Beberapa Fakta Unik Pasca Drawing Liga Champions 2017/18

Jumat, 25 Agustus 2017 05:32 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Federasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) telah melakukan drawing Liga Champions untuk musim 2017/18. Dalam hasil pengundian tersebut, muncul beberapa grup yang dapat dikatakan sebagai grup neraka.

Berlangsung di Monaco, sebanyak 32 tim dimasukkan ke dalam delapan grup yang terbagi dari Grup A hingga Grup H. Pasca pengundian tersebut, terdapat tiga grup neraka yakni Grup B, Grup C, Grup D, dan Grup H.

Grup B dihuni oleh Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, Anderlecht, dan Celtic. Munchen dan PSG diprediksi akan menjadi yang terdepan, walau bukan tidak mungkin keduanya akan tersandung ketika menjalani laga tandang ke Belgia dan Skotlandia.

Sementara Grup C dihuni oleh Chelsea, Atletico Madrid, AS Roma, dan Qarabag. Chelsea, Atletico dan Roma akan saling sikut untuk menjadi yang pertama dan kedua. Namun tentunya, mereka harus mewaspadai Qarabag ketika menjalani laga tandang ke ‘Kota Hantu’ tersebut.

Grup D dihuni oleh Juventus, Barcelona, Olympiacos, dan Sporting Lisbon. Juventus dan Barcelona akan kembali bersua, setelah sebelumnya mereka pernah bertemu satu sama lain di perempatfinal Liga Champions musim lalu. Sporting juga tak bisa dianggap remeh, lantaran permainan ‘bar-barnya’ yang kerap merepotkan lawan.

Nasib apes didapat oleh APOEL, lantaran berada di Grup H bersama dengan Real Madrid, Borussia Dortmund, dan juga Tottenham Hotspur. Madrid dan Dortmund diprediksi akan menjadi yang terdepan di grup ini, walau bisa saja Spurs membuat kejutan nantinya.

© uefa.com
Drawing Liga Champions. Copyright: uefa.comDrawing Liga Champions musim 2017/18.

Selain banyaknya grup neraka pada Liga Champions musim ini, terdapat pula beberapa fakta unik lainnya yang tersaji pasca pengundian selesai. Kini, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa fakta unik tersebut.

1. Chelsea hanya berhasil menang satu kali dari lima laga mereka kala bersua Atletico Madrid di kancah Eropa. Ini dapat menjadi hal buruk untuk skuat Antonio Conte.

2. Pertemuan antara Real Madrid dan Borussia Dortmund nantinya akan menjadi pertemuan ke-12 dan ke-13. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi di kancah Liga Champions.

3. Neymar telah mencetak 10 gol ke gawang Celtic. Menjadi angin segar untuk para penggemar Les Parisiens.

4. Manchester City akan bertemu kembali dengan Napoli, yang mana pernah terjadi sebelumnya pada September 2011 lalu dengan hasil akhir imbang 1-1.

5. Atletico Madrid dan AS Roma untuk pertama kalinya akan bertemu kembali di kancah Eropa sejak musim 1998/99.

6. Barcelona tidak pernah menang ketika bertandang ke kandang Juventus. Dari lima kali laga tandang, hanya menghasilkan dua imbang dan tiga kalah.

7. Terakhir kali Manchester United satu grup dengan Basel, mereka tidak lolos dari fase grup dan terdampar ke Liga Europa di musim 2011/12.

8. Jose Mourinho hanya mengalami sekali kekalahan dalam kariernya sebagai pelatih, ketika bertemu dengan Benfica (empat menang, dua imbang, satu kalah).

9. Sejak musim 2003/04, sebanyak 43 persen juara Liga Champions datang dari grup F. Mungkinkah akan terjadi di musim ini?

677