Liga 1

Tantang Persegres, Semen Padang Andalkan Gelandang Senior sebagai Starter

Kamis, 20 April 2017 13:54 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Pemain sayap senior Semen Padang, Irsyad Maulana. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Pemain sayap senior Semen Padang, Irsyad Maulana.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar kemungkinan bakal memainkan salah seorang pemain sayap seniornya, Riko Simanjuntak atau Irsyad Maulana dari menit pertama pada pekan ke-2 Liga 1 2017, saat menghadapi Persegres Gresik United, di Stadion Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jatim, Jumat (21/04/17).
 
Minimnya tusukan dari kedua sayap, khususnya di babak pertama saat melakoni laga perdana kontra Sriwjaya FC, Senin (17/04/17) lalu, menjadi fokus perhatian tim pelatih Semen Padang.

Dua pemain sayap muda, Adi Nugroho dan Kevin Ivander yang diberi kepercayaan pada pertandingan perdana kontra Sriwjaya FC lalu dinilai belum menunjukkan penampilan sebaik duo seniornya.

Serangan dari kedua sisi sayap Kabau Sirah terlihat lebih hidup ketika Irsyad dan Riko masuk menggantikan Kevin dan Adi pada awal babak kedua.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Nilmaizar saat memimpin latihan Semen Padang. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTNilmaizar saat memimpin sesi latihan Semen Padang.

"Kemungkinan bisa saja kami mainkan Irsyad atau Riko sejak menit awal untuk menambah kekuatan di posisi sayap," kata pelatih Semen Padang, Nilmaizar.

Namun demikian, untuk bisa memainkan salah seorang pemain senior di sisi sayap, Nilmaizar harus memutar otak ekstra. Pasalnya, sesuai regulasi Liga 1 2017, setiap tim diharuskan memainkan tiga pemain U-22 selama 45 menit dari menit pertama. 

Dan sejauh ini, tiga pemain muda yang sering dipercaya Nilmizar adalah Kevin Ivander, Adi Nugroho, dan Syamsul Bahri.

"Dalam regulasi harus dimainkan tiga pemain muda U-22, yang menjadi kendala ketimpangan antara kualitas pemain utama dan pemain muda yang harus dimainkan," lanjut pelatih karismatik itu.

Selain kedua sayapnya, posisi bek sebagai tembok terakhir Semen Padang juga jadi bahan evaluasi Nilmaizar, kesalahan komunikasi antara pemain belakang dan penjaga gawang di laga perdana harus dibayar mahal dengan bobolnya gawang M Ridwan, dan membuat hasil imbang harus diterima Kabau Sirah pada derbi Andalas episode pertama musim ini.

Beruntungnya, dari daftar 20 pemain yang diboyong ke Gresik sudah ada nama senter bek andalan Kabau Sirah Handi Ramdhan yang absen di laga perdana. Kembalinya sosok Handi Ramdhan yang dikenal cukup lugas dan keras dalam mengawal lini pertahanan bisa jadi solusi utama lini pertahanan.