x

Rekap Prestasi Bulutangkis Musim 2023: Januari, Indonesia Panen Gelar dan Rekor Emas

Minggu, 5 Februari 2023 21:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Indonesia panen gelar dan rekor dalam rekap prestasi bulutangkis di ajang BWF World Tour Januari. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sumbang dua gelar.

INDOSPORT.COM – Indonesia panen gelar dan rekor dalam rekap prestasi bulutangkis di ajang BWF World Tour Januari. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sumbang dua gelar.

Sebagaimana diketahui, kompetisi bulutangkis musim 2023 dibuka dengan begitu semarak, termasuk untuk ajang BWF World Tour.

Melansir laman BWF Corporate, pada Januari, terdapat total empat turnamen BWF World Tour dari Super 300 hingga Super 1000.

Turnamen tersebut adalah Malaysia Open (10-15 Januari), India Open (17-22 Januari), Indonesia Masters (24-29 Januari), dan Thailand Masters (31 Januari-5 Februari).

Selama penyelenggaraannya, Indonesia menjadi negara tersukses kedua di bawah China yang mampu menyabet gelar juara di empat turnamen tersebut.

Baca Juga

Total Indonesia meraih empat gelar juara, dan China memborong tujuh gelar juara. Di bawah China dan Indonesia, ada Jepang dengan tiga gelar juara, serta Korea Selatan dan Thailand dengan dua gelar.

Indonesia yang meraih empat gelar juara di ajang BWF World Tour Januari 2023 ini, tentunya sangat full senyum. Karena hanya di India Open 2023, Indonesia nihil gelar, sementara tiga lainnya mampu eksis.

Baca Juga

Para penyumbang gelar bagi Indonesia tersebut adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Dari rekap prestasi bulutangkis Indonsia pada ajang BWF World Tour bulan Januari 2023 tersebut, keberhasilan para pahlawan Indonesia ini juga mampu mencatatkan rekor sepanjang karier mereka.

Untuk itulah mari membedah satu per satu perjalanan para penyumbang gelar bagi Indonesia di ajang BWF World Tour Januari 2023 ini.

Baca Juga

1. Indonesia Panen Rekor

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muahammad Rian Ardianto, panen rekor di awal musim 2023.

Dimulai dari Malaysia Open 2023. Sebagai turnamen BWF World Tour Super 1000, Indonesia sukses menyegel satu gelar juara dari ganda putra ranking satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Saat itu Fajar/Rian menyegel juara Malaysia Open 2023 usai menumbangkan pebulutangkis China, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21, 21-13.

Capaian yang semakin mengokohkan posisi Fajar/Rian di puncak ranking BWF. Capaian itu juga membuat mereka mencetak rekor yang untuk pertama kalinya menjuarai Malaysia Open.

Rekor mentereng juga dicacatkan oleh Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang mampu menciptakan All Indonesian Final di BWF World Tour Super 500 Indonesia Masters 2023.

Mereka sukses menciptakan All Indoensian Final di ajang ini yang mengulang memori serupa pada 2013, di mana saat itu ada Hayom Rumbaka bertemu Simon Santoso di partai puncak.

Baca Juga

Pada akhirnya, Jonatan Christie sebagai sang jawara Indonesia Masters 2023, juga membawanya menembus ranking dua BWF di bawah Viktor Axelsen.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga menjadi bintang dengan meraih dua gelar juara di Indonesia Masters 2023 dan Thailand Masters 2023 (BWF World Tour Super 300).

Baca Juga

Bisa back to back juara dalam dua turnamne beruntun, menjadikan Leo/Daniel mencetak rekor menembus ranking 10 besar BWF per Selasa (07/02/23).

Hal itu sebagaimana dilansir dari unggahan twitter @badminton_talk usai kemenangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di final Thailand Masters 2023, Minggu (05/02/23).

Capaian mentereng Indonesia di ajang BWF World Tour, akan kembali dipertaruhkan mengingat Maret 2023 mendatang, banyak turnamen prestisius menanti. Termasuk All England 2023.

Baca Juga

Sumber: Tournament Software

IndonesiaJonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisBWF World Tour

Berita Terkini