x

Pernah Diisukan Jadi Pelatih PBSI, Legenda Bulutangkis Ini Makin Bahagia di Jepang

Jumat, 10 Februari 2023 11:49 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Legenda bulutangkis Indonesia, Tony Gunawan terlihat makin bahagia di Jepang usai sempat diisukan jadi pelatih di Pelatnas PBSI.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Indonesia, Tony Gunawan terlihat makin bahagia di Jepang usai sempat diisukan jadi pelatih di Pelatnas PBSI.

Tony Gunawan tentu tak asing lagi di telinga penggiat olahraga bulutangkis. Ia dikenal sebagai rajanya ganda putra kala berpasangan dengan Candra Wijaya.

Namanya pernah santer diisukan menjadi pelatih di Pelatnas PBSI beberapa waktu lalu. Namun, hingga saat ini tidak ada kabar pasti bergabungnya Tony di skuat bulutangkis Indonesia.

Tak masuk dalam daftar pelatih PBSI yang diumumkan beberapa waktu lalu, saat ini, Tony Gunawan telah berada di Jepang dan melanjutkan karier kepelatihannya.

Legenda Indonesia ini tengah asyik berfoto dengan klub bulutangkis Jepang, Tonami, sebagaimana dilansir dari Instagram story Keigo Sonoda.

Tony Gunawan makin bahagia melatih di Jepang
Baca Juga

Dalam unggahan tersebut nampak Tony Gunawan bersama dengan pemain klub Tonami lainnya seperti Takuro Hoki, Yugo Kobayashi hingga Kanta Tsuneyama.

Sekadar informasi, eks partner Candra Wijaya ini menyeberang ke Amerika Serikat serta resmi bergabung ke klub Jepang, Tonami pada 2019 lalu.

Baca Juga

Tonami sendiri menjadi pencetak beberapa pemain top bulutangkis Jepang seperti Kamura Takeshi/Keigo Sonoda, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi hingga Kanta Tsuneyama.

Bersama dengan klub Jepang ini, Tony melatih di sektor ganda putra dan terbukti anak asuhnya, Hoki/Kobayashi moncer di jajaran pebulutangkis top dunia.

Hoki/Kobayashi menjadi ganda putra nomor satu Jepang dan menorehkan beragam prestasi seperti Juara Dunia 2021 hingga meraih gelar di BWF World Tour Finals.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Tony Gunawan

Candra Wijaya dan Tony Gunawan saat menjuarai Yonex Japan Open.

Tony Gunawan menjadi salah satu nama yang sulit dilupakan badminton lovers Indonesia karena banyak prestasi yang telah ia torehkan semasa masih menjadi pemain.

Salah satu momen yang akan dikenang adalah menyabet medali emas di Olimpiade Sydney 2000 sektor ganda putra berpasangan dengan Candra Wijaya.

Tak cukup dengan meraih medali emas di Olimpiade, Tony juga menorehkan prestasi lainnya bersama Candra Wijaya seperti juara di All England hingga World Grand Prix Championships.

Raihan lainnya adalah menjuarai Indonesia Open, Japan Open, Malaysia Open hingga Korea Open sewaktu masih berpasangan dengan Candra Wijaya.

Sayangnya, dengan beragam prestasi mentereng ini, Tony Gunawan memilih untuk pindah warga negara Amerika Serikat dan bermain di bawah bendera Negeri Paman Sam.

Baca Juga

Ia turut menorehkan prestasi dengan menyabet gelar Juara Dunia 2005 di sektor ganda putra serta berpasangan dengan Howard Bach.

Tak hanya itu, Tony Gunawan juga gemilang ketika berpasangan dengan Halim Haryanto dengan mengoleksi gelar juara di Kejuaraan Dunia hingga Singapore Open.

Baca Juga

Dengan torehan prestasi mentereng, Tony sempat diisukan akan bergabung menjadi pelatih di Pelatnas PBSI. Apalagi saat itu, sektor ganda campuran baru saja ditinggalkan Nova Widianto yang menyeberang ke Malaysia.

Hal ini dikarenakan kunjungan Tony ke Pelatnas PBSI beberapa waktu lalu. Banyak badminton lovers yang menduga pelatih Jepang ini akan kembali melatih tim bulutangkis Indonesia.

Namun, legenda ganda putra ini nampaknya masih betah berkarier di Jepang. PBSI sendiri telah mengumumkan daftar pelatih pelatnas pada Januari 2023 lalu.

Baca Juga

Sumber: Instagram @keigo.sonoda

JepangPBSITony GunawanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini