x

5 Pebulutangkis yang Putuskan Gabung Angkatan Militer, Ada Rinov dan Putri KW

Kamis, 1 Desember 2022 17:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Rinov Rivaldy resmi bergabung sebuah akademi angkatan laut. Sebelumnya, ada lima pebulutangkis yang memutuskan bergabung militer, siapa saja mereka? Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy resmi bergabung sebuah akademi angkatan laut. Sebelumnya, ada lima pebulutangkis yang memutuskan bergabung militer, siapa saja mereka?

Kabar mengejutkan datang dari pebulutangkis Indonesia, Rinov Rivaldy. Pasangan Pitha Haningtyas Mentari tersebut resmi terdaftar sebagai mahasiswa baru Akademi Maritim Nasional Jaya, Jakarta.

Kabar ini diketahui dibagikan langsung oleh Rinov Rivaldy melalui Story Instagram pribadinya @rinovrivaldy pada hari Kamis (01/12/22).

Dalam foto tersebut tampak Rinov memakai seragam serba biru kebanggaan Akademi Maritim dan diapit dua sahaatnya termasuk Bobby Setiabudi.

Dengan menjadi mahasiswa Akademi Maritim menambah daftar prestasi yang ditorehkan ganda campuran peringkat 13 dunia.

Baca Juga

Pasalnya, Rinov Rivaldy dan pasangannya Pitha Haningtyas Mentari telah menujukkan performa yang apik di atas lapangan bulutangkis.

Berkat pencapaiannya sejauh musim ini, Rinov/Pitha mendapatkan tiket untuk tampil di BWF World Tour Finals 2022. Ajang ini bakal digelar di Bangkok, Thailand pada 7 - 11 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Rinov Rivaldy ternyata bukanlah pebulutangkis pertama yang memutuskan gabung angkatan militer.

Beberapa pemain dunia juga melakukan hal serupa sehingga sah-sah saja karena masih berkaitan dengan bela negara.

Lantas, siapa saja atlet bulutangkis yang berkarier jadi anggota militer itu?

Baca Juga

1. Putri KW Gabung Sekolah Polwan

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di Australian Open 2022. (Foto:PBSI)

Putri Kusuma Wardani

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, belum lama ini memutuskan bergabung dengan sekolah pendidikan kepolisian.

Hal ini diambil menjelang penampilan Putri KW di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championship 2022) di Jepang pada Agustus lalu.

Hal ini awalnya sempat membuat PBSI ketar-ketir, namun Putri KW menyatakan komitmennya untuk tetap melanjutkan karier bulutangkisnya di tengah peendidikan polisi wanita (polwan).

Dechapol Puavaranukroh

Dechapol Puavaranukroh selaku ganda campuran Thailand memutuskan bergabung menjadi Tentara Angkatan Laut (AL).
Keputusannya tersebut sempat jadi kontroversi mengingat karier bulutangkis Dechapol saat ini sedang bagus-bagusnya.

Dechapol Puavaranukroh yang berpasangan dengan Sapsiree Taerattanachai saat ini berstatus sebagai ganda campuran peringkat 1 dunia.

Meski telah bergabung menjadi tentara Angkatan Laut Thailand, namun pasangan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai tetap akan tampil sebagai pasangan ganda campuran.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya meraih gelar juara di Japan Open 2022, Singapore Open dan Germain Open 2022. Selain itu, mereka juga akan tampil di BWF World Tour Finals 2022.


2. Ada Lin Dan dan Loh Kean Yew

Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew berhasil mengalahkan tunggal Indonesia, Chico Aura dengan skor 21-14 dan 21-14 pada babak 16 besar Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Kamis (09/06/22).

Isabel Lohau

Pemain ganda campuran asal Jerman ini diketahui juga berkarier sebagai anggota militer. Dia diketahui ikut program pemerintah yang memberikan kesempatan para atlet menjadi tentara dan polisi.

“Ada program dari pemerintah atau negara untuk mendukung para atlet. Angkatan militer menjadi bagian dari itu juga. Ada juga yang di kepolisian. Tapi ini sifatnya sukarela, jadi saya bisa memilih mau atau tidak dan saya memilih untuk bergabung,” ujar Isabel Lohau dalam wawancara bersama BWF.

Lin Dan

Tidak ada yang menyangka, legenda bulutangkis China Lin Dan ternyata juga anggota militer. Salah satu tunggal putra terhebat di dunia ini pernah tergabung di Bayi Badminton Club yang termasuk dalam Tentara Pembebasan Rakyat Republik China (PLA).

Bahkan, Lin Dan sudah tergabung dalam klub tersebut sejak berusia 12 tahun. Lin Dan harus mematuhui peraturan ketat, salah satunya tidak boleh melakukan aktivitas komersial sembarangan.

Tak lama kemudian, Lin Dn memutuskan hengkang dari dunia kemiliteran. Lin Dan meneruskan karier bulutangkisnya dengan meriah banyak gelar bergengsi.

Loh Kean Yew

Tunggal putra asal Singapura,  Loh Kean Yeaw, ternyata juga berkarier sebagai seorang militer. Melansir dari The Strait Times, Loh Kean Yeaw menjabat sebagai operator transportasi di ketentaraan nasional, berpangkat kopral kelas satu.

Bukan hanya itu, tunggal putra peringkat 3 dunia ini bergabung di Asosiasi Olahraga Angkatan Bersenjata Singapura dan dinobatkan sebagai atlet terbaik pada 2018.

Lin DanMiliterRinov RivaldyBulutangkisDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisLoh Kean Yew

Berita Terkini