x

Disorot Oma Gill, Rinov/Pitha Bisa Catat Rekor Langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Minggu, 21 Agustus 2022 14:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, disorot Oma Gill karena berpotensi mencatat rekor langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berpotensi mencatat rekor langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Hal ini menarik perhatian komentator Oma Gill.

Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus.

Baca Juga

Indonesia mengandalkan tiga dua pasangan di sektor ganda campuran, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Rinov/Pitha yang berstatus unggulan ke-13 mendapat bye di babak 64 besar. Namun, mereka berpotensi jumpa pasangan China, Huang Yilyu/Huang Dongping di babak 16 besar.

Rinov/Pitha yang memenangkan medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2017 di Yogyakarta, rupanya berpotensi mencatat rekor langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Pasangan yang dibentuk lima tahun lalu tersebut berpeluang mengawinkan medali emas Kejuaraan Dunia Junior yang mereka menangkan pada 2017 dengan medali pada penampilan di Tokyo.

Menariknya, Rinov/Pitha merupakan satu-satunya pasangan ganda campuran dalam drawing Kejuaraan Dunia 2022 yang berlabel mantan juara dunia junior.

Potensi Rinov/Pitha mencatat rekor langka tersebut memancing perhatian komentator bulutangkis kenamaan, Gillian Clark.

Baca Juga

Melalui akun Instagram-nya, Minggu (21/08/22), mantan atlet nasional Inggris tersebut mengungkap fakta unik pada drawing ganda campuran Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Ganda campuran merupakan satu-satunya sektor yang mana tidak satu pun pasangan yang pernah memenangkan medali emas Kejuaraan Dunia setelah memenangkan emas di Kejuaraan Dunia Junior.


1. Rinov/Pitha Jadi Satu-satunya Pasangan Juara Dunia Junior di BWC 2022

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di laga Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

“Ganda campuran adalah satu-satunya disiplin ganda di mana tidak ada pasangan yang memenangkan Emas Kejuaraan Dunia setelah pertama kali memenangkan Emas di World Junior Championship (individu telah memenangkan keduanya, tetapi bukan pasangan),” tulis Oma Gill.

“Unggulan ke-13, Rinov/Pitha (juara dunia junior 2017) adalah satu-satunya pasangan dalam undian ganda campuran dengan peluang menggandakan ‘medali’ yang luar biasa ini,” lanjut Oma Gill.

Baca Juga

Terlepas dari misi mencatatkan rekor langka tersebut, Rinov/Pitha mengatakan bahwa persiapan mereka untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 sudah 90 persen.

"Persiapan sejauh ini sudah 80-90 persen. Dari komunikasi, teknik, hingga power sudah jauh lebih baik," ujar Pitha dikutip keterangan resmi PP PBSI.

"Pastinya merasa ada peningkatan di fisik dan power karena sepulang dari Singapura memang fokus latihannya di sana. Untuk kepercayaan diri juga, saya rasa meningkat karena persiapannya sudah cukup lama," tutur dia menambahkan.

Baca Juga

Rinov membenarkan pernyataan rekannya tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka kini tinggal menjaga fokus mengingat hari pertandingan kian mendekat.

"Pastinya kita latihan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada," kata Rinov. "Intens menambah power dan sudah mendekati pertandingan kita harus menjaga fokusnya."

Selain Rinov / Pitha, skuad ganda campuran juga akan diperkuat Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti / Hediana Julimarbela.

Baca Juga

Keempat pasangan ganda campuran Indonesia tersebut diuntungkan dalam hasil undian Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Pasalnya, Rinov/Pitha Cs tidak langsung bertemu pasangan top seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) atau Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Rehan/Lisa bakal bertemu Lee Jhe-Huei / Hsu Ya Ching di babak pertama, sedangkan Zachariah / Hediana yang akan bersua pasangan Denmark, Mikkel Mikkelsen / Rikke Søby.


2. Jadwal dan Jam Siaran Langsung Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Kejuaraan Dunia BWF Tokyo 2022 Japan. Foto: wikipedia

Berikut adalah jadwal dan siaran langsung Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang akan tersaji di Jepang, pada 22-26 Agustus.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis, atau BWF World Championship 2022 tersebut akan berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang.

Turnamen tersebut merupakan ajang dalam kalender Badminton World Federation (BWF), setelah gelaran turnamen Taipei Open 2022, dan akan ditayangkan di Stasiun TV Nasional, MNC TV.

Baca Selengkapnya: Jadwal dan Jam Siaran Langsung Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Stasiun TV Nasional

Kejuaraan Dunia JuniorBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisGillian ClarkKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini