x

Klasemen Negara BWF World Tour Finals 2022: China Terbanyak, Indonesia Kangkangi Malaysia

Rabu, 30 November 2022 17:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Klasemen negara yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2022. China mengirimkan wakil terbanyak disusul Indonesia yang mampu melampaui Malaysia.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Berikut klasemen negara yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2022. China mengirimkan wakil terbanyak disusul Indonesia yang mampu melampaui Malaysia.

BWF World Tour Finals 2022 kembali di Bangkok setelah ibukota Thailand tersebut terakhir kali jadi tuan rumah pada Januari 2021.

Inilah agenda penutup musim setelah BWF menggelar 24 rangkaian pertandingan di seluruh dunia, termasuk 19 turnamen BWF World Tour yang dimulai India Open pada Januari tahun ini.

BWF kemudian meemanggil delapan pemain dan pasangan teratas berdasarkan peringkat BWF World Tour, dengan maksimal dua pemain atau pasangan setiap negara anggota yang memenuhi syarat.

Juara Dunia tahun 2022 juga dipastikan lolos secara otomatis. Mereka adalah Viktor Axelsen (tunggal putra), Akane Yamaguchi (tunggal putri), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra), Chen Qingchen/Jia Yifan (ganda putri), dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong (ganda campuran).

Baca Juga

Namun, ada tiga pemain dan pasangan yang menyatakan mundur atau menolak undangan BWF karena alasan cedera, yaitu Pusarla V. Sindhu (tunggal putri), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (ganda putri), dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (ganda campuran).

Mereka digantikan oleh Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia), dan Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand).

Baca Juga

Dengan dirilisnya daftar final delapan pemain dan pasangan dari lima kategori yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2022, dapat dilihat bahwa China jadi negara dengan wakil terbanyak.

China akan memiliki delapan wakilnya di turnamen ini. Dua di antaranya lolos berkat tiket memenangkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

1. Indonesia Kirim Wakil Lebih Banyak Ketimbang Malaysia

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di kejuaraan bulutangkis Japan Open 2022. Foto: PBSI

Lu Guangzu menjadi satu-satunya wakil dari sektor tunggal putra. Sedangkan sektor ganda putra akan diwakili oleh Chen Yufei dan He Bingjiao.

Pasangan Liu Yuchen/Ou Xuanyi jadi tumpuan China di ganda putra. Zhang Shuxian/Zheng Yu akan menemani juara dunia Chen/Jia sebagai wakil China di sektor ganda putri.

Untuk ganda campuran, China akan diperkuat juara dunia Zheng/Huang dan juga runner-up All England dan Singapore Open Wang Yilyu/Huang Dongping.

Indonesia, dengan lolosnya tunggal putri Gregoria Mariska dan ganda putri Apriyani/Fadia kini menjadi negara terbanyak kedua yang mengirimkan wakilnya.

Indonesia melampaui Malaysia yang sebelumnya berada di belakang China setelah meloloskan enam wakilnya, sama seperti Thailand.

Baca Juga

Selain Gregoria dan Apriyani/Fadia, Indonesia akan diwakili sejumlah pemain dan pasangan papan atas yang siap menjadi kejutan di BWF World Tour Finals.

Dari tunggal putra, Indonesia memiliki pemain nomor 5 dunia Jonatan Christie dan nomor 7 dunia, Anthony Sinisuka Ginting.

Ganda putra akan diperkuat pemenang lima gelar BWF World Tour sekaligus nomor 3 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga

Sementara ganda campuran Indonesia memiliki satu wakil Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Ada pun Malaysia bakal dipimpin oleh Juara Dunia 2022 ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan ganda putri jawara French Open 2022, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Selain itu ada ganda putra independen yang lolos yakni Ong Yew Sin-Teo Ee Yi, ganda putri independen Vivian Hoo-Lim Chiew Sien, dan ganda campuran independen Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie.

Selengkapnya, berikut klasemen negara yang akan tampil di Piala Dunia 2022:

1. China (8)
2. Indonesia (7)
3. Malaysia (6)
4. Thailand (6)
5. Jepang (3)
6. Korea Selatan (3)
7. Denmark (2)
8. Prancis (1)
9. India (1)
10. Singapura (1)

Baca Juga
IndonesiaChinaMalaysiaGregoria MariskaBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini