x

Langganan Juara Miss World, India Juga Punya 3 Wanita Cantik di Dunia Bulutangkis

Sabtu, 6 Agustus 2022 19:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jwala Gutta, salah satu ikon bulutangkis India yang berparas cantik. Foto: Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Tidak hanya terkenal dengan wanita cantik nan berprestasi yang memenangkan ajang Miss World, India juga memiliki sederet atlet penuh pesona di kancah bulutangkis, termasuk Jwala Gutta.

Menjadi wanita hebat sekaligus penuh pesona dalam bidang yang digeluti, jelas bukan perkara mudah, termasuk para ‘ratu’ kecantikan di India.

Baca Juga

Salah satu negara yang terkenal dengan industri filmnya tersebut terbilang cukup eksis sebagai juara kontes kecantikan seperti Miss World dan Miss Universe.

Para pemenang ini bahkan tidak sedikit yang kemudian dikenal sebagai aktris papan atas seperti Lara Dutta, Aiswharya Rai, dan Sushmita Sen.

Bahkan, Miss World 2000, Priyanka Chopra, selain jadi bintang film kini juga istri aktor sekaligus penyanyi, Nick Jonas.

Baca Juga

Lalu Miss World 1994, Aishwarya Rai, adalah aktris sekaligus menantu legenda perfilman Bollywood, Amitabh Bachchan.

Meski terkenal dengan wanita-wanita hebatnya di ajang beauty pageant alias kontes kecantikan, India juga punya ratu-ratu cantik dari lapangan bulutangkis.

Meski berasal dari sektor olahraga, atlet-atlet wanita tetap bisa memancarkan pesona mereka tidak hanya lewat wajah melainkan prestasi.

Baca Juga

Namun tidak dapat dipungkiri, pesona kecantikan seorang atlet adalah daya tarik sendiri bagi siapa saja yang menonton sebuah pertandingan olahraga.

Australia punya Gronya Somerville, Malaysia punya Goh Liu Ying, Jepang punya Aya Ohori dan Chiharu Shida, India juga punya ratu bulutangkis yang tidak kalah cantik dari ratu kontes kecantikan mereka.


1. Jwala Gutta

Jwala Gutta, salah satu ikon bulutangkis India yang berparas cantik. Foto: Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images.

Sepertinya nama pertama yang akan muncul paling pertama jika membahas atlet bulutangkis cantik dari India.

Tidak mengerankan, mengingat pesona ratu bulutangkis yang satu ini memang begitu memikat, baik di dalam maupun luar lapangan.

Baca Juga

Bahkan, ketika mencari siapa pemain bulutangkis tercantik di dunia, mesin pencari Google tidak akan segan menampilkan namanya di hasil penelusuran teratas.

Jwala Gutta lahir di Wardha, Maharashtra, pada 7 September 1983, namun dibesarkan di Hyderabad, Telangana.

Sempat belajar tenis, ia pada akhirnya berkenalan dengan bulutangkis saat usia 4 tahun. Adalah sang ayah yang membawanya ke salah satu pelatih nasional pada masa itu, S.M. Arif.

Baca Juga

Setelah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk jadi anak didik sang pelatih, Jwala Gutta memulai pelatihannya di Stadion Lal Bahadur Shastri yang berlokasi di Hyderabad.

Tekun berlatih pun membuat si kecil Gutta makin berkembang dari hari ke hari, hingga membawa pulang gelar juara Junior National Badminton Championship saat usianya menginjak 17 tahun.

Selama berkarier di dunia bulutangkis, ia pernah meraih medali emas di Commonwealth Games 2010, berpasangan dengan Ashwini Ponnappa Machimanda di sektor ganda putri.

Baca Juga

Pada edisi yang sama, ia juga menggondol emas di beregu campuran bersama pemain-pemain seperti Saina Nehwal,Parupalli Kashyap, Rupesh Kumar, dkk.

Jwala Gutta kini sudah menikah dengan seorang aktor bernama Vishnu Vishal. Mereka mengikat janji suci di Hyderabad pada April 2021 lalu.


2. Siapa Lagi Selain Jwala Gutta?

Ashwini Ponnappa saat berpasangan dengan Satwiksairaj Rankireddy. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Di usianya yang sebentar lagi memasuki usia 40, Jwala Gutta masih terlihat cantik dan menawan, Tidak mengerankan orang-orang menyebutnya sebagai atlet bulutangkis tercantik dari India.

Ashwini Ponnappa Machimanda

Rasanya tidak cukup menyebut namanya satu kali sebagai partner yang memenangkan medali emas bersama Jwala Gutta di Commonwealth Games 2010.

Baca Juga

Atlet bulutangkis India berparas manis ini merupakan peraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia yang digelar di Inggris pada 2011.

Lahir di Bangalore, Ashwini Ponnappa memiliki ayah yang berprofesi sebagai atlet hoki. Meski begitu, hatinya ternyata lebih tergerak memilih bulutangkis sebagai karier yang ditekuni sampai detik ini.

Sepanjang perjalanannya sebagai atlet bulutangkis, Ashwini Ponnappa sudah berpasangan dengan sejumlah pemain seperti Jwala Gutta, Nelakurihi Sikki Reddy, dan Puthenpurayil Chandrika Thulasi.

Baca Juga

Pada 2017 lalu, ia menikah dengan seorang model sekaligus pebisnis India bernama Karan Medappa.

Saina Nehwal

Saina Nehwal. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Selanjutnya ada nama yang sudah sangat familier di telinga para penikmat bulutangkis baik di India maupun dunia.

Mantan pemain nomor satu dunia yang menjadi kebanggaan sektor tunggal putri India. Bukan hanya itu, ia juga sudah tiga kali berpartisipasi di Olimpiade dan memenangkan medali perunggu di London 2012.

Baca Juga

Dinilai sebagai atlet yang berhasil meningkatkan popularitas bulutangkis India, Saina Nehwal diganjar penghargaan Padma Bhushan oleh pemerintah pada 2016.

Pada 2018, ia menikah dengan sesama rekan senegaranya, Parupalli Kashyap, melalui sebuah upacara tertutup.

IndiaMiss UniverseSaina NehwalJwala GuttaAshwini PonnappaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini