x

2 Ganda Putra Indonesia yang Siap Lempar Hoki/Kobay dari Ranking 1 Dunia

Senin, 19 September 2022 21:30 WIB
Editor: Juni Adi
Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

INDOSPORT.COM - Pasangan Hoki/Kobay diprediksi tidak akan lama bertengger di peringkat satu dunia, usai menggeser Kevin/Markus, karena ada beberapa wakil ganda putra Indonesia yang siap melibasnya.

Kabar mengejutkan datang dari dunia olahraga bulutangkis, dimana pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, posisinya sebagai nomor satu dunia diprediksi akan tergeser.

Baca Juga

Sebab poin ranking dunia pekan ke-40 hingga pekan ke-43 tahun 2019 akan segera kadalurawrsa. Artinyan, sebagian poin Kevin/Marcus akan hilang pada Selasa (20/09/22).

Posisi Kevin/Marcus di peringkat 1 dunia versi ranking BWF, akan digantikan oleh pasangan ganda putra asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Kevin/Marcus sendiri pertama kali merebut posisi nomor 1 dunia pada 16 Maret 2017. Namun ia sempat turun peringkat ke urutan ke-3 pada periode April hingga Juni 2017.

Baca Juga

Akan tetapi tidak berlangsung lama, Kevin/Marcus langsung merebut lagi rankingnya pada 2017 lalu. 

Sementara itu, alasan di balik peningkatan peringkat Hoki/Kobayashi pada ranking dunia adalah keberhasilan mereka merebut gelar juara pada Kejuaraan Dunia 2021, Denmark Open 2021, Indonesia Masters 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

Pada 2022, Hoki/Kobayashi juga memenangi Thailand Open dan Malaysia Open. Di saat yang sama, The Minions mengalami penurunan performa setelah Marcus mengalami cedera.

Baca Juga

Marcus/Kevin melakukan comeback pada Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang, tetapi mereka tersingkir oleh wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, pada babak delapan besar.

Marcus/Kevin kembali terhenti pada Japan Open setelah kalah dari wakil Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang. Alhasil The Minions harus puas tanpa gelar sejauh tahun ini.

Meski berhasil merebut ranking satu dunia, pasangan Hoki/Kobay diprediksi tidak akan lama bertengger karena ada beberapa wakil ganda putra Indonesia yang berpotensi menggesernya. Siapa saja?


1. Fajar/Alfian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Pertama ada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra milik Indonesia ini sudah mulai sering menjadi andalan dalam meraih prestasi, di kancah bulutangkis dunia.

Performanya juga cendrung konsisten, sehingga mampu meraih beberapa gelar bergengsi seperti Swiss Open 2022, Indonesia Masters 2022, dan Malaysia Masters 2022.

Baca Juga

Prestasi itu membuat publik tanah ari berharap banyak dengan permainan konsitensi Fajar/Alfian. Ia jadi salah satu penantang serius posisi puncak.

Terakhir kali Fajar/Alfian bertemu dengan Hoki/Kobay dalam sebuah pertandingan, terjadi pada final Malaysia Open 2022 lalu.

Baca Juga

Berdasarkan catatan BWF, Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi sejauh ini sudah berjumpa empat kali, dengan catatan sama kuat 2-2.

Terakhir kali, mereka berjumpa di final Thailand Open yang baru saja digelar pada pertengahan Mei lalu.

Saat itu, Hoki/Kobayashi pun tampil sebagai juara setelah menang dengan sedikit memeras keringat. Faja/Alfian sendiri saat ini menduduki peringkat ke-6 dunia.
 
 


2. Ahsan/Hendra

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan runner up Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Selanjutnya ada ganda putra senior andalan Indonesia yakni Mohammad Ahsen/Hendra Setiawan. Saat ini The Daddies bertengger di peringkat ke-4 dunia, sehingga yang paling memungkinkan adalah pasangan ini.

Sebab Fajar/Alfian memang punya peluang tapi tidak sebesar Ahsan/Hendra karena FajRi harus melewati banyak ganda putra lain di atas, sedangkan Ahsan/Hendra hanya perlu dua pasangan di atasnya.

Baca Juga

Selain itu, The Daddies juga punya modal berharga untuk bisa menggeser Hoki/Kobay dari posisi satu dunia, yakni harus lebih sering bermain.

Secara rekor pertemuan juga Ahsan/Hendra tak terkalahkan. Dalam tiga pertemuan terakhir Ahsan/Hendra menang lewat rubber game atas Hoki/Kobay.

Baca Juga

Yang paling sengit ketika kedua pasangan bertemu di BWF World Championships 2019. 

Pertarungan mereka berlangsung 1 jam 4 menit dan menjadi yang terlama sejauh ini. 

Baca Juga

Adapun pertemuan terakhir terjadi di All England Open 2020. Saat itu Ahsan/Hendra menang comeback 14-21, 21-15, dan 21-14 melawan Hoki/Kobay.

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisTakuro Hoki/Yugo Kobayashi

Berita Terkini