x

Soroti Drama CLBK Fadia/Ribka di Kejuaraan Dunia, Media China: Kita Perlu Belajar dari Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022 15:07 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Sohu menyebut China harus belajar dari Indonesia yang memutuskan untuk kembali memasangkan Siti Fadia /Ribka Sugiarto di Kejuaraan dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Media Sohu menyebut China harus belajar dari Indonesia yang memutuskan untuk kembali memasangkan Siti Fadia /Ribka Sugiarto di Kejuaraan dunia Bulutangkis 2022.

Sebagai informasi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan segera berlangsung pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Stadium.

Baca Juga

Kejuaraan Dunia Bulutangkis mengadopsi sistem undangan pemain. Jika pemain dan federasi yang diundang setuju, maka mereka memenuhi syarat untuk berpartisipasi.

Indonesia pada Rabu (27/07/22) lalu, telah merilis daftar sementara atlet untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Total ada 16 wakil, termasuk Siti Fadia/Ribka Sugiarto yang kembali dipasangkan.

Siti Fadia/Ribka Sugiarto memang saat ini menempati ranking 29 dunia, namun mereka sudah berpisah sejak awal 2022. Siti Fadia berpartner dengan Apriyani Rahayu, serta Ribka Sugiarto dengan Febby Valencia.

Baca Juga

Dalam beberapa pertandingan, kombinasi Apriyani Rahayu/Siti Fadia menunjukkan prestasi sangat baik dengan menyabet juara Malaysia Open 2022 dan Singapore Open 2022.

Namun kombinasi ini tak mencukupi syarat poin Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, sehingga Siti Fadia/Ribka Sugiarto yang bakal CBLK ditemani Febriana/Amalia dan Nita Violina/Putri Syaikah.

Keputusan Indonesia kembali memasangkan Siti Fadia/Ribka Sugiarto, disebut media China sebagai bagian dari ‘menghargai kesempatan.’

Baca Juga

Hal itu berbeda dengan situasi ganda putra China yang enggan mengirimkan satu pun wakil yang telah mengalami perombakan jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Mereka adalah He Ji Ting/Tan Qiang, Liu Cheng/Huang Kaixiang, Liu Cheng/Zhang Nan, dan Ou Xuan Yi/Zhang Nan, dan Di Zijian/Wang Chang.


1. Media China Mengaku Harus Belajar dari Indonesia

Media Sohu, menyebut bahwa China perlu belajar dari Indonesia melalui PBSI yang kembali memasangkan pasangan yang sudah dibongkar demi Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Media Sohu, kemudian menyebut bahwa China perlu belajar dari Indonesia melalui PBSI yang kembali memasangkan pasangan yang sudah dibongkar demi Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Terutama karena drama kembalinya ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di major event Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 tersebut.

Baca Juga

Demikian dilansir dari Sohu, “Ramadhanti sangat menghargai kesempatan untuk berkompetisi meski tanpa Apriyani Rahayu. Ramadhanti tetap memilih untuk bermain  dengan pasangan asalnya (Ribka) untuk menimba pengalaman.”

“Dari kasus inilah, China harus belajar. Para atlet pastinya akan bangga dapat berpartisipasi dalam turnamen langka seperti Kejuaraan Dunia Bulutangkis.”

“Bahkan jika Anda dapat berpartisipasi di turnamen sendiri saat ini, memilih kembali berpasangan dengan partner lama tetap cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman.”

Baca Juga

Kesimpulannya, media Sohu mengapresiasi upaya Indonesia yang mau memasangkan lagi Siti Fadia/Ribka Sugiarto demi memanfaatkan undangan.

Keputusan Indonesia itu berseberangan dengan China yang memilih untuk tidak mengirimkan wakil ganda putra alih-alih memasangkan lagi pemain yang sudah dibongkar.

Padahal selama ini China adalah negara pengoleksi medali emas terbanyak Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana sektor ganda putra biasanya rajin untuk menyumbangkan medali.

Baca Juga

Meskipun demikian, pelatih ganda putra China, Chen Qi Qiu atau yang biasa dikenal 'Coach Ferguso' untuk kalangan Badminton Lovers (BL), sebelumnya telah memaparkan alasannya.

“Ganda putra China memang akan melewatkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, namun ganda putra kami sedang meningkat,” ucap Chen Qi Qiu melansir Sohu.

“Secara keseluruhan, kinerja di paruh pertama 2022 ini sesuai ekspektasi. Kalah 14 laga, di mana 10 di antaranya adalah kalah dari Indonesia. Statistik ini menunjukkan bahwa ganda putra Indonesia memang memiliki keunggulan saat melawan kami,” sambungnya.


2. Skuat Lengkap Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

Termasuk Fadia/Ribka, berikut daftar sementara wakil Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championships 2022.

Berikut daftar sementara wakil Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championships 2022.

Indonesia mendapatkan satu tambahan pemain di ganda putri, yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Kemudian ada rujuknya Siti Fadia/Ribka Sugiarto dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Sedangkan di sektor ganda campuran ada tiga wakil Indonesia yang siap tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 Agustus mendatang.

Mereka adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso.

Baca selengkapnya: Daftar Sementara Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Ana/Tiwi Ketiban Durian Runtuh

 

ChinaPBSIBulutangkisSiti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka SugiartoTim Bulutangkis IndonesiaKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini