x

Baru Debut, Siti Fadia Bakal Tampil Tanpa Beban di BWF World Tour Finals 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 13:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti mengaku bakal tampil tanpa beban saat debut di BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti mengaku bakal tampil tanpa beban saat debut di BWF World Tour Finals 2022.

Sebagaimana diketahui, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi pebulutangkis Indonesia terakhir yang berhasil lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

BWF World Tour Finals 2022 sendiri telah resmi dipindahkan dari Guangzhou, China ke Bangkok, Thailand, serta gelarannya di majukan sepekan lebih awal pada 7-11 Desember mendatang.

Meski mendadak lolos ke turnamen penutup musim ini, namun Apriyani/Fadia sebelumnya mengatakan sudah memiliki persiapan yang cukup matang.

Selain itu Siti Fadia juga mengaku tidak memiliki beban tertentu jelang penampilan perdana di ajang BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Siti Fadia menambahkan bahwa dirinya lebih banyak menerima masukan dari sang partner yakni Apriyani Rahayu dan pelatihnya, Eng Hian.

Masukan dari pasangan dan juga pelatihnya yakni untuk fokus pada permainan dan tidak menaruh harapan terlalu tinggi pada turnamen akhir musim tersebut.

Baca Juga

"Tidak ada beban yang bagaimana, paling hanya diingatkan lagi oleh Kak Apri dan pelatih supaya jangan berekspektasi terlalu tinggi,” kata Siti Fadia, dilansir dari Antara.

“Kasih permainan terbaik saja supaya tidak jadi beban pikiran," tambahnya.

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengaku menghindari beban mental, namun Fadia juga tetap merasakan semangat yang menggebu-gebu untuk bersaing bersama delapan ganda putri terbaik dari seluruh dunia di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

1. Persiapan Siti Fadia Jelang BWF World Tour Finals 2022

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tampil di BWF World Tour Finals 2022. Foto: PBSI

Lebih lanjut Siti Fadia menjelaskan bahwa sejauh ini dirinya hanya berusaha menahan perasaannya agar tidak terlalu berlebihan dan menjaga fokus serta mental.

"Pasti ada perasaan menggebu-gebu agar bisa menang, tapi ya tetap dikontrol lagi supaya bisa fokus di setiap permainan," jelas Fadia.

Sebelum dipastikan lolos sebagai peserta BWF World Tour Finals, pasangan Apri/Fadia memutuskan tetap berada di Pelatnas PBSI Cipayung untuk menjalani program latihan persiapan turnamen musim 2023.

Beruntung bagi pasangan peringkat ke-14 dunia itu menerima undangan BWF untuk berlaga pada World Tour Finals 2022 setelah mundurnya salah satu pasangan peserta asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Menyikapi hal tersebut, Apriyani Rahayu sendiri mengatakan bahwa dirinya tidak memberikan tuntutan khusus bagi Fadia untuk tampil pada World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Sebagai atlet senior, Apriyani memang lebih berpengalaman dalam turnamen papan atas termasuk World Tour Finals saat masih berpasangan dengan Greysia Polii.

Kini saat berpasangan dengan Fadia, ia lebih memberikan kebebasan kepada pasangannya untuk menyiapkan mental jelang pertandingan.

Baca Juga

"Saya tidak akan banyak memberi wejangan atau apapun itu ke Fadia. Biar Fadia merasakan sendiri bagaimana tampil di sana untuk pertama kali. Hanya yang pasti harus punya keberanian dulu untuk tidak mau kalah," kata Apri.

Selain pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), ada enam wakil Indonesia lainnya, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), lalu Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri).

Kemudian ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga
Berita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiSiti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini