x

Dikenal Musuh Bebuyutan, Rafael Nadal Tulis Pesan Mendalam untuk Roger Federer

Jumat, 16 September 2022 10:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Petenis Rafael Nadal menuliskan pesan mendalam untuk rival sengitnya, Roger Federer, yang baru saja mengumumkan gantung raket.

INDOSPORT.COM – Petenis Rafael Nadal menuliskan pesan mendalam untuk rival sengitnya, Roger Federer, yang baru saja mengumumkan gantung raket.

Roger Federer resmi mengumumkan akan pensiun dari dunia tenis usai tampil turnamen Laver Cup  yang dimulai Jumat (23/09/22) dan berakhir pada hari Minggu (25/09/22).

Baca Juga

“Hari ini saya mau memberi kabar untuk kalian semua. Banyak dari kalian yang tahu, tiga tahun ini saya mendapat banyak tantangan seperti cedera dan operasi.”

“Saya bekerja keras untuk kembali ke performa penuh. Tapi saya tahu kapasitas tubuh dan batasan saya, pesan untuk saya akhir-akhir ini menjadi jelas.”

Federer kini telah berusia 41 tahun dan telah bermain lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun belakangan. Ia lalu merasa ini saatnyalah ia mengakhiri karier kompetitifnya.

Roger Federer memutuskan pensiun setelah dirasa fisiknya tidak memungkinkan lagi untuk bersaing di turnamen internasional. 

Baca Juga

Kondisi kebugarannya terus menurun seiring berjalannya waktu. Cedera memang sempat membekap Federer selama 15 bulan sebelum comeback pertamanya pada Maret 2021.

Tercatat selama periode yang tidak sebentar tersebut, ia telah menjalani dua kali operasi lutut kanan. Kondisinya ini membuatnya absen di Olimpiade Tokyo 2020 dan tersisih di Wimbledon.

“Laver Cup pekan depan di London akan menjadi event ATP terakhir saya,” tegasnya.

Petenis asal Swiss tersebut akan gantung raket dengan status sebagai salah satu atlet terbaik sepanjang masa. Ia telah mengumpulkan 20 gelar Grand Slam dalam 24 tahun kariernya.

Baca Juga

Torehan gelarnya itu hanya selisih 1 gelar dari Novak Djokovic asal Serbia dan dua dari Rafael Nadal dari Spanyol. Ketiganya dikenal tenis terhebat sepanjang masa.

Keputusan Roger Federer mengakhiri kariernya yang gemilang itu mendapatkan respons sekaligus tribute dari sesama petenis dunia, termasuk dari Rafael Nadal.


1. Nadal Beri Penghormatan untuk Federer

Roger Federer dan Rafael Nadal telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan berpartisipasi di Laver Cup musim 2022 di Cape Town, Afrika Selatan pada 7 Februari 2020. FOTO: REUTERS/Mike Hutchings/File Photo

Melalui akun Instagram, Rafael Nadal mengakui cukup sedih dengan keputusan Roger Federer namun dia merasa beruntung pernah bersaing dengan Roger Federer selama bertahun-tahun.

“Dear Roger, teman dan sainganku. Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang. Ini hari yang menyedihkan bagi saya pribadi dan dunia olahraga,” tulis Nadal dalam pesannya.

Baca Juga

“Suatu kebahagiaan tetapi juga kehormatan dan merasa istimewa sudah berbagi lapangan dengan Anda bertahun-tahun, menjalani begitu banyak momen luar biasa di dalam dan di luar lapangan,” lanjutnya.

Rafael Nadal mendoakan semoga Roger Federer, istrinya Mirka dan anak-anaknya bisa menikmati hari-hari baru yang bahagia selepas pensiun.

Terakhir, petenis jawara French Open 2022 tersebut berharap bisa menikmati momen terakhirnya bersama Roger Federer di lapangan saat tampil di Laver Cup 2022.

Baca Juga

“Kami akan menikmati lebih banyak momen bersama di masa depan, masih banyak hal yang harus dilakukan bersama, kami tahu itu,” lanjut Nadal.

“Untuk saat ini, saya benar-benar berharap Anda semua bahagia dengan istri Anda, Mirka, anak-anak Anda, keluarga Anda dan menikmati apa yang ada di depan Anda. Sampai jumpa di London di @lavercup.”

Di sepanjang kariernya, Roger Federer memang dikenal punya rivalitas sengit dengan Rafael Nadal dan Novak Djokovic. Ketiga pemain ini dijuluki The Big Three dalam dunia tenis.

Baca Juga

Ketiganya telah mendominasi tenis tunggal putra selama hampir dua dekade, yang memenangkan total 63 turnamen Grand Slam; Nadal dengan 22, Djokovic dengan 21, dan Federer dengan 20.

Mereka telah memenangkan total 12 gelar AS Open dan masing-masing 17 gelar di Australia Open, French Open, dan Wimbledon.


2. Rafael Nadal dan Roger Federer Bakal Duet Maut di Laver Cup

Roger Federer dan Rafael Nadal telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan berpartisipasi di Laver Cup musim 2022 di Cape Town, Afrika Selatan pada 7 Februari 2020. FOTO: REUTERS/Mike Hutchings/File Photo

Duo petenis superstar, Rafael Nadal dan Roger Federer, dipastikan akan menjadi satu tim mewakili Eropa di ajang Laver Cup di London pada September mendatang.

Bergabungnya dua rival bebuyutan di dalam satu tim ini dikonfirmasi langsung oleh pihak penyelenggara Laver Cup melalui akun Twitter-nya, Kamis (03/02/22).

“Kembalinya Fedal. Superstar tenis Roger Federer dan Rafael Nadal akan mewakili tim Eropa September ini di Laver Cup London 2022,” demikian pernyataan resmi Laver Cup.

Kedua pemain ini akan mewakli Tim Eropa saat mereka menghadapi Tim Dunia guna mempertahankan trofi Laver Cup untuk kelima kalinya berturut-turut, yang akan berlangsung di The O2 London dari 23-25 September 2022 mendatang.

Dipimpin kapten Bjorn Borg, ini akan jadi yang kedua kalinya Federer dan Nadal melakukan duet maut setelah yang pertama terjadi di Laver Cup perdana di Praha pada tahun 2017.

Baca selengkapnya: Rafael Nadal dan Roger Federer Bakal Duet Maut di Laver Cup

Rafael NadalATPRoger FedererTenisLaver CupBerita Tenis

Berita Terkini