x

Mengenal Mariia Stoliarenko: Pebulutangkis Cantik Ukraina yang Miliki Hobi Ekstrem dan Tak Biasa

Jumat, 30 Desember 2022 19:27 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mari mengenal lebih dekat sisi lain Mariia Stoliarenko, pebulutangkis berparas bidadari asal Ukraina yang ternyata miliki hobi ekstrem dan unik.

INDOSPORT.COM – Mari mengenal lebih dekat sisi lain Mariia Stoliarenko, pebulutangkis berparas bidadari asal Ukraina yang ternyata miliki hobi ekstrem dan unik.

Rising star badminton ranking 36 ganda putri tersebut ternyata hobi mendaki gunung hingga mencintai seni desain grafis.

Sebelum mengintip satu per satu mengenai hobinya, lebih baik mengulas terlebih dahulu mengenai profil lengkap Mariia Stoliarenko.

1. Profil Mariia Stoliarenko

Mariia Stoliarenko adalah pebulutangkis muda berusia 18 tahun asal Ukraina. Saat ini, dia bermain untuk tiga sektor sekaligus, yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Pada sektor tunggal putri, Mariia Stoliarenko diketahui saat ini baru naik delapan peringkat ke posisi 220 berdasarkan update BWF, Selasa (27/12/22).

Baca Juga

Mariia Stoliarenko juga berduet dengan Yelyzaveta Zharka di sektor ganda putri yang saat ini bertengger di peringkat 36 dunia.

Sementara di sektor ganda campuran, pebulutangkis cantik itu juga berpasangan dengan Ivan Druzchenko dan saat ini masih menempati ranking 508 BWF.

Baca Juga

Beragam  gelar telah didapatnya seperti juara Swedia Junior 2020, hingga runner-up Latvia International 2021 dan Ukraina International 2021.  

Hal itu lantaran semangatnya untuk terus berlatih. Bahkan secara khusus, Mariia Stoliarenko berlatih bulutangkis sejak usia 6 tahun, meski dia terlahir bukan dari keluarga atlet.

“Semua ini bagian dari pendidikan jasmani di sekolah. Saya menikmatinya. Saya terus bermain sepanjang sekolah dan saya adalah bagian dari klub bulutangkis hebat di Ukraina,” ucap Mariia Stoliarenko melansir laman BWF.

Baca Juga

1. Penyuka Bulutangkis dan Desain Grafis

Mariia Stoliarenko, pebulutangkis Ukraina yang menyukai bulutangkis dan desain grafis.

2. Penyuka Bulutangkis dan Desain  Grafis

Dalam sebuah wawancara kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Mariia Stoliarenko mengaku sangat menyukai bulutangkis karena keluarganya.

Mariia Stoliarenko juga mengaku bahwa bulutangkis adalah hal yang dipelajarinya dengan penuh cinta selain desain grafis. 

Mariia Stoliarenko memiliki keinginan untuk menggabungkan tiga kecintaan terbesarnya, yakni bulutangkis, perjalanan, dan seni.

“Saya baru saja jatuh cinta dengan bermain bulutangkis, dan saya juga menyukai seni. Terutama desain grafis,” ujar Mariia Stoliarenko.

 “Sekarang, saya bisa bermain bulutangkis, berpergian, dan menikmati seni,” sambung pebulutangkis Ukraina tersebut.

Baca Juga

Kecintaannya pada seni dan bulutangkis pun dibuktikan olehnya. Sepanjang 2022, di tengah kemelut invasi Rusia ke negaranya, Stoliarenko tetap aktif bertanding di berbagai turnamen BWF.

Melansir laman BWF, sepanjang 2022, dia bermain di tiga sektor untuk 17 pertandingan, salah satunya di Indonesia Masters.

Baca Juga

Layaknya seni, dia terus mencoba melupakan kemelut perang di negaranya dengan terus menikmati setiap pertandingan.

"Kami terkesan bertanding di depan penonton sebanyak ini (Istora), mereka berteriak 'pahlawan,pahlawan'. Sangat mengesankan bermain di Jakarta,” ucap rekan Mariia Stoliarenko Yelyzaveta Zharka saat bertanding di Indonesia Masters 2022 lalu.

"Tentu saja, ini adalah impian kami bisa bermain di Jakarta. Kami sangat menyukainya," Mariia Stoliarenko menambahkan.

Baca Juga

2. Hobi Mendaki Gunung

Potret Mariia Stoliarenko yang ternyata hobi mendaki gunung.

3. Mendaki Gunung Tertinggi di Spanyol

Selain menyukai bulutangkis dan desain grafis, Mariia Stoliarenko rupanya juga memiliki hobi ekstrem yakni mendaki gunung.

Melansir instagramnya pada Kamis (29/12/22), pebulutangkis cantik Ukraina tersebut mengunggah momen saat mendaki gunung Teide, Spanyol.

“Saya sangat menyukai tempat ini, tempat yang sangat beragam yang membuat Anda takjub. Berada di gunung berapi membuat Anda merasa bak di planet Mars seperti di film,” tulis Mariia Stoliarenko.

Baca Juga

Melansir Parque Nacional del Teide, Teide merupakan sebuah nama gunung berapi di Pulau Tenerife dan Kepulauan Canaria, Spanyol, yang masih aktif hingga saat ini,

Disebutkan bahwa Teide merupakan gunung tertinggi di Spanyol dan Samudra Atlantik yang mencapai 3,718 meter. Gunung Teide menjadi objek wisata bagi para wisatawan.

Baca Juga

Saat ini bahkan Gunung Teide sudah masuk dalam kawasan Taman Nasional di Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2017.

Tidak semua pebulutangkis memiliki hobi mendaki gunung, apalagi dengan serangkaian jadwal padat yang harus mereka jalani.

Potensi cedera yang bisa didapat sewaktu-waktu saat mendaki gunung, juga tentu menjadi risiko yang pastinya dipertimbangkan para atlet bulutangkis.

Meski demikian, Mariia Stoliarenko menjadikan mendaki gunung Teide jadi pilihannya saat wisata dan waktu luang. jelang tahun baru 2023.

Demikian sisi lain pebulutangkis Ukraina Mariia Stoliarenko, yang memiliki hobi bulutangkis, desain grafis, dan mendaki gunung. Sungguh hobi yang memesona.

Baca Juga
UkrainaBulutangkisSportainmentBerita BulutangkisBerita SportainmentMariia Stoliarenko/Yelyzaveta Zharka

Berita Terkini