SEA Games 2017

Minus Hargianto, Pelatih Persija Beri Petuah kepada Timnas U-22

Sabtu, 26 Agustus 2017 15:57 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© vall_java
Gelandang Timnas Indoesia U-22, Muhammad Hargianto. Copyright: © vall_java
Gelandang Timnas Indoesia U-22, Muhammad Hargianto.

Muhammad Hargianto tidak akan bermain kala Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 berjuang di babak semifinal SEA Games 2017 melawan Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/08/17). Absennya pemain berusia 21 tahun tersebut turut memancing pelatihnya di Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco angkat bicara.

Menurut arsitek berusia 43 tahun ini, Timnas U-22 memiliki pemain pengganti yang sepadan untuk Hargianto. Pemain asal PSM Makassar, Asnawi Mangkualam disebut Teco sebagai sosok yang pas untuk menghuni lini tengah Garuda Muda, julukan Timnas U-22.

“Asnawi mampu menggantikan Hargianto,” kata Teco ketika ditemui INDOSPORT di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (26/08/17).

© Persija Jakarta
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco. Copyright: Persija JakartaPelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco.

Hargi absen setelah menerima kartu kuning pada pertandingan Timnas U-22 sebelumnya menghadapi Kamboja. Koleksi itu menjadi yang kedua untuknya, serta otomatis membuat Hargi harus menepi.

Kerja sama Hargi dan Evan memang tak tergantikan di Skuat Garuda Muda. Keduanya fasih memainkan tempo serangan dan ketika bertahan.

“Saya lihat waktu dia digantikan lawan Filipina, Asnawi bisa menggantikannya. Dia juga bagus pekerja keras. Hargianto punya kombinasi bagus dengan Evan Dimas. Saya lihat kombinasi waktu Hargi pegang bola, dia kasih Evan, lalu baru bola mengalir ke depan,” ujar Teco .

© RadoElshinta
Suporter Timnas Indonesia. Copyright: RadoElshintaSuporter menjadi salah satu kekuatan Timnas Indonesia.

Mantan asisten pelatih Persebaya Surabaya itu juga memberikan petuah kepada Garuda Muda yang akan bermain di depan puluhan ribu pendukung tuan rumah. Teco memberi penekanan, kemenangan akan digenggam Timnas U-22 bila konsentrasi lini pertahanan terjaga.

“Malaysia memang tuan rumah, tapi suporter Indonesia banyak sekali di sana. Lalu saya kira, Timnas U-22 punya semangat berlebih, karena stadion pasti penuh. Ini juga semifinal, harus benar-benar konsentrasi di lini belakang supaya tidak salah. Ke depan pasti ada peluang untuk bisa menang,” pungkas Teco.

Setidaknya ada 3 pemain Indonesia yang bakal absen dalam duel klasik di Asia Tenggara ini. Marinus Wanewar, Hansamu Yama, dan Muhammad Hargianto terpaksa menepi lantaran akumulasi kartu kuning.

3.9K