x

Cetak Sejarah, 'Taufik Hidayat' Asal Nepal Terharu Rajin Dapat Penghargaan

Selasa, 2 Agustus 2022 19:31 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses nangkring di posisi satu dunia junior bulutangkis hingga cetak sejarah Nepal, Prince Dahal, tak kuasa menahan haru atas apresiasi yang mengalir datang.

INDOSPORT.COM – Sukses nangkring di posisi satu dunia junior bulutangkis hingga cetak sejarah Nepal, Prince Dahal, tak kuasa menahan haru atas apresiasi yang mengalir datang.

Prince Dahal merupakan pemain tunggal putra junior yang lahir pada 19 Juni 2004 di Darchula, Nepal. Lahir bukan dari negara bulutangkis, 'Taufik Hidayat' asal Nepal ini justru tumbuh mengesankan karena rajin ikut kompetisi.

Baca Juga

Bermain di level bulutangkis junior, Prince Dahal menyabet medali emas di Kejuaraan Junior International Dubai 2018 dan medali perak South Asia U-21 Championship 2019.

Belum lagi gelar-gelar lain yang berhasil dia capai hingga akhirnya ranking Prince Dahal melesat ke peringkat satu dunia kategori tunggal putra junior pada Sabtu (01/01/22) lalu.

Saat menduduki ranking satu dunia junior, Prince Dahal meraih 10.400 poin, menyalip dua rivalnya asal Malaysia yakni Justin Hoh di peringkat kedua, dan M.Fazriq Mohammad Razif di peringkat ketiga.

Baca Juga

Pencapaian itu, membuatnya berhasil mencetak sejarah untuk negaranya sebagai pebulu tangkis Nepal pertama yang menduduki ranking satu dunia junior.

Hanya saja karena minim ikut kompetisi sepanjang 2022, Prince Dahal rankingnya saat ini melorot ke posisi enam dunia junior.

Meski demikian, Prince Dahal diyakini bisa kembali melejit dengan kariernya. Karena dia pernah berujar dengan misinya ingin terus mengharumkan nama Nepal.

Baca Juga

“Target saya adalah menjadi pebulu tangkis nomor satu di Nepal. Tapi saya tahu betul bahwa saya harus bekerja keras untuk mencapai tujuan itu,” kata Prince Dahal melansir laman Kahtmandu Post.

Dia pun akhirnya mendapatkan beragam dukungan dari pemerintah setempat, termasuk dengan banjir apresiasi yang lantas membuatnya terharu.


1. Rasa Haru Prince Dahal

Ilustrasi bulutangkis dan raket.

Dilansir dari laman Kahtmandu Post, Prince Dahal disebutkan mendapatkan beasiswa khusus untuk membantunya membidik medali bulutangkis Olimpiade 2024 di Paris mendatang.

Selain itu Prince Dahal masuk nominasi ‘Penghargaan Pilihan Rakyat’ di acara awards Olahraga Pulsar tahunan, 22 Maret 2022, di Khatmandu.

Baca Juga

Kemudian dilansir dari laman Rising Nepal Daily, Prince Dahal juga mendapatkan penghargaan khusus “National Olympic Committee (NOC) of the Year 2022 dari Pemerintah Nepal.

Demikian bunyinya,”Prince Dahal menerima penghargaan atas prestasinya pada turnamen bulutangkis nasional dan internasional.“

“Prince Dahal menerima medali perunggu nomor tunggal putra dan ganda putra pada South Asian Games (SAG) ke 13 yang diadakan di Kathmandu dan Pokhara pada tahun 2019 lalu.”

Baca Juga

“Dahal juga menjadi pemain bulutangkis Nepal pertama yang menduduki ranking satu dunia bulutangkis dunia junior.”

Atas beragam apresiasi yang diterimanya, Prince Dahal melalui instagramnya @princedahal_ pada Juli 2022 lalu menulis ungkapan harunya yang tak tergambarkan.

“Terima kasih kepada Dewan Olahraga Nasional yang memberi saya apresiasi dan kehormatan melalui penghargaan ini. Saya juga mengucapkan terima kasih dan mendedikasikan penghargaan ini kepada sponsor tercinta yang selalu memercayai saya,” tulis Prince Dahal.

Baca Juga

Unggahan Instagram kekasih dari Rashila Maharjann itu langsung banjir ucapan selamat dari para fans dan rekan-rekan sesama atlet.

Sungguh comeback Prince Dahal sungguh sangat dinantikan. Karena sepanjang 2022 ini, dia belum sekali pun mengikuti turnamen apapun.


2. Putri Syaikah Dibikin Haru Greysia Polii

Jelang comebacknya bersama Nita Violina Marwah di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Putri Syaikah sebelumnya pernah dibuat haru oleh Greysia Polii.

Jelang comeback-nya bersama Nita Violina Marwah di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Putri Syaikah sebelumnya pernah dibuat haru oleh Greysia Polii.

Ya, Greysia Polii yang sudah pensiun pada Juni 2022 lalu memang terlihat sedang mengunjungi pelatnas PBSI. Saat kunjungan Greysia Polii itu, ada momen yang membuat Putri Syaikah terharu.

Dilansir twitter @putri_syaikah01, terlihat bahwa atlet bulutangkis bernama lengkap Putri Syaikah Ulima Hidayat tersebut terlihat sedang berfoto selfie bersama Greysia Polii.

Dalam unggahannya, Putri Syaikah kemudian menyematkan emoticon terharu dalam postingannya bersama Greysia Polii, Senin (25/07/22).

Selain terharu karena kedatangan senior panutan sekaligus idolanya itu, Putri Syaikah juga terharu dengan sebuah kertas bertuliskan harapan-harapan Greysia Polii yang tertempel di kaca lemari.

Baca selengkapnya: Apes Cedera hingga ‘Diparkir’ Cukup Lama, Putri Syaikah Dibuat Terharu karena Greysia Polii

 

NepalBulutangkisBerita BulutangkisPrince Dahal

Berita Terkini