x

Rekap Laver Cup 2022: Nodai Perpisahan Federer, Team World Juara untuk Pertama Kalinya

Senin, 26 September 2022 14:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Team World juara Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

INDOSPORT.COM - Berikut rekap Laver Cup 2022 di mana Team World berhasil menumbangkan Team Europe untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Raihan tersebut pun menutup momen perpisahan Roger Federer dengan catatan negatif. Adalah Frances Tiafoe yang menjadi penentu kemenangan Team World di Laver Cup edisi kali ini.

Baca Juga

Seperti apa rekapnya?

Hari Pertama

Seperti biasa, pada hari pertama, para kontestan bakal memperebutkan satu poin di setiap partainya. Awalnya, Casper Ruud dan Stefanos Tsitsipas berhasil membuka keunggulan Team Europe 2-0.

Akan tetapi, Andy Murray yang tampil sebagai wakil ketiga justru kandas di tangan Alex de Minaur, membuat skor sementara berubah jadi 2-1.

Baca Juga

Hari pertama, bisa dibilang momen yang paling spesial selama gelaran Laver Cup 2022. Pasalnya, ada duet Roger Federer dan Rafael Nadal yang mewakili Team Europe.

Namun sayangnya duet maut keduanya gagal menambah poin untuk kubu pemain Eropa. Melawan pasangan Jack Sock/Frances Tiafoe, mereka gagal merengkuh kemenangan.

Kedudukan hari kedua pun ditutup sama kuat 2-2. Sementara itu, dunia tenis profesional juga harus mengucap selamat tinggal kepada Roger Federer yang resmi berpamitan di Laver Cup 2022.

Baca Juga

Sembari menitihkan air mata, ia mendeskripsikan perjalanan kariernya yang cukup panjang usai debut di tur ATP pada 1998 silam.

Segenap penonton dan rekan-rekannya yang hadir di arena pun turut memberi aplaus, bahkan Rafael Nadal juga ikut menangis saat melepas salah satu rival sekaligus kawan akrabnya tersebut.


1. Hari Kedua dan Ketiga yang Penuh Kejutan

Team World juara Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Hari Kedua

Kali ini, baik Team Europe maupun Team World langsung tancap gas demi memperebutkan dua poin di masing-masing partai.

Matteo Berrettini membuka keunggulan bagi Team Europe setelah mengandaskan wakil Team World, Felix Auger-Aliassime. Kedudukan kini 4-2.

Baca Juga

Selanjutnya ada pertandingan sengit antara dua pemain yang sama-sama naik daun tahun ini, Taylor Fritz dan Cameron Norrie.

Persaingan ketat pun terjadi di partai ini, di mana Team World lagi-lagi berhasil mengejar perolehan angka sang lawan. Kemenangan Taylor Fritz pun membuat kedudukan kembali imbang 4-4.

Novak Djokovic yang tampil berikutnya, menyumbang angka untuk Team Europe dengan kemenangan mudah kontra Frances Tiafoe.

Baca Juga

Kedudukan tim para petenis Eropa pada hari kedua berubah menjadi 8-4 setelah Novak Djokovic dan Matteo Berrettini menuntaskan perlawanan Alex de Minaur dan Jack Sock.

Hari Ketiga

Pada hari terakhir inilah kejutan besar terjadi di Laver Cup 2022, di mana Team World memenangkan tiga partai beruntun dan mencapai skor 13 terlebih dahulu ketimbang Team Europe.

Felix Auger-Aliassime yang tampil dua kali sebagai tunggal sekaligus ganda bersama Jack Sock sukses menyumbang enam poin sekaligus untuk Team World.

Baca Juga

Dari dua pertandingan pertama, anak-anak asuh Patrick McEnroe berhasil menggondol enam poin sehingga kedudukan kini berbalik 8-10.

Selanjutnya, Frances Tiafoe yang berhasil menumpas perlawanan Stefanos Tsitsipas, memastikan Team World meraih kedudukan 13-8 dan tampil sebagai juara Laver Cup 2022.


2. Roger Federer Pamit, Penonton Terharu

Roger Federer saat momen perpisahan di Laver Cup 2022. Foto: REUTERS/Andrew Boyers.

Perpisahan Roger Federer di Laver Cup 2022 mengundang banyak air mata, termasuk bagi sang kawan, Rafael Nadal.

Seperti diketahui, petenis asal Swiss tersebut memang berniat mengakhiri karier profesionalnya usai berlaga di Laver Cup edisi kali ini.

Ia pun memainkan pertandingan ganda bersama Rafael Nadal untuk Team Europe, Sabtu (24/09/22) waktu setempat.

Namun sayang, duet maut keduanya berakhir dengan kekalahan dari pasangan Frances Tiafoe/Jack Sock yang mewakili Team World,  4-6, 7-6 (7-2), 11-9.

Setelah pertandingan berakhir, Roger Federer terlihat memeluk Rafael Nadal dan dua lawan mereka di lapangan.

Baca selengkapnya: 3 Momen 'Mengandung Bawang' Saat Roger Federer Ucap Perpisahan di Laver Cup

Roger FedererTenisLaver CupBerita TenisFrances Tiafoe

Berita Terkini