x

Pemain yang Sukses Permalukan ‘Si Alien’ Axelsen Sepanjang 2022, Ada Jojo dan Ginting?

Selasa, 13 Desember 2022 14:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, mengukuhkan diri sebagai ‘alien’ dengan hanya menelan tiga kekalahan dari semua turnamen yang dia jalani tahun ini.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, mengukuhkan diri sebagai ‘alien’ dengan hanya menelan tiga kekalahan dari semua turnamen yang dia jalani sepanjang tahun ini.

Ajang BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand pekan lalu (7-11 Desember) menandai berakhirnya serangkaian turnamen bulutangkis yang digelar BWF di sepanjang musim 2022.

Dari sektor tunggal putra, Viktor Axelsen dinobatkan sebagai juaranya setelah mengalahkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Tampil di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Viktor Axelsen sukses menghentikan perlawanan pemain nomor 6 dunia tersebut dalam dua gim langsung 21-13, 21-14.

Keberhasilan Viktor Axelsen menjuarai BWF World Tour Finals 2022 menyamai rekor milik legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

Baca Juga

Pemain berusia 28 tahun itu menjadi pemain yang mampu menjuarai turnamen akhir tahun sebanyak empat kali. Sebelumnya, Axelsen sudah memenangi gelar serupa pada 2016, 2017, dan 2021.

Axelsen menjadi pemain tunggal putra terbaik sepanjang 2022. Total delapan gelar juara dari delapan final yang berhasil dicapai peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Baca Juga

Dominasinya benar-benar tak ada yang mampu menandingi. Tercatat, Axelsen memenangi 46 dari 49 pertandingan yang dimainkan.

Hanya tiga kekalahan yang pernah dialami Axelsen sejauh musim ini, dengan itu pun dialami bukan saat menghadapi pemain Indonesia seperti Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

INDOSPORT mamaparkan tiga pemain yang pernah mempermalukan Viktor Axelsen di pertandingan, meski sejatinya tak mampu mengoyak catatan sempurna sang Alien.

Baca Juga

1. Axelsen Pernah Jadi Korban Wakil India dan Singapura

Pebulutangkis India, Lakshya Sen, yang sempat buat ketar-ketir Viktor Axelsen di German Open 2022

1. Lakshya Sen

Viktor Axelsen mengalami kekalahan mengejutkan saat menjalani turnamen German Open 2022, hanya sepekan sebelum dia menjuarai All England pada Maret lalu.

Kekalahan tersebut dialami Axelsen di babak semifinal German Open 2022 saat berhadapan dengan rising star India, Lakshya Sen.

Pemain nomor  dunia tersebut gagal meredam perlawanan sengit dan menggebu-gebu dari Lakshya dan akhirnya kalah lewat pertarungan tiga gim 21-13, 12-21 dan 22-20.

Namun, kekalahan tersebut tak menjadikan Axelsen loyo. Dia bangkit di All England 2022 dan berhasil revans dari Lakshya Sen di babak final secara straight gi dengan skor 21-10 dan 21-15.

Baca Juga

2. Loh Kean Yew

Kekalahan kedua dialami Axelsen di Denmark Open 2022 di tangan rekan sparringnya sendiri di Dubai, yakni Loh Kean Yew asal Singapura.

Loh Kean Yew bermain gemilang saat melawan Viktor Axelsen di babak perempat final besar Denmark Open 2022 di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark Oktober lalu.

Baca Juga

Viktor Axelsen bisa dikalahkan hanya lewat dua gim oleh Loh Kean Yew dengan skor akhir 21-17, 21-10.

Inilah kekalahan kedua Axelsen dari Loh Kean Yew setelah yang pertama Axelsen sempat tumbang di final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

Namun, Viktor Axelsen tak membiarkan kekalahan itu terjadi dua kali saat bertemu Loh Kean Yew di perempat final French Open sepekan kemudian.

Dalam duel sengit yang berlangsung di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Axelsen mampu mengalahkan Loh Kean Yew hanya dalam dua set lagsung dengan skor 21-11 dan 21-17.

Baca Juga

2. Prannoy HS, Pemain Ketiga yang Kalahkan Axesen

Pebulu tangkis asal India, Prannoy HS.

3. Prannoy HS

Dalam perjalanan menuju juara BWF World Tour Finals 2022, Viktor Axelsen rupanya sempat mengalami kekalahan dari HS Prannoy, di laga pamungkas fase penyisihan grup A.

Berlaga di Nimibutr Arena, Bangkok, Jumat (9/12) sore WIB, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu tersungkur lewat pertarungan rubber game 21-14, 17-21, 18-21. Ini menjadi kekalahan ketiga tunggal putra ranking satu dunia itu sepanjang 2022.

4. Kalah di Set Pertandingan oleh Lee ZIi Jia, Kodai Naroka, Ginting, Jonatan

Selai ketiga kekalahan tersebut, Axelsen selalu berhasil memenangi laga yang dia mainkan. Namun ada empat pemain yang sempat mampu menaklukkan Axelsen dalam satu set saja.

Pertama, Lee ZIi Jia yang sempat membuat Axelsen kocar-kacir di semifinal Indonesia Open 2022 meski akhirya kalah secara rubber set 19-21, 21-11, 23-21.

Baca Juga

Dua wakil Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga masing-masing sempat membuat Viktor Axelsen kerepotan dan menang satu set meski kalah.

Ginting yang sudah dikalahkan enam kali  oleh Axelsen tahun ini sempat memenangkan satu set di ajang Malaysia Open. Ginting akhirnya harus takluk tiga set 18-21, 21-17, 21-12.

Baca Juga

Masih dalam turnamen yang sama, Axelsen juga sempat direpotkan Jonatan. Dalam duel yang jadi pertemuan satu-satunya keduanya tahun, Axelsen menang dengan susah payah 21-15, 20-22, 21-11.

Terakhir Kodai Naraoka, yang nyaris membuat Viktor Axelsen gagal mempertahankan gelar juara BWF World Tour Finals 2022.

Tunggal putra pertama Jepang tersebut memenangkan satu set dari satu dalam tiga kesempatan bertemu dengan Axelsen. Ini terjadi di semifinal BWF World Tour Finals 2022.

Dalam duel sengit tersebut, Naraoka memenangkan laga di set kedua meski kalah dalam tiga gim dengan skor 21-23, 21-19, dan 21-18.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingDenmarkJonatan ChristieViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisLakshya SenPrannoy Haseena Sunil KumarLoh Kean YewBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini