Coutinho Berguna untuk Barcelona, dengan atau Tanpa Neymar

Kamis, 27 Juli 2017 14:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Coutinho dan Neymar kala membela Timnas Brasil. Copyright: © Getty Images
Coutinho dan Neymar kala membela Timnas Brasil.

Barcelona disinyalir akan mendatangkan bintang Liverpool, Philippe Coutinho, pada bursa transfer musim panas ini. Banyak yang mengabarkan bahwa keinginan Barcelona merekrut gelandang kreatif milik Liverpool itu sebagai bagian untuk menggantikan posisi Neymar yang akan hijrah ke Paris Saint-Germain.

Seperti yang kita ketahui, saga transfer antara Neymar dan PSG telah menjadi gunjingan oleh para pencinta sepakbola. Kemampuan Les Parisiens untuk mengaktifkan nilai klausul kontrak sang pemain yang mencapai 222 juta euro menjadi topik hangat dalam beberapa hari belakangan.

Selain itu, PSG juga kabarnya akan memberikan beberapa fasilitas ‘wah’ kepada pemain berusia 25 tahun ini. Salah satunya adalah gaji 30 juta euro per musim, yang dapat menjadikannya sebagai pemain dengan gaji termahal di dunia.

© Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORT
Striker Barcelona, Neymar. Copyright: Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORTStriker Barcelona, Neymar.

Hal tersebut pun dapat menguatkan keinginan Neymar untuk hengkang dari Camp Nou. Ditambah lagi, dirinya pun tentunya sudah tidak ingin untuk selalu di bawah bayang-bayang megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Akan tetapi, Marca melansir Barcelona dapat membeli Coutinho tanpa harus menjual Neymar di bursa transfer kali ini. Maksudnya, Coutinho masih akan berguna untuk Barcelona, walaupun Neymar tidak dijual atau bertahan di Camp Nou.

© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Gelandang andalan Liverpool, Philippe Coutinho. Copyright: Andrew Powell/Liverpool FC via Getty ImagesGelandang kreatif Liverpool, Philippe Coutinho.

Coutinho yang diprediksi akan menjadi penambal lubang yang akan ditinggal Neymar, sejatinya mampu menjadi amunisi tambahan La Blaugrana musim depan, tanpa harus menjual Neymar.

Mantan pemain Inter Milan ini dapat menggantikan peran Andres Iniesta, yang telah termakan usia dan akan pergi meninggalkan Barcelona saat kontraknya habis di akhir Juni 2018 mendatang.

Dirinya mampu bermain sebagai gelandang serang di lini tengah Ernesto Valverde, menjadi penyokong trisula maut Messi, Neymar, Suarez (MSN) di lini depan dengan umpan-umpan manisnya yang kerap kali hadir kala Liverpool bertanding.

© Marca
Coutinho dan Neymar saat masih remaja dan membela Timnas Brasil U-20. Copyright: MarcaCoutinho dan Neymar saat masih remaja dan membela Timnas Brasil U-20.

Tentu, hal ini akan menjadi opsi Valverde dalam meyakinkan Neymar untuk tetap bertahan di Barcelona, serta meyakinkan Coutinho untuk bergabung ke kubu Catalan. Sekadar informasi, Neymar dan Coutinho merupakan sahabat sejak keduanya masih remaja.

Tumpuan berat justru kini berada di kubu The Reds. Pasalnya, Coutinho secara personal dikabarkan telah sepakat untuk bergabung ke Barcelona untuk bermain bersama mantan rekannya di Liverpool, Luis Suarez, seperti diberitakan Rac1.

Kehilangan Coutinho untuk Liverpool, jelas berbeda dengan kehilangan Neymar untuk Barcelona. Bila Neymar hengkang, Barcelona akan dengan mudahnya membeli Coutinho dengan uang penjualan Neymar yang didapat dari PSG. Sementara di sisi lain, Jurgen Klopp akan kesulitan mencari pengganti yang sepadan, walau memiliki uang yang banyak.

396