Timnas Indonesia U-19 Pede Pasang Target Tinggi ke Piala Dunia

Jumat, 28 Juli 2017 12:09 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Timnas U-19. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Timnas U-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, turut berbahagia dan bersyukur usai mengetahui Indonesia resmi ditunjuk AFC untuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Asia U-19 yang akan berlangsung pada 18 Oktober hingga 4 November 2018. Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, maka Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan lolos ke putaran final ajang tersebut.

"Ini bentuk kepercayaan AFC kepada PSSI. Kami punya keinginan untuk meraih prestasi terbaik di kesempatan ini. Ini momen kedua saya di putaran final Piala Asia, saya ingin bisa lebih dari hasil tahun 2014 demi keinginan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2019 mendatang," ujar Indra.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-19,  Indra Sjafri. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

"Perkembangan pemain saat ini juga bagus. Mereka punya kesempatan lebih baik dari yang sebelumnya. Apalagi saat ini kepedulian masyarakat ke Timnas usia muda sudah bagus. Jadi bila ingin Timnas Senior itu kuat, ya Timnas usia mudanya juga harus bagus," tambah pelatih yang sukses mengantar Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 lalu ini.

Senada dengan sang pelatih, penggawa Timnas U-19, Egy Maulana Vikri, menyebut ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah akan menjadi dukungan moral tersendiri bagi ia dan rekan-rekannya. Tak perlu kerja keras di babak kualifikasi karena dipastikan langsung berlaga di putaran final, Egy berjanji Timnas U-19 akan bekerja keras dan memberikan hasil terbaik, bahkan mencapai Piala Dunia U-20 menjadi target lain mereka.

"Kami akan bermain di depan puluhan ribu pendukung Timnas Indonesia. Tentu menjadi keuntungan serta motivasi tersendiri bagi kami. Kami akan berjuang semaksimal mungkin demi angan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2019," ujar Egy.

© Dok. PSSI
Egy Maulana Vikri. Copyright: Dok. PSSIEgy Maulana Vikri.

Sebagai informasi, Timnas U-19 otomatis lolos ke putaran final, karena Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Namun anak asuh Indra Sjafri tetap akan berlaga di kualifikasi Piala Asia U-19 2018, yang masuk di Grup F dan main di tanggal 31 Oktober hingga 8 November 2017 di Korea Selatan. 

Piala Asia U-19 akan diikuti sebanyak 43 tim yang akan tampil dalam babak kualifikasi terlebih dahulu. Tim-tim ini akan dibagi dalam 10 grup. Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. 

1K