x

Pemain Asia Berjaya, Viktor Axelsen Jadi Satu-satunya Wakil Eropa di 20 Besar Prediksi Ranking BWF

Jumat, 30 Desember 2022 17:11 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Viktor Axelsen menjadi satu-satunya wakil Eropa yang berada di posisi 20 besar prediksi ranking BWF di sektor tunggal putra yang masih didominasi pemain Asia.

INDOSPORT.COMViktor Axelsen bakal menjadi satu-satunya wakil Eropa yang berada di posisi 20 besar prediksi ranking BWF di sektor tunggal putra yang masih didominasi pemain Asia.

Meski BWF telah resmi memperbarui ranking pebulutangkis di seluruh dunia pada Selasa (27/12/22), namun sejumlah akun bulutangkis sudah membuat prediksi ranking untuk pekan depan.

Salah satunya ialah @badmintoneropa, yang sudah memprediksikan ranking BWF untuk pekan depan atau Selasa, 3 Januari 2023 nanti.

Sejumlah perubahan posisi yang cukup signifikan terjadi di hampir semua sektor, terutama di nomor tunggal putra.

Nomor tunggal putra sendiri masih didominasi para pemain dari benua Asia, dan Viktor Axelsen selaku wakil asal Denmark peringkat 1 dunia bakal menjadi satu-satunya pemain Eropa yang menembus posisi 20 besar.

Baca Juga

Sejatinya ada pemain Eropa lainnya yakni rekan senegara Axelsen, yang tak lain adalah Anders Antonsen yang saat ini duduk di posisi ke-17.

Antonsen berada di peringkat ke-17 usai turun tujuh posisi, karena sempat absen dalam beberapa turnamen lantaran cedera.

Baca Juga

Namun pada pekan selanjutnya, posisi Anders Antonsen bakal kembali terjun bebas hingga peringkat ke-30, alias resmi terlempar dari 20 besar.

Maka hanya tersisa Axelsen yang akan menjadi satu-satunya wakil Eropa di 20 besar prediksi ranking BWF pekan depan. Rival terdekatnya ialah Rasmus Gemke (Denmark), Brian Yang (Kanada) dan Toma Junior Popov (Prancis) yang berada di peringkat ke-21, 22 dan 23.

Maka Anders Antonsen harus bangkit demi bisa bersaing dengan para rival asal Asia, dan memperbaiki posisinya yang semula dekat dengan Viktor Axelse di lima besar dalam ranking BWF.

Baca Juga

1. Viktor Axelsen Makin Sulit Digapai

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Sementara itu, Viktor Axelsen makin sulit digapai oleh para rivalnya di nomor tunggal putra dalam prediksi ranking BWF.

Sebab, Axelsen mengantongi 108,056 poin, jarak yang amat jauh dengan Lee Zii Jia (Malaysia) yang berada di posisi kedua dengan 76,588 poin.

Wajar saja jika Axelsen memiliki jarak poin yang jauh dengan para rivalnya. Sebab, ayah dua anak itu memang mampu tampil gemilang dan konsisten sepanjang 2022.

Menurut informasi dari Badminton Tour di Twitter, Axelsen memiliki win rate sebesar 91,2 persen atau hanya kalah unggul dari pasangan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong dengan win rate 96,5 persen, tertinggi dari semua sektor di tahun ini.

Axelsen tercatat meraih 52 kemenangan dan lima kekalahan dari 57 pertandingan yang telah dilakoninya sepanjang tahun 2022.

Baca Juga

Gelar juara yang diraihnya di antaranya ialah di All England, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, French Open, Kejuaraan Dunia hingga BWF World Tour Finals 2022.

Di sisi lain ada dua wakil Indonesia di posisi empat besar nantinya yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang akan menempati posisi ketiga dan keempat, menyusul Chou Tien Chen (Chinese Taipei) yang berada di posisi kelima.

Baca Juga

Menariknya, persaingan ketat juga terjadi posisi lima besar (kecuali Axelsen), yang bakal bertarung menduduki peringkat kedua yang masih ditempati oleh Lee Zii Jia.

Sebab, poin keempat pemain tersebut hanya terpaut tipis yakni Lee Zii Jia (76,588), Jonatan Christie yang meraih 75,812 poin.

Lalu ada Anthony Ginting yang mengemas 75,749 poin dan Chou Tien Chen yang mengantongi sebanyak 75,466 poin.

Baca Juga
BWFViktor AxelsenAnders AntonsenBerita Bulutangkis

Berita Terkini