak bisa berbuat banyak.

Saking sulitnya dikalahkan, Viktor Axelsen kini sukses memecahkan sejumlah rekor di bulutangkis dunia. Salah satunya rekor milik legenda tunggal putra asal China, Lin Dan.

Sebelumnya, Axelsen berhasil menyamai rekor kemenangan Lin Dan usai mengalahkan wakil Indonesia, Jonatan Christie, di semifinal Malaysia Open 2022 pada Sabtu 2 Juli 2022. 

Baca Juga

Ia berhasil meraih kemenangan 21-15, 20-22, dan 21-11 atas Jonatan Christie.

Kemenangan tersebut pun mengantarnya melaju ke babak final Malaysia Open 2022 untuk menghadapi wakil Jepang, Kento Momota. Di final ia sukses meraih kemenangan.

Saat itu pula, Axelsen berhasil meraih 31 kemenangan secara beruntun, sama seperti milik Lin Dan. Saat ini, sulit bagi pebulutangkis tunggal putra lain mengalahkan pebulutangkis asal Denmark itu.

Sebab beberapa kali nama-nama ternama seperti Kento Momota, Anders Antonsen.

Lee Zii Jia, Anthony Ginting pun tak bisa mengalahkannya, yang membuat Viktor Axelsen bertengger cukup lama di ranking satu dunia tunggal putra versi BWF.

Sebelum Viktor Axelsen, ada beberapa tunggal putra lain yang bertahan lama di peringkat satu dunia BWF pada ajang bulutangkis.


1. Lin Dan (China)

Lin Dan, legenda bulutangkis China

Lin Dan dikenal sebagai salah satu tunggal putra yang sulit ditundukan oleh para rivalnya termasuk wakil Indonesia, Taufik Hidayat.

Pebulutangkis yang sudah pensiun itu tercatat menduduki ranking nomor satu dunia selama 211 Minggu, sejak pertama kali merasakannya pada 26 Februari 2004.

Lamanya bertengger di ranking satu dunia, membuktikan kalau Lin Dan adalah salah satu tunggal putra dengan kemampuan cukup hebat.

Disepanjang karier Lin Dan telah mencatatkan 666 kemenangan dan 128 kekalahan. Dia mengoleksi 66 gelar juara termasuk berbagai torehan prestisius juara Olimpiade hingga dunia.

Lin Dan juga tercatat sebagai pemilik tinta emas dengan meraih lima gelar kejuaraan dunia mulai 2006, 2007, 2009, 2011, hingga 2013.

Lee Chong Wei (Malaysia)

Tunggal putra dengan rekor ranking satu dunia versi BWF terlama adalah Lee Chong Wei. Pebulutangkis asal Malaysia itu mencatatkan diri bertahan hingga 348 pekan (199 pekan secara beruntun) sepanjang tahun 2000 hingga 2019.

Selama berkarier, Lee Chong Wei sukses mendulang 69 gelar juara dari berbagai ajang bulutangkis dunia.

Rekor Lee Chong Wei tentu pencapaian luar biasa hingga kini belum terpatahkan. 


2. Ardy Bernardus Wiranata (Indonesia)

Atlet bulutangkis senior Indonesia, Ardy B. Wiranata

Nama Ardy Bernardus Wiranata atau Ardi B.W tentu tidak asing bagi para pecinta bulutangkis Tanah Air. Ia dikenal sebagai salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Buktinya pada era 1990-an, ia sangat ditakuti di dunia bulutangkis internasional, karena mampu meraih sejumlah prestasi bergengsi seperti Indonesia Open sebanyak 6 kali.

Baca Juga

Selain itu, ia juga berhasil membawa medali perak Olimpiade Barcelona 1992. Banyak merengkuh prestasi, membuat posisi Ardy Wiranata di ranking dunia versi BWF pun tak tergoyahkan sebagai nomor satu selama 153 Minggu.

Peter Gade (Denmark)

Denmark menjadi salah satu negara Eropa yang kekuatan bulutangkisnya mulai diperhitungkan, bahkan ditakuti karena banyak melahirkan atlet potensial.

Baca Juga

Saat ini, mereka merajai sektor tunggal putra dengan Viktor Axelsen yang sulit dikalahkan. 

Sebelum Axelsen, Denmark sudah lebih dahulu punya tunggal putra menakutkan dalam diri Peter Gade.

Legenda bulutangkis Denmark, Peter Gede tercatat pernah memuncaki ranking satu dunia selama 159 Minggu di sektor tunggal putra.

Lee Chong WeiBWFLin DanPeter GadeViktor AxelsenArdy B WiranataTRIVIABulutangkis

Berita Terkini