x

Soal Konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP, Mantan Pelatih Hendra/Kido Beri Saran Bijak

Rabu, 28 September 2022 19:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Mantan pelatih Hendra Setiawna/Markis Kido, Sigit Pamungkas, angkat bicara terkait dengan kisruh antara ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya dan Herry IP.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Hendra Setiawna/Markis Kido, Sigit Pamungkas, angkat bicara terkait dengan kisruh antara ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya dengan sang pelatih Herry Imam Pierngadi.

Seperti diketahui, hubungan antara Kevin Sanjaya dengan pelatih ganda putra nasional, Herry IP, tengah memanas dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga

Beberapa hal menjadi pemicu retaknya hubungan antara Kevin dengan Herry IP, di mana puncaknya terjadi usai gelaran Indonesia Open 2022 lalu.

Setelah kejadian tersebut, Kevin Sanjaya memutuskan tidak berlatih bersama Herry IP di Pelatnas PBSI. Dia juga telah menyampaikan ke PBSI bahwa tidak ingin bekerja sama lagi dengan coach Naga Api.   

Memanasnya situasi konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP memancing perhatian mantan pelatih ganda putra di Pelatnas Cipayung, Sigit Pamungkas, yang dulunya pernah mengantarkan Hendra Setiawan/Markis Kido berjaya.

Baca Juga

Menurut Sigit Pamungkas, kejadian ini memang cukup disayangkan mengingat Kevin Sanjaya posisinya sedang berada di atas bersama Marcus Gideon.

Di sisi lain, konflik ini juga tidak akan meledak jika Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mencatatkan performa apik musim ini.

Kevin/Marcus diketahui memang belum memenangkan satu pun gelar di tahun 2022. Akibatnya, posisi merela melorot dari nomor satu dunia setelah berkuasa selama lima tahun.

Baca Juga

“Sayang disayangkan terjadi  begini konflik (Kevin-Herry IP) karena Kevin lagi di atas, dia perlu dukungan, mungkin juga Herry IP tertekan karena (Kevin/Marcus) kalah terus sehingga muncul kasus ini,” ujar Sigit Pamungkas saat jadi narasumber di kanal YouTube Jebreet Media.

“Sedangkan Kevin sudah lima tahun (berada) di atas, menurut saya penanganannya berbeda,” lanjut Sigit Pamungkas.


1. Disiplin dan Komunikasi: Solusi untuk Konflik Kevin-Herry IP

Pelatih Herry IP dan Kevin/Marcus

Ditanyai saran soal penanganan yang baik untuk menyelesaikan konflik antara Kevin Sanjaya dan Herry IP, ayah dari Agripina Prima Rahmanto Putra, menekankan soal disiplin dan komunikasi.

Pria yang akrab disapa Coach Sigit itu mengatakan pelatih maupun PBSI seharusnya menangani Kevin Sanjaya berbeda karena Kevin Sanjaya saat ini berstatus bintang.

Baca Juga

“Sebaiknya begini, ini mungkin masalah disiplin, menurut dugaan. Disiplin dalam sebuah proses untuk menjadi juara, sebelum menjadi juara, itu berbeda dengan Kevin yang sekarang,” sambung Coach Sigit.

“Proses disiplin untuk jadi juara, itu harus kerja keras, disiplin secara umum, kalo udah jadi star, itu harus beda (penanganannya),” lanjutnya.

“Itu bener-bener harus memerlukan (cara) dari hati ke hati, kelembutan, kalau ada apa-apa jadinya nggak saling (tegur dengan keras).”

Baca Juga

Untuk masalah komunikasi, baik Kevin Sanjaya maupun Herry IP seharusnya juga lebih melakukan komunikasi.

Dalam hal ini, Herry IP juga harus mau mengorbankan waktunya lebih banyak dalam melatih Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dibandingkan pasangan ganda putra lainnya.

“Kevin mungkin lupa komunikasi dengan pelatihnya, tapi jika ada komunikasi, maka pelatih juga harus bijak karena dia (Kevin) adalah star,” jelas Sigit Pamungkas.

“Memang disitu kita perlu pengorbanan waktu karena harus dua kali melatih, karena dia star maka harus dijaga.”

Baca Juga

Sigit Pamungkas menekankan bahwa cara serupa juga pernah dia terapkan di Pelatnas Cipayung saat melatih Hendra Setiawan/Markis Kido.

Saat itu, Hendra/Kido digadang-gadang melanjutkan tongkat estafet ganda putra yang ditakuti dunia setelah era dari Ricky Subagja/Rexy Mainaky dan Chandra Wijaya/Sigit Budiarto yang telah usai.

Dengan cara tersebut, Sigit Pamungkas bahkan berhasil mengantarkan Hendra/Kido meraih sejumlah gelar prestisius diantaranya Kejuaran Dunia 2007, Asian Games 2010, dan puncaknya emas Olimpiade 2008..


2. Marcus Gideon Bantah Beri Tanggapan Soal Kisruh Kevin Sanjaya dan Herry IP

Kevin Sanjaya dan Herry IP.

Seiring konflik yang melibatkan pebulutangkis Kevin Sanjaya dan pelatih Herry Iman Pierngadi, ada hoax yang menimpa Marcus Fernaldi Gideon.

Nama Kevin Sanjaya Sukamuljo mendadak jadi trending topik di media sosial. Pasalnya, perseteruannya dengan pelatih Herry Iman Pierngadi akhirnya terungkap di media.

Kevin dikabarkan tidak akur dengan sang pelatih, bahkan sudah tidak pernah lagi berlatih bersama Herry IP di Pelatnas.

Menurut sudut pandang Herry IP, ia tak terima karena Kevin Sanjaya tidak datang dalam latihan, sehingga ia sudah menutup kesempatan untuk anak asuhnya tersebut.

Sementara dari sudut pandang Kevin Sanjaya, ia tak terima karena Herry IP mengkritiknya langsung di media, dan akhirnya mulai tercipta perang dingin.
 

Baca selengkapnya: Marcus Gideon Bantah Beri Tanggapan Soal Kisruh Kevin Sanjaya dan Herry IP

PBSIKevin SanjayaHerry IPSigit PamungkasMarkis Kido/Hendra SetiawanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini