x

ASEAN Para Games 2022: Bulutangkis Beregu Putra Libas Vietnam 3-0, Tantang Thailand di Final

Minggu, 31 Juli 2022 20:02 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Prio Hari Kristanto
Tim Para Bulu Tangkis Putra Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 3-0 pada ajang ASEAN Para Games 2022.

INDOSPORT.COM – Tim Para Bulu Tangkis Putra Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 3-0 pada ajang ASEAN Para Games 2022.

Pada babak round robin, tiga wakil Indonesia yang bertanding langsung meraih kemenangan dominan atas pemain Vietnam lewat straight game.

Baca Juga

Perhelatan ASEAN Para Games 2022 ini berlangsung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah pada hari Minggu (31/07/22).

Tim putra tanah air mengawali pertandingan cabang olahraga para bulu tangkis beregu putra ASEAN Para Games 2022 dengan apik.

Wakil Indonesia untuk bulutangkis tunggal putra, Fredy Setiawan (SL4) menang atas wakil Vietnam, Ta Truc (SL4).

Baca Juga

Pada pertandingan pertama tersebut, Fredy sukses mengalahkan wakil Ta Truc dengan dua gim sekaligus.

Pebulutangkis 30 tahun tersebut tampil apik di gim pertama. Dan akhirnya berkat perjuangan keras, ia mampu mengalahkan Ta Truc dengan skor 21-10.

Di gim kedua, Fredy dapat bermain secara konsisten. Dengan begitu, ia pun menutup gim kedua dengan kemenangan 21-11.

Baca Juga

Kemudian di laga selanjutnya, ada ganda putra Hafidzh Briliansyah Prawiranegara (SU5)/Ukun Rukaendi (SL3) yang juga menyumbang poin.

Pasangan itu menang atas Bui Minh Hai (SU5)/Nguyen Van Thuong (SL4) dalam dua gim sekaligus.


1. Indonesia Raih Medali Emas Pertama

Logo Asean Para Games 2022.

Pada gim pertama, Hafidzh/Ukun tampil maksimal sampai mereka menang dengan skor akhir 21-5. Pada gim kedua, mereka juga memang dengan skor 21-13.

Terakhir, ada wakil Indonesia lainnya untuk bulutangkis tunggal putra, Suryo Nugroho (SU5), yang menyempurnakan skor dengan menang atas Van Anh Tuan (SU5).

Baca Juga

Sama seperti rekannya Fredy Setiawan, Suryo juga sukses memenangkan laga dua gim sekaligus.

Pada gim pertama, Suryo mampu bermain sangat baik hingga menutup dengan kemenangan telak 21-10. Pada gim kedua, ia sukses membungkam Van Anh dengan skor 21-11.

Tim nomor beregu putra Indonesia kemudian bertanding melawan tim Thailand dalam laga penentuan untuk memperebutkan medali emas.

Baca Juga

Kali ini, mereka kembali meraih kemenangan saat bertemu tim Negeri Gajah Putih tersebut pada pertandingan Minggu sore (31/07/22). Dengan begitu, Merah Putih sukses meraih emas pertamanya di ASEAN Para Games 2022.

Fredy Setiawan berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna di laga pertama melawan Kitichokwattana Chawarat (SL4).

Ia berhasil mengamankan kemenangan di gim pertama dengan skor 21-19. Pada gim kedua, Fredy tampil mendominasi dan akhirnya menang dengan skor 21-12 dalam waktu 33 menit.

Baca Juga

Selanjutnya, Indonesia mengunci gelar di pertandingan kedua lewat ganda putra Hafizh Briliansyah Prawiranegara/Hary Susanto.

Mereka juga berhasil menang saat melawan Chok-Uthaikul Watcharaphon (SU5)/Teamarrom Siripong (SL4) langsung pada dua gim dengan skor 21-13 dan 21-13.

Terakhir, Dheva Anrimusthi menyempurnakan skor Indonesia atas Thailand menjadi 3-0 saat meraih kemenangannya melawan Somsiri Pricha dengan skor 21-4, 21-8.


2. Leani Absen, Indonesia Tetap Maju Tak Gentar

Pebulutangkis peraih medali emas Paralimpiade 2020, Leani Ratri Oktila.

Cabor para-badminton siap memeriahkan hajatan ASEAN Para Games 2022 yang rangkaian acaranya bakal terpusat di kota Solo, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, edisi ke-11 ASEAN Para Games sejatinya akan digelar oleh tuan rumah SEA Games 2021, Vietnam.

Akan tetapi, tugas tersebut diambil alih oleh Indonesia yang menunjuk kota Surakarta atau yang akrab dengan sebutan Solo atau Sala sebagai tuan rumah.

Ajang ASEAN Para Games 2022 dijadwalkan mulai bergulir pada 30 Juli mendatang dengan agenda upacara pembukaan di Stadion Manahan.

Para-badminton pun jadi satu dari sekian olahraga yang dipertandingkan di gelaran ini. Pertandingan bakal berlangsung di Edutorium UMS mulai tanggal 30 Juli.

Baca selengkapnya: Para-badminton di ASEAN Para Games 2022: Leani Absen, Indonesia Tetap Maju Tak Gentar

ASEAN Para GamesBulutangkisBerita BulutangkisASEAN Para Games 2022

Berita Terkini