x

Angkernya India Open 2023, Ranking 1 Diterpa Nestapa hingga Tragedi Diare Atlet China

Senin, 23 Januari 2023 11:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
India Open 2023 telah rampung dihelat serta meninggalkan cerita miris seperti pemain ranking satu tidak meraih gelar juara hingga atlet China terkena diare.

INDOSPORT.COM – India Open 2023 telah rampung dihelat serta meninggalkan banyak cerita miris seperti pemain ranking satu tidak ada yang meraih gelar juara hingga atlet China terkena diare.

India Open 2023 merupakan turnamen super 750 yang telah selesai penyelenggaraannya pada Minggu (22/1/23). Menariknya terdapat cerita unik cenderung miris yang tersaji di ajang ini.

Salah satunya adalah momen runtuhnya dominasi Viktor Axelsen yang selalu tampil tak terkalahkan di final beberapa ajang bulutangkis.

Viktor Axelsen dikalahkan bocah ajaib asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn di babak final India Open 2023 melalui tiga gim ketat dengan skor 20-22, 21-10, 12-21.

Hasil ini memecah rekor Viktor Axelsen yang tak terkalahkan dalam delapan final terakhir. Sekaligus, Kunlavut berhasil mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya menjuarai turnamen super 750.

Baca Juga

Tak hanya Viktor Axelsen yang mencatatkan rekor miris, beberapa pebulutangkis ranking satu dunia di semua sektor tidak ada yang meraih gelar juara di India Open 2023.

Di sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi gagal meraih juara usai menelan kekalahan dari wakil Korea Selatan, An Se-young dalam pertarungan tiga gim sengit.

Baca Juga

Selanjutnya di sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di babak semifinal usai dikalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Selanjutnya ada ganda putri peringkat satu asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang mengundurkan diri, sehingga Nami Matsuyama/Chiharu Shida berhak meraih gelar juara.

Terakhir, ganda campuran andalan China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong juga kandas di babak semifinal usai dikalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Baca Juga

1. Tragedi Diare Atlet China

Pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara ganda putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Ajang India Open 2023 menjadi turnamen yang tak terlupakan khususnya untuk beberapa pebulutangkis China, yang harus mundur karena masalah kesehatan.

Beberapa atlet China bermasalah dengan makanan sehingga terjangkit diare. Padahal Zheng Si Wei dkk menjadi salah satu tim yang mengirimkan wakil terbanyak di final.

China berhasil meloloskan tiga wakil di partai final, yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (ganda putri), Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (ganda campuran) dan Liang Wei Keng/Wang Chang (ganda putra).

Dari ketiga wakil tersebut, hanya Liang Wei Keng/Wang Chang yang mampu melanjutkan pertandingan dan berhasil meraih juara usai mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Dua wakil lainnya harus mundur karena terjangkit diare, yakni Wang Yi Lyu dan Jia Yi Fan. Hal ini otomatis membuat lawannya berhak menyabet gelar juara India Open 2023.

Baca Juga

“Ada dua pasangan mundur, keduanya adalah pasangan China di final India Open 2023, Wang Yi Lyu berpasangan dengan Huang Dong Ping dan Jia Yi Fan berpasangan dengan Chen Qing Chen,” tulis keterangan BWF.

“Kedua pemain ini dilaporkan sakit diare dan mengundurkan diri dari pertandingan masing-masing,” imbuh BWF.

Baca Juga

Sebelumnya, atlet China lainnya yang bermasalah dengan makanan adalah Chen Yu Fei yang terpaksa mundur di babak perempatfinal India Open 2023.

Sementara itu, partai final India Open 2023 berlangsung seru, seperti Viktor Axelsen yang secara mengejutkan tumbang dari wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Selain kekalahan Viktor Axelsen, India Open 2023 tentu menjadi kenangan yang kurang mengenakkan bagi beberapa pemain terutama pebulutangkis China.

Baca Juga

Sumber: BWF

ChinaViktor AxelsenWang Yilyu/Huang DongpingBulutangkisIndia OpenBerita BulutangkisKunlavut VitidsarnChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini