Bursa Transfer

Ditawar Rp1,2 Triliun, Aubameyang Akan Hengkang ke China?

Kamis, 29 Juni 2017 01:16 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Matthias Hangst/Bongarts/Getty Images
Bintang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. Copyright: © Matthias Hangst/Bongarts/Getty Images
Bintang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang.

Striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang kerap kali dikabarkan akan hengkang ke klub raksasa Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain. Selain itu, Liverpool dan AC Milan juga dilaporkan mempunyai niat untuk mendatangkan Aubameyang.

Selain ketiga klub tersebut, nyatanya saat ini ada klub baru yang diberitakan akan menjadi tempat pelabuhan pria berusia 28 tahun tersebut. Dilansir dari Sportbible, Aubameyang dilaporkan siap untuk mengembangkan karier sepakbolanya di China.

Adalah klub Tianjin Quanjian yang menurut pemberitaan telah siap menampung pesepakbola kelahiran 18 Juni 1989 tersebut. Klub asal Chinese Super League (CSL) itu rela menggelontorkan dana 81 juta euro atau sebesar Rp1,2 triliun untuk memboyong sang pemain.

Menurut laporan dari media Jerman, Bild, Aubameyang akan mendapatkan mahar sebesar 30 juta euro (Rp454 miliar) per tahunnya. Hal itu berarti, pria asal Prancis itu akan memperoleh uang 500 juta pounds atau Rp8,5 miliar setiap minggunya.

Baca Juga

Sementara itu, pemilik klub, Shu Yuhui dikatakan bersikeras untuk bisa mendapatkan tanda tangan Aubameyang. Dirinya juga dilaporkan tidak memikirkan peraturan yang dibentuk oleh asosiasi sepakbola China.

© Twitter @Squawka
Pierre Emerick Aubameyang Copyright: Twitter @SquawkaPierre-Emerick Aubameyang.

Seperti yang diketahui, Federasi Sepakbola China (CFA) telah memberlakukan peraturan pajak 100 persen pada 19 Juni 2017 kemarin. Setiap klub yang bermain di CSL, ketika mendatangkan pemain asing, mereka diwajibkan untuk membayar dua kali lipat atau terkena pajak 100 persen.

Maka, jika Yuhui mendatangkan Aubameyang dengan mahar 81 juta euro, otomatis pihak klub harus menggelontorkan dana dua kali lipat lebih banyak. Totalnya, klub Tianjin harus mengeluarkan uang sebesar 162 juta euro untuk memboyong sang pemain.

© Ziranyixue
Shu Yuhui, pemilik Tianjian Quanjian. Copyright: ZiranyixueShu Yuhui, pemilik Tianjin Quanjian.

Jika benar terjadi, maka proses transfer itu bisa menjadi yang termahal dalam sejarah jual beli pemain di dunia persepakbolaan.

Kedatangan Aubameyang sendiri juga seakan diperkuat oleh posting-an foto dirinya di akun Instagram. Dalam akun resmi miliknya, @aubameyang97, ia mengunggah foto dirinya disertai dengan caption yang disinyalir sebagai tanda bahwa dirinya akan hengkang ke Negeri Tirai Bambu.

 

Ready for new adventures #aubameyang #holidays #pea17

A post shared by Aubameyang (@aubameyang97) on

“Siap untuk petualangan baru #aubameyang #holidays #pea17,” tulisnya.

Kabar lainnya, Aubameyang kemungkinan juga akan dipasangkan oleh Anthony Modeste, striker FC Koln, yang disinyalir juga akan bergabung dengan Tianjin. Modeste sendiri dilaporkan telah diajukan kontrak dengan dana 35 juta euro (Rp530 miliar).

© Twitter @Squawka
Pierre Emerick Aubameyang Copyright: Twitter @SquawkaPierre-Emerick Aubameyang.

Jika ia benar-benar memberikan tanda tangan kepada klub asal CSL tersebut, nantinya Aubameyang akan bermain bersama Alexandre Pato dan Axel Witsel yang juga didatangkan sebagai pemain anyar pada tahun ini.

Saat ini, Aubameyang masih terikat kontrak hingga 2020 mendatang di Westfalenstadion. Bersama skuat asuhan Peter Bosz, Aubameyang telah ikut bertanding di 189 pertandingan dengan torehan 120 gol dan 33 assists.

566