x

BWF World Tour Finals: Siap Repotkan Indonesia, Rexy Mainaky Pasang Target Ini ke Malaysia

Rabu, 30 November 2022 13:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Rexy Mainaky meminta anak didiknya, termasuk Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, tampil percaya diri di BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Rexy Mainaky meminta anak didiknya, termasuk Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, untuk tampil percaya diri demi bisa lolos dari babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

Pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), memiliki dua wakil dari sektor ganda putra dan putri yang akan tampil turnamen penutup musim di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember 2022.

Juara Dunia 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik memastikan lolos sebagai pasangan kedelapan di ganda putra, sedangkan di sektor ganda putri ada jawara French Open 2022, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Rexy Mainaky selaku Direktur Kepelatihan Sektor Ganda BAM menginginkan anak buahnya setidaknya bertahan dan lolos ke babak semifinal ajang ini.

Khususnya Pearly/Thinaah, diprediksi bakal sulit mencapai target ini mengingat sebagian besar pasangan yang akan bertanding punya performa yang meyakinkan tahun ini

Baca Juga

Adapun, Aaron/Wooi Yik bakal menghadapi persiangan ketat di World Tour Finals karena lawan-lawan menduduki peringkat 10 besar dunia.

“Aaron/Wooi Yik dan Pearly/Thinaah telah melakukan latihan dengan baik. Mereka menjalani sesi tambahan (mulai pukul 05.00) untuk persiapan menuju World Tour Finals,” ujar Rexy dilansir dari The Star.

Baca Juga

“Persaingan di Bangkok akan sangat berat bagi mereka karena sebagian besar pasangan papan atas akan bertanding,” jelas legenda bulutangkis Indoensia tersebut.

“Kedua pasangan kami lolos sebagai pasangan kedelapan, sehingga mereka akan menjalani beberapa pertandingan yang sulit.”

“Namun, targetnya adalah melewati babak penyisihan grup. Mereka dipersiapkan dengan baik dan harus tampil dengan percaya diri untuk menghadapi pasangan teratas di turnamen.”

Baca Juga

1. Malaysia Bakal Jadi Batu Sandungan Wakil Indonesia

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Meski tak memasang target muluk-muluk, tetapi keinginan Rexy Mainaky tersebut bisa membuat Aaron/Soh dan Pearly/Thinaah tampil maksimal dan merepotkan lawan-lawannya termasuk dari Indonesia. 

Indonesia sendiri memiliki tiga wakil di sektor ganda putra dan putri, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan serta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. 

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti resmi diundang BWF untuk tampil di World Tour Finals 2022 menggantikan tempat Nami Matsuyama/Chiharu Shida dari Jepang yang mundur.

Sudah bukan rahasia lagi, Aaron/Soh dan Pearly/Thinaah selalu jadi batu sandungan buat pemain Indonesia. Aaron/Soh saat ini imbang 3-3 secara head-to-head dari Fajar/Rian dan kalah di tiga pertemuan terakhir sepanjang tahun ini.

Aaron/Soh juga sejatinya masih kalah unggul 4-7 dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tetapi mereka mampu memenangkan tiga pertemuan beruntun lawan The Daddies. 

Baca Juga

Adapun, Pearly/Thinaah mencatatkan keunggulan 2-1 dari Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dengan dua pertemuan terakhir selalu dimenangkan Pearly/Thinaah. 

Selain Aaron-Wooi Yik, Malaysia juga memiliki pasangan ganda putra independen yang lolos yakni Ong Yew Sin-Teo Ee Yi.

Mereka akan bersaing dengan dua pasangan asal Indonesia, Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra, wakil China Liu Yucheng/Ou Xuanyi, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark dan Choi Sol/gyu-Kim Won-ho dari Korea Selatan.

Baca Juga

Di ganda putri, Pearly/Thinaah bukan satu-satunya wakil Malaysia. Satu wakil Negeri Jiran lainnya yakni pasangan independen Vivian Hoo-Lim Chiew Sien.

Mereka akan bersaing dengan dua pasangan China Zhang Shuxian/Zheng Yu dan Juara Dunia 2022 Chen Qingchen/Jia Yifan, pasangan Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong, pasangan Thailand Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dari Thailand dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dan Apriyani/Fadia. 

Malaysia juga memiliki wakilnya di sektor ganda campuran BWF World Tour Finals 2022, yakni pasangan independen Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Baca Juga
Rexy MainakyMalaysiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Aaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisPearly Tan/Thinaah MuralitharanApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini