On This Day: Lahirnya Kapten Legenda MU Penuh Kontroversi

Kamis, 10 Agustus 2017 19:49 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Roy Keane saat diperkenalkan sebagai pemain baru Man United. Copyright: © Getty Images
Roy Keane saat diperkenalkan sebagai pemain baru Man United.

Hari ini, Kamis (10/08/17), legenda Manchester United dan Tim Nasional Irlandia, Roy Keane, menginjak usia 46 tahun. Lahir di Cork, Irlandia, 10 Agustus 1971, Keane hidup dalam lingkungan keluarga yang menyukai olahraga, terutama sepakbola. Sosok Roy Keane di lini tengah MU era Sir Alex Ferguson sangat berpengaruh saat masih aktif bermain. Ia adalah kapten, pemimpin untuk rekan-rekan setimnya.

Roy Keane punya karakter kuat, tekel yang tanpa kompromi, dan tak segan pasang badan untuk rekan-rekan setimnya. Pria asal Republik Irlandia ini mampu membakar semangat timnya di lapangan, terutama ketika dalam situasi sulit.

Selama di MU pada tahun 1993 sampai 2005, Keane langsung menjadi salah satu pilar penting di lini tengah United setelah salah satu bintang United kala itu, Bryan Robson mengalami cedera berkepanjangan. 

© INDOSPORT
Roy Keane ketika beradu mulut dengan legenda Liverpool, Robbie Fowler. Copyright: INDOSPORTRoy Keane ketika beradu mulut dengan legenda Liverpool, Robbie Fowler.

Ia mencetak gol perdana untuk The Red Devils saat menghadapi Sheffield United  yang berkesudahan bagi kemenangan MU dengan skor 3-0 pada musim 1993/94. Setelah itu Keane menjadi kapten Setan Merah pada tahun 1997 menggantikan Eric Cantona. 

Keane sudah memenangi tujuh gelar Liga Primer Inggris, empat Piala FA, serta satu Liga Champions. Selain prestasi, kontroversi juga melekat pada dirinya. Salah satu insiden yang akan selalu diingat oleh orang-orang adalah tekel horornya yang, mitosnya, langsung mengakhiri karier Alf-Inge-Haaland saat Derby Manchester 2001 lalu.

Selain itu, Keane juga pernah berseteru dengan mantan kapten Arsenal, Patrick Vieira. Mereka terlibat perseteruan di lorong pertandingan saat Arsenal menjamu Manchester United di Highbury Stadium pada Februari 2005 silam.

© Indosport.com
Roy Keane vs Patrick Vieira ketika berduel di Highbury. Copyright: Indosport.comRoy Keane vs Patrick Vieira ketika berduel di Highbury.

Setelah meninggalkan Manchester United, pemain yang dijuluki Captain Fantastic ini bergabung dengan Celtic. Bersama pasukan The Bhoys, rekor gemilang kembali ditorehkan. Trofi Liga Skotlandia, dan Piala Liga Skotlandia ia berikan pada klub yang bermarkas di Celtic Park tersebut.

Memperingati di hari spesialnya ini, INDOSPORT akan berusaha untuk mengupas perjalanan awal karier serta sederet kontroversi yang pernah dilakukan Roy Keane semasa aktif bermain.

1.4K