x

Petik Pelajaran Berharga di Eropa, Jonatan Christie Siap Tempur di BWF World Tour Finals 2022

Kamis, 24 November 2022 12:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jonatan Christie, berharap bisa tampil baik di BWF World Tour Finals berkat pelajaran yang dia petik selama menjalani turnamen di Eropa. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berharap bisa tampil baik di BWF World Tour Finals berkat pelajaran yang dia petik selama menjalani turnamen di Eropa.

Jonatan Christie menjadi salah satu dari lima wakil Indonesia yang mampu lolos ke BWF World Tour Finals 2022 yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022. 

Sebelum memastikan lolos ke World Tour Finals 2022, Jojo – sapaan akrab Jonatan - sempat jalani tiga turnamen di Eropa yaitu Denmark Open 2022, French Open 2022, serta Hylo Open 2022.

Jojo mengalami cedera di Prancis saat menghadapi wakil Jepang, Kodai Naraoka. Dia pun terhenti di babak delapan besar karena cedera pergelangan kaki kanan.

Unggulan kedelapan itu mengakhiri laga setelah bertarung selama 78 menit dengan skor akhir 21-14, 14-21, 13-17.

Baca Juga

Ia berupaya bangkit pada turnamen berikutnya di Hylo Open 2022 di Jerman, sebelum dihentikan di perempat final oleh pebulu tangkis India, Kidambi Srikanth, dengan straight games 13-21, 19-21.

"Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat poin. Setelah kejadian cedera engkel di French Open, saya berpikir yang penting bisa berlaga di BWF World Tour Final terlebih dahulu," ungkap Jojo dalam rilis PBSI.

Baca Juga

Raihan yang kurang memuaskan di Eropa ini tak menjadikan Jonatan berkecil hati. Malah dia bisa memetik pelajaran berharga untuk bekalnya saat menatap BWF World Tour Finals 2022 nanti.

“Secara keseluruhan dari hasil tur Eropa ini memang ada beberapa kondisi seperti pada Denmark Open dan Hylo Open karakter shuttlecock sangat kencang dan itu memang harus dituntut lebih agresif di permainan depan,’ terang Jonatan.

“Berbeda dengan di French Open, saya harus punya endurance lebih kuat lagi dengan siap capek serta kualitas pukulan diperbaiki. Itu menjadi evaluasi saya," Jojo menjelaskan.

Baca Juga

1. Jonatan Christie Masuk Unggulan di BWF World Tour Finals

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie di Denmark Open 2022. Foto: PBSI

Secara matematis, Jonatan Christie akan berstatus unggulan 3/4 dalam seeding BWF World Tour Finals 2022. Status yang sama juga disandang oleh Prannoy HS dari India.

Jonatan mengantongi 64,960 dari 13 turnamen BWF World Tour sejauh musim ini. Dia meraih satu gelar juara di Swiss Open, jadi runner-up di Korea Open, dan semifinalis di Malaysia Open.

"Puji Tuhan ini BWF World Tour Finals kedua saya," ujarnya.

"Syukur-syukur, kalau bisa mendapat seeded di WTF nanti," Jojo menambahkan.

Baca Juga

Jojo tentunya sangat bangga dengan keberhasilan lolos ke BWF World Tour Finals tahun ini.  Pasalnya, dia absen pada dua edisi terakhir BWF World Tour Finals musim 2020 dan 2021.

Adapun pada edisi 2019, Jonatan Christie hanya mampu melangkah hingga babak semifinal usai dikalahkan Kento Momota dari Jepang secara straight game 14-21, 14-21.

Baca Juga

Selain Jonatan Christie, Indonesia juga diperkuat Anthony Sinisuka Ginting pada nomor tunggal putra.

Adapun Ginting akan mendapatkan seeding ketujuh berkat pencapaiannya memenangkan gelar Singapore Open dan Hylo Open. Dia juga menjadi semifinalis Indonesia Masters dan Swiss Open.

Sementara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada sektor bulutangkis ganda putra, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menjadi satu-satunya wakil "Merah Putih" di sektor ganda campuran BWF World Tour Finals.

Baca Juga
Jonatan ChristieBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourBWF World Tour Finals 2022French Open 2022Hylo Open

Berita Terkini