x

Kontroversi Para Atlet dan Pelatih Bulutangkis Indonesia yang Bikin Geger Pada 2022

Minggu, 25 Desember 2022 16:41 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Sederet atlet dan pelatih bulutangkis Indonesia tak lepas dari kontroversi hingga jadi buah bibir publik pada 2022. Salah satunya Eng Hian dengan isu rasisme.

INDOSPORT.COM – Sederet atlet dan pelatih bulutangkis Indonesia tak lepas dari kontroversi hingga jadi buah bibir publik pada 2022. Salah satunya Eng Hian dengan isu rasisme.

Selain itu ada perselisihan Herry Iman Pierngadi (Herry IP) dengan Kevin Sanjaya, serta kasus pelecehan verbal yang dilakukan atlet Yeremia Erich Yoche Rambitan.

1. Eng Hian Dituduh Rasis Terhadap Ganda Putri Malaysia

Pelatih ganda putri Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI), Eng Hian, atau yang kerap disapa Coach Didi, pernah terseret isu dugaan melakukan rasisme.

Eng Hian dianggap rasis terhadap atlet Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharaan saat memberikan instruksi terhadap Febriana/Amalia di babak 16 besar French Open 2022, Kamis (28/10/22).

Melansir twitter @shahaidin, terdengar bahwa Eng Hian menyebut pemain Negeri Jiran tersebut berdasarkan warna kulitnya yang lantas dianggap rasis badminton lovers Malaysia.

Baca Juga

“Yang item satu berani nahan untuk antisipasi untuk kedepan, yang belakang ngawasi di tengah,” kata Coach Didi/Eng Hian dalam video.

“Yang putih naruh jaga style, nahan untuk angkat yang panjang-panjang ,” lanjut Coach Didi.

Baca Juga

Video tersebut pun langsung menjadi viral. Tak berapa lama kemudian pelatih bulutangkis Eng Hian langsung menyampaikan permohonan maaf melalui video yang diunggah di instagram.

Eng Hian menekankan bahwa dia tidak memiliki niat sedikit pun untuk menyinggung ganda putri Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, di French Open 2022.

Unggahan tersebut, langsung mendapatkan beragam komentar dari badminton lovers Indonesia yang bersimpati dengan sikap Eng Hian tersebut.

Baca Juga

1. Kisah Yeremia Rambitan Terseret Kasus Pelecehan

Kisah Yeremia Rambitan terseret kasus pelecehan verbal terhadap volunteer SEA Games 2021 Vietnam.

2. Yeremia Rambitan Lakukan Pelecehan 

Atlet bulutangkis Indonesia di sektor ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan sempat terseret kasus pelecehan verbal terhadap volunteer SEA Games 2021.

Kejadian nahas bermula saat pasangan Pramudya Kusumawardhana itu melakukan siaran langsung atau live streaming di akun TikTok pribadinya.

Dalam video tampak tim bulutangkis Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air usai berlaga pun berpisah dengan para volunteer yang telah membantu mereka selama di Vietnam.

Sembari mengucapkan salam perpisahan, Yeremia melontarkan kata-kata yang tidak pantas kepada volunteer wanita asal Vietnam.

“I love you, I want f**k you,” kata Yeremia Rambitan sambil tertawa, yang kemudian langsung viral dan membuat netizen kesal.

Baca Juga

Usai video tersebut viral, pada Rabu (25/05/22), Yeremia  Rambitan melalui sebuah video yang diunggah akun resmi PBSI pada Insta Story akhirnya menyampaikan permintaan maaf.

Yeremia Rambitan meminta maaf kepada pihak federasi PBSI, Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia dan para pecinta bulutangkis di tanah air.

Baca Juga

Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga mengaku sudah mendapatkan teguran keras dari pelatihnya serta sudah meminta maaf secara langsung kepada volunteer SEA Games yang dimaksud.

Beberapa waktu berselang, Yeremia Rambitan kembali menjadi perbincangan dan banjir simpati saat mengalami cedera ACL di Indonesia Open 2022.

Bahkan hingga saat ini, Yeremia masih dalam pemulihan cedera dengan harapan bisa comeback pada tahun depan untuk memulai pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade 2024.

Baca Juga

2. Selisih Paham Herry IP dan Kevin Sanjaya

Pelatih Herry IP dan muridnya, Kevin Sanjaya, sempat terlibat selisih paham yang langsung viral di media.

3. Selisih Paham Herry IP dan Kevin Sanjaya yang Sempat Viral

Kasus yang sempat viral dari dunia olahraga bulutangkis lainnya yakni perselisihan antara pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi (Herry IP) dengan sang murid, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Hubungan keduanya sudah dikabarkan memanas sejak Indonesia Open 2022. Saat itu Kevin Sanjaya dengan pasangannya, Marcus Gideon kalah dari ganda Korea Selatan, Kan Ming Hyuk/Seo Seung Jae.

Tiga bulan kemudian, hubungan panas keduanya belum juga mereda. Puncaknya terjadi perang komentar di media dari keduanya.

Rumor tersebut viral usai diembuskan pertama kali dari cuitan salah satu pewarta Jawa Pos di akun pribadi Twitter-nya pada Senin (26/09/22).

Sampai akhirnya,  Kevin Sanjaya dan Herry IP muncul bersama di media melalui rilis PBSI untuk memberikan klarifikasi pada Jumat (30/09/22).

Baca Juga

Herry IP menyatakan bahwa masalah tersebut sudah terselesaikan berkat mediasi bersama Ketum PBSI dan Alex Tirta selaku Ketua Harian PBSI.

“Saya dan Kevin sudah lama, saya sudah anggap dia seperti anak. Kalau saya ada salah, saya meminta maaf. Kita juga sudah ketemu bersama tim ganda putra yang lain dan semua sudah clear,” ungkap Herry IP.

Baca Juga

“Tadi pagi kita juga sudah latihan bersama semua," sambung pelatih bertangan dingin asal Indonesia tersebut.

Usai masalah tersebut, Herry IP dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo berfokus untuk persiapan jelang pengumpulan poin Olimpiade 2024.

Demikian kisah atlet dan pelatih bulutangkis yang pernah viral dan menimbulkan kontroversi di masyarakat, dari Eng Hian, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, hingga Herry Ip dan Kevin Sanjaya.

Baca Juga
PBSIKevin SanjayaHerry IPEng HianBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini