x

Bukan Maniak Bulutangkis, 3 Negara Ini Salip Indonesia dalam Jumlah Medali World Tour Finals

Senin, 21 November 2022 07:57 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Walaupun bukan negara bulutangkis terbesar, tiga negara berikut ini justru memiliki perolehan medali yang lebih banyak dari Indonesia di BWF World Tour Finals.

INDOSPORT.COM - Walaupun bukan negara bulutangkis terbesar, tiga negara berikut ini justru memiliki perolehan medali yang lebih banyak dari Indonesia di World Tour Finals.

Sebagaimana diketahui, BWF World Tour Finals adalah ajang bulutangkis terbesar yang dihelat di akhir tahun, dan hanya bisa diikuti oleh delapan atlet terbaik tahun itu.

Indonesia rutin mengirim wakilnya di BWF World Tour Finals sejak pertama kali dihelat di tahun 2018, dan satu di antaranya menjadi juara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sayangnya, meski berstatus sebagai negara bulutangkis paling sukses bersama China, Jepang dan Korea, tetapi Indonesia justru tertinggal dalam perolehan jumlah medali.

Berikut ini tiga negara yang tidak maniak bulutangkis, tapi memiliki medali BWF World Tour Finals lebih banyak dari Indonesia.

Baca Juga

1. Denmark

Denmark memang memiliki sejumlah atlet bulutangkis yang bagus dan kerap meraih prestasi, tetapi bukan negara yang terlalu maniak bulutangkis seperti Indonesia.

Meski demikian, Denmark sudah mengoleksi dua medali BWF World Tour Finals, dan dua medali itu dipersembahkan oleh sektor tunggal putra.

Baca Juga

Anders Antonsen berhasil menjuarai BWF World Tour Finals 2020. Kala itu ia menjegal rekan senegara, Viktor Axelsen dalam partai tiga set, skor akhir 21-16, 5-21, 21-17. 

Kemudian, Viktor Axelsen sukses membalas dendam dan menjuarai World Tour Finals 2021 di Bali, Indonesia, menjegal Kunlavut Vitidsarn (Thailand) dengan skor 21-12, 21-8.

Cukup disayangkan Indonesia kalah dalam perolehan medali dari Denmark, padahal pembinaan atlet Indonesia sangat baik.

Baca Juga

1. 2. Thailand

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (thailand) meraih dua gelar juara BWF World Tour Finals.

Negara tetangga, sama-sama berasal dari Asia Tenggara, yakni Thailand, memiliki kemajuan yang sangat pesat di cabor bulutangkis dalam beberapa tahun ini.

Beberapa pemain berhasil menduduki ranking atas dunia, dan salah satunya sukses menyabet gelar World Tour Finals.

Adapun wakil Thailand yang mampu juara BWF World Tour Finals adalah dari sektor ganda campuran, Dechapol Puavaranukroh/Saspiree Taerattanachai alias Bass/Popor.

Mereka berhasil menjuarai edisi 2020 dan 2021 berturut-turut. Sudah dua medali yang diraih Thailand, lebih banyak dari Indonesia.

Bahkan, Bass/Popor jadi pemain pertama yang bisa mempertahankan titel juara BWF World Tour dua tahun berturut-turut. Saat ini belum ada pemain lain yang meraihnya.

Baca Juga

3. Chinese Taipei

Jumlah pebulu tangkis top dunia dari Chinese Taipei mungkin tidak sebanyak Indonesia, tetapi di level World Tour Finals, Taipei sudah mengoleksi dua medali emas.

Medali pertama dipersembahkan oleh tunggal putri terbaik pada masanya, Tai Tzu-ying di BWF World Tour Finals 2020.

Baca Juga

Pada tahun yang sama, sektor ganda putra juga sukses menyabet medali emas, mereka adalah pasangan Lee Yang/Wang Chi-lin.

Selain Denmark, Thailand, dan Chinese Taipei, Indonesia juga masih jauh kalah dalam perolehan medali jika dibandingkan China (6), Korea Selatan (3), hingga Jepang (3).

Hal ini menandakan sejak tahun 2018 lalu, ada penurunan prestasi dari bulutangkis Indonesia, sehingga harus ada evaluasi jelang BWF World Tour Finals 2022 mendatang.

Baca Juga
ThailandDenmarkMohammad Ahsan/Hendra SetiawanViktor AxelsenChinese TaipeiTRIVIATai Tzu YingBulutangkisAnders Antonsenahsan/hendraDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiBerita BulutangkisBWF World TourLee Yang/Wang Chi-LinBadminton DenmarkBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini