x

Resmi Gantung Raket Usai Kandas di US Open 2022, Serena Williams Banjir Dukungan

Sabtu, 3 September 2022 13:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Serena Williams mendapatkan banyak dukungan setelah mengakhiri pertandingan pamungkasnya di US Open 2022 dengan kekalahan sebelum resmi gantung raket.

INDOSPORT.COM – Petenis legendaris Amerika, Serena Williams, mendapatkan banyak dukungan setelah mengakhiri pertandingan pamungkasnya di US Open 2022 dengan kekalahan sebelum resmi gantung raket.

Mantan petenis nomor satu dunia, Serena Williams menjadikan penampilannya di US Open 2022 penutup dari perjalanan kariernya di dunia tenis yang bergelimang trofi.

Baca Juga

Bak sebuah keajaiban, petenis 41 tahun itu tampil tanpa beban sejak putaran pertama hingga mampu menembus babak ketiga turnamen yang digelar di Athur Ashe Stadium.

Serena Williams kemudian ditantang petenis non-unggulan, Ajla Tomljanovic asal Australia di babak ketiga US Open 2022 pada Sabtu (03/09/22).

Sayangnya, Serena Williams harus mengakhiri perjuangannya di US Open setelah ditaklukkan Ajla Tomljanovic dalam tiga set dengan skor 5-7, 7(7)-6(4), dan 1-6.

Baca Juga

Laga berlangsung sengit sejak awal set pertama. Serena Williams dan Tomljanovic saling mengejar perolehan poin hingga sempat imbang 5-5.

Namun, peraih 23 gelar Grand Slam kesulitan mengimbangi permainan Tomljanovic hingga terpaksa menyerah   dengan skor 5-7 di set pertama.

Gagal di set pertama, Serena Williams berhasil bangkit untuk bisa tampil apik di awal set kedua. Serena tampil percaya diri untuk unggul 4-0 atas petenis 29 tahun tersebut.

Namun, Serena Williams kehilangan kontrol permainan membuat Tomljanovic dengan mudah mempersempit ketertinggalan menjadi 4-2.

Baca Juga

Pertarungan set kedua semakin berlangsung ketat hingga harus melalui deuce dan tie-breaker sebelum akhirnya dimenangkan Serena Williams.

Pada set ketiga, Serena justru tertinggal 1-3 dari Tomljanovic. Meski berusaha memberi perlawanan, namun Serena lagi-lagi gagal mengimbangi Tomljanovic sebelum kalah 1-6 di set ketiga.


1. Serena Williams Banjir Dukungan Usai Pensiun

Serena Williams di French Open 2021.

Kekalahan dari petenis Australia ini pun menjadi laga pamungkasnya karena sebelumnya Serena Williams memutuskan untuk pension setelah tampil di US Open 2022.

Hal tersebut juga dikonfirmasi Serena Williams setelah berbicara di depan penonton saat ditanya apakah dia akan mempertimbangkan untuk kembali ke tenis, dia berkata:

Baca Juga

Saya sebenarnya bermain dengan cara saya sendiri dan menjadi lebih baik. Saya seharusnya bermain lebih awal tahun ini."Saya rasa tidak (akan kembali ke tenis), tetapi Anda tidak pernah tahu,: ujar Serena dilansir dari BBC.

“Saya berterima kasih kepada semua orang di sini, yang telah mendukung saya selama bertahun-tahun, dekade. Ya Tuhan, sudah berpuluh tahun,” ucap Williams yang memulai turnamen profesionalnya di usia 14 tahun pada 1995 silam.

Meski sudah diumumkan sejak bulan lalu, namun keputusan Serena Williams mengakhiri karier tenisnya tetap menggemparkan dunia. Bahkan, namanya menjadi trending topic di Twitter hingga 355 ribu pencarian. 

Baca Juga

Selain itu, Serena Williams juga mendapatkan banyak dukungan dari rekan-rekannya sesama pesohor dunia. Mulai dari Tiger Wood hingga juniornya Coco Gauff mengucapkan 'terima kasih' untuk sang legenda. 

"Serena Williams, Anda benar-benar yang terhebat di dalam dan di luar lapangan. Terima kasih telah menginspirasi kami semua untuk mengejar impian kami. Aku mencintaimu adik kecil!!!!!!," tulis pegolf profesional, Tiger Wood. 

Lain dengan generasi tenis Amerika masa depan, Coco Gauff, yang berterima kasih kepada Serena Williams karena sudah menjadi inspirasi terbesarnya untuk berani bermimpi sebagai petenis besar. 

"Serena, TERIMA KASIH. Karenamu aku percaya pada mimpi ini. Dampak yang Anda berikan pada saya melampaui kata-kata apa pun yang dapat disatukan dan untuk itu saya mengucapkan terima kasih, terima kasih, terima kasih, GOAT!" tulis Coco Gauff.

Istri mantan presiden AS Barrack Obama, Michelle, juga memberi dukungan untuk Serena Williams. Dia merasa beruntung pernah mengenal tokoh tenis terhebat sepanjang masa sekaliber Serena. 

Selamat atas karir yang luar biasa, @SerenaWilliams! Betapa beruntungnya kami bisa menyaksikan seorang gadis muda dari Compton tumbuh menjadi salah satu atlet terhebat sepanjang masa," tulis Michelle Obama. 

"Saya bangga dengan Anda, teman saya dan saya tidak sabar untuk melihat kehidupan yang terus Anda ubah dengan bakat Anda," lanjutnya. 

Baca Juga

Petenis papan atas dunia, mulai Elena Rabarynka, Carlos Alcaraz, Stefanos Tsitipas hingga Rafael Nadal juga mengucapkan selamat dan terima kasih untuk adik Venus Williams ini. 

Sepanjang kariernya, Serena telah memenangkan 23 gelar tunggal grand slam (terbanyak di "Era Terbuka") dan hanya tertinggal satu gelar dari Margaret Court yang meraih penghargaan gran slam terbanyak sepanjang masa.


2. Serena Williams Umumkan Mundur dari Tenis

Serena Williams, petenis asal Amerika Serikat resmi pensiun

Bulan lalu, Serena Williams memang telah menyatakan keinginannya untuk gantung raket saat mengumumkan menerima undangan wildcard tampil di US Open 2022.

Berbicara untuk majalah Vogue, Serena Williams mengatakan bahwa dirinya dalam beberapa tahun terakhir sudah berkembang jauh dari tenis dan ingin membangun keluarganya lebih baik lagi.

Selain itu, Serena Williams mengatakan dirinya sudah tidak menemukan kebahagiaan lagi dari karier tenisnya setelah melalui momen-momen tersulit dan menyakitkan.

"Saya tidak pernah menyukai kata pensiun. Itu tidak terasa seperti kata modern bagi saya,” kata Serena.

"Mungkin kata terbaik untuk menggambarkan apa yang saya lakukan adalah evolusi. Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya berkembang dari tenis, menuju hal-hal lain yang penting bagi saya."

Baca selengkapnya: Serena Williams Umumkan Mundur dari Tenis, tapi Ogah Pakai Kata Pensiun

Serena WilliamsGrand SlamAmerika TerbukaTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini