x

3 Momen 'Mengandung Bawang' Saat Roger Federer Ucap Perpisahan di Laver Cup

Minggu, 25 September 2022 21:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Roger Federer bersama para anggota Team Europe di Laver Cup 2022. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM - Perpisahan Roger Federer di Laver Cup 2022 mengundang banyak air mata, termasuk bagi sang kawan, Rafael Nadal.

Seperti diketahui, petenis asal Swiss tersebut memang berniat mengakhiri karier profesionalnya usai berlaga di Laver Cup edisi kali ini.

Baca Juga

Ia pun memainkan pertandingan ganda bersama Rafael Nadal untuk Team Europe, Sabtu (24/09/22) waktu setempat.

Namun sayang, duet maut keduanya berakhir dengan kekalahan dari pasangan Frances Tiafoe/Jack Sock yang mewakili Team World,  4-6, 7-6 (7-2), 11-9.

Setelah pertandingan berakhir, Roger Federer terlihat memeluk Rafael Nadal dan dua lawan mereka di lapangan.

Baca Juga

Di Laver Cup 2022, air mata Roger Federer tidak terbendung karena harus berpamitan dengan publik untuk pensiun, apalagi saat harus menghampiri rekan-rekan setimnya di Team Europe.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan kata terima kasih lewat gestur bibir kepada para penonton yang bertepuk tangan untuknya.

“Benar-benar perjuangan luar biasa, [jika bisa diulang] saya akan melakukannya lagi. Saya senang hari ini, saya tidak sedih,” ucapnya.

Baca Juga

“Saya sangat menikmati [momen] mengikat sepatu saya untuk terakhir kalinya,” ucap sosok berusia 41 tahun tersebut.

Diwarnai air mata, apa saja momen menarik serta mengharukan dari perpisahan Roger Federer di Laver Cup 2022? Ini tiga di antaranya.


1. Apresiasi Pemain dan Istri Menangis

Anggota Team Europe dan Team World mengangkat Roger Federer di Laver Cup 2022. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

Apresiasi Pemain

Meski sedang berkompetisi di Laver Cup 2022, di mana ada dua tim yang saling ‘bermusuhan’, Roger Federer tetap mendapat apresiasi dari Team Europe dan Team World.

Sebuah pemandangan yang sangat indah, saat para pemain yang berbeda warna kostum, merah dan biru, bersama-sama menggotong Roger Federer ke atas.

Baca Juga

Senyum pun merekah dari wajah mereka ketika mengantar sang legenda menuju masa pensiunnya yang sudah di depan mata.

Istri Menangis

Sebagai kepala keluarga, Roger Federer tentu tidak melupakan jasa besar sang istri, Mirka, yang selalu ada untuk mendukungnya di situasi apa pun.

Peraih 20 Grand Slam tersebut bahkan sampai menangis sesenggukan ketika mengucapkan terima kasih kepada sang istri.

Baca Juga

“Dia [Mirka] bisa saja menghentikan saya sejak lama, tapi dia tidak melakukannya. Dia membiarkan saya bermain dan itu luar biasa. Terima kasih,” ucapnya sambil menangis.

Dikenal sebagai family man, Roger Federer memang punya kebiasaan membawa serta istri dan anak-anaknya berpindah-pindah kota saat melakoni turnamen ATP.

Mirka yang tentu mengerti seberapa besar cinta Roger terhadap tenis, memutuskan tidak ikut campur terlalu dalam soal keputusan pensiun sang suami.

Baca Juga

Meski mungkin dilanda kekhawatiran mengingat kondisi Roger yang beberapa waktu terakhir tidak fit, ia memilih percaya pada suaminya. Jika merasa masih bisa bermain, kenapa tidak?

Sontak setelah mendengar ucapan Roger, Mirka yang terekam kamera siaran langsung pun nampak menitihkan air mata.


2. Rafael Nadal Menangis

Rafael Nadal dan Roger Federer di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Selain Mirka, kamera juga beberapa kali menyorot Rafael Nadal yang duduk di samping Roger Federer. Mereka bahkan sempat berpegangan tangan sebagai kawan seperjuangan di dunia tenis.

Petenis asal Spanyol tersebut pun ikut menangis saat mendengar kalimat perpisahan rival sekaligus rekannya tersebut.

Baca Juga

“Dengan Roger meninggalkan tur, bagian penting dari hidup saya juga pergi,” ucap Rafael Nadal setelah pertandingan.

“[Kehilangan] Semua momennya bersama saya baik saat berdampingan maupun berhadapan [sebagai lawan]. Jadi emosional melihat keluarganya, melihat semuanya,” tambahnya lagi.

Petenis berjuluk Raja Tanah Liat tersebut juga menyoroti bagaimana Roger Federer adalah sosok yang sangat penting di balik kesuksesannya sebagai pemain.

Baca Juga

“Saat saya sedang berubah menjadi pemain yang lebih baik, Roger selalu ada karena dia adalah rival yang harus selalu dikalahkan. Rival terbesar, tapi dalam hal yang baik,” jelasnya.

Setelah acara perpisahan, Rafael Nadal juga tidak lupa memasang foto Roger Federer di laman feed Instargam-nya.

Tidak menulis banyak, ia hanya mengucapkan terima kasih RF (inisial Roger Federer), sambil disertai sejumlah emotikon dan tagar.

Baca Juga

Tidak ayal, unggahannya itu mendapat banyak komentar dari warganet dan para penggemar olahraga tenis yang mugkin sedang patah hati saat ini.

Kebanyakan mereka merasa terharu dan memuji eksistensi dua petenis tersebut baik sebagai rival di lapangan maupun kawan di luar lapangan.

Rafael NadalRoger FedererTenisLaver CupBerita Tenis

Berita Terkini