x

Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Lolos dari Lubang Jarum, Ini Kunci Kalahkan Jerman

Jumat, 13 Januari 2023 07:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2022. Mereka lolos ke babak perempat final Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto seolah lolos dari lubang jarum, di babak 16 besar Malaysia Open 2023, Kamis (12/01/23) lalu.

Fajar Alfian/Rian Ardianto menghadapi Mark Lamsfuss/Marvin Seidel asal Jerman, yang memiliki keunggulan fisik hingga gerakan-gerakan yang sulit ditebak.

Padahal, Fajar/Rian adalah ganda putra nomor satu dunia, tetapi mereka justru kesulitan menghadapi Lamsfuss/Seidel yang notabene ada di peringkat ke-16.

Game pertama, duo Indonesia luluh lantak. Fajar/Rian pun harus mengakui keunggulan Lamsfuss/Seidel dengan skor telak, 8-21.

Demikian pula di game kedua, Lamsfuss/Seidel sangat sulit untuk dikalahkan, tapi ada satu momentum saat akhirnya Fajar/Rian bisa mengimbangi di angka 19-19.

Baca Juga

Fajar/Rian menutup game kedua dengan kemenangan 21-19 atas Lamsfuss/Seidel.

Memasuki game ketiga, kedua pasangan bermain sama kuat. Namun, Dewi Fortuna berpihak pada Indonesia. Fajar/Rian sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 21-16.

Selepas laga, Fajar/Rian mengaku lega karena seolah baru saja lolos dari lubang jarum. Mereka hampir tumbang di 16 besar.

Baca Juga

Beruntung, dengan kerja keras, pengalaman bermain di level atas, serta kemampuan mengatasi rasa panik saat tertinggal, akhirnya bisa menolong Fajar/Rian.

"Tadi kami main pantang menyerah dan berusaha terus. Meski ketinggalan, kami terus berusaha," ungkap Fajar Alfian kepada Tim Humas dan Media PBSI. 

"Lawan juga bermain baik, tetapi kami tetap semangat untuk mengejar, dan kami tidak panik," tambah Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga

1. Fajar/Rian: Kuncinya Jangan Panik!

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PBSI)

Menurut Fajar Alfian, pasangan ganda putra asal Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel nampaknya sudah mempelajari habis penampilannya bersama Rian.

Segala taktik, pola permainan, kelebihan dan kelemahannya sudah diketahui lawan. Hal itu yang membuatnya sulit berkembang.

"Lawan sudah mempelajari kami. Mulai dari servis, pembukaan, dan taktik strategi kami sudah diantisipasi lawan," ungkap Fajar.

"Inilah yang membuat game pertama terasa berbeda. Angkanya jauh sekali," ujarnya. 

"Lawan dari awal sudah siap. Mereka sempat mengontrol permainan kami," blak-blakan Rian Ardianto lagi. 

Baca Juga

Namun, meski kembali tertinggal, Fajar/Rian terus berupaya tanpa lelah. Bahkan di game kedua, wakil andalan Indonesia ini sempat ketinggalan 18-19, sebelum menang 21-19.

Demikian pula dengan game ketiga, wakil Pelatnas Cipayung ini tertinggal 11-14, tapi dengan ketenangan dan tidak panik, Fajar/Rian bisa mengejar dan menjadi pemenang.

Baca Juga

"Di game kedua saat tertinggal, kami tetap fokus dan yakin bisa. Pokoknya pantang menyerah dan terus berusaha," ujar Fajar. 

"Kami tetap fokus, mengejar satu persatu. Berusaha agar permainan kami bisa lebih enak, akhirnya bisa menang," kata Rian.

Setelah ini, Fajar/Rian akan tampil di babak perempat final Malaysia Open 2023, Jumat (13/01/23), menghadapi wakil tuan rumah Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoRian Ardianto/Fajar AlfianMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianBulutangkisMalaysia OpenBerita BulutangkisMark Lamsfuss/Marvin SeidelMalaysia Open 2023

Berita Terkini