x

Breaking News! Gregoria Mariska Resmi Lolos BWF World Tour Finals 2022

Kamis, 24 November 2022 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, dipastikan akan tampil di BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember mendatang. (PBSI)

INDOSPORT.COM – Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, dipastikan akan tampil di BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember mendatang.

Kabar gembira ini dikonfirmasi langsung oleh Bambang Rudiyanto, anggota dewan BWF asal Indonesia, melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Kamis (24/11/22).

Breaking : Grego jadi ikut WTF (Gregoria jadi ikut World Tour Finals),” tulis Koh Rudy, sapaah akrab pria tersebut.

Sebelumnya, Gregoria Mariska hanya berstatus sebagai pemain cadangan pertama di sektor tunggal putri untuk ajang tersebut. Artinya, Gregoria hanya bisa lolos jika ada satu pemain yang mundur.

Salah satu pemain yang berpotensi mundur adalah PV Sindhu. Bintang India tersebut masih dibekap cedera dan telah memberi tahu federasi India (BAI) bahwa dia mundur BWF World Tour Finals.

Baca Juga

Hal ini juga dikonfirmasi oleh pelatih PV Sindhu asal Korea Selatan, Kang Tae-sang, empat hari yang lalu melalui akun pribadinya di Instagram. .

Namun BL Indonesia sempat dibuat ketar-ketik lantaran BWF masih menyertakan nama PV Sindhu dalam daftar kualifikasi BWF World Tour Finals 2022 pada hari Selasa (22/11/22) kemarin.

Baca Juga

Padahal, PV Sindhu dilaporkan sudah memberi tahu BAI bahwa dia akan melewatkan turnamen di Bangkok karena masih dibekap cedera.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh pelatih PV Sindhu asal Korea Selatan, Kang Tae-sang, melalui akun resmi Instagram bahwa PV Sindhi masih menjalani pemulihan.

BWF sendiri memberikan tenggat waktu paling lambat tanggal 29 November untuk para pemain yang lolos mengirimkan jawaban menerima atau tidak  tampil di WTF.

Baca Juga

1. Gregoria Mariska Cetak Sejarah Baru Buat Indonesia

Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perak di Australian Open 2022. (Foto: PBSI)

Namun dengan kabar terbaru yang dirilis Koh Rudy, ada kemungkinan PV Sindhu sudah mengirimkan jawaban menolak meski pihak BAI dan BWF sampai saat ini belum merilis keterangan resmi.

Dengan demikian, Gregoria Mariska Tunjung mencatatkan sejarah sebagai tunggal putri Indonesia pertama yang lolos ke turnamen penutup musim.

Ini sekaligus mengakhiri penantian Indonesia selama 13 tahun, yang mana mereka selalu tanpa wakil tunggal putri di ajang BWF World Tour Finals sejak 2008.

Baca Juga

Mia Audina merupakan pemain terakhir yang tampil di babak final ajang serupa pada 1998. Saat itu, turnaman ini dinamakan World Grand Prix Finals di bawah era Super Series.

Adapun Susi Susanti menjadi tunggal putri Indonesia tersukses di ajang ini, dengan mengantongi gelar enam kali dan lima di antarannya dimenangkan secara beruntun.

Baca Juga

Gregoria Mariska sendiri mengakhiri musim 2022 dengan catatan apik. Dia menjadi runner-up Australian Open 2022 setelah sebelumnya mencapai semifinal Hylo Open 2022.

Di BWF World Tour Finals, Gregoria Mariska kan bersaing dengan para pemain bulutangkis top. Sebut saja juara Olimpiade Tokyo 2020 asal China, Chen Yu Fei, yang mencapai tujuh final tahun ini.

Chen Yufei akan memimpin tim bertabur bintang yang terdiri dari Tai Tzu Ying, He Bing Jiao, An Se Young, Ratchanok Intanon, Busanan Ongbamrungphan dan juara dunia Akane Yamaguchi.

Baca Juga
IndonesiaGregoria MariskaPV. SindhuBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini