Min Aung Hlaing, Jenderal Pembantai Rohingya yang 'Gila' Bola

Sabtu, 2 September 2017 15:45 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© nytimes.com
Jenderal Min Aung Hlaing. Copyright: © nytimes.com
Jenderal Min Aung Hlaing.

Etnis Rohingya yang tinggal di Myanmar kembali jadi sorotan pihak internasional pasca tak berperikemanusiaan tentara Myanmar kepada etnis minoritas ini. Dikutip dari kumparan.com (02/09/17), ternyata ada sosok jenderal dibalik aksi tak berperikemanusiaan tentara Myanmar kepada etnis Rohingya, sosok itu bernama Min Aung Hlaing. 

© globalnewlightofmyanmar.com
Jenderal Min Aung Hlaing saat menonton laga sepakbola di Myanmar. Copyright: globalnewlightofmyanmar.comJenderal Min Aung Hlaing saat menonton laga sepakbola di Myanmar.

Dari penelusuran Indosport.com, Komandan Militer Myanmar ini ternyata cukup menggilai olahraga sepakbola. Beberapa kali Min Aung menghadiri sejumlah pertandingan sepakbola klub lokal di Myanmar. Dikutip dari mmtimes.com (02/09/17), jenderal Min tampak menghadiri saat laga antara tim kuat Liga Myanmar, Yangon United versus Shan United pada Maret 2017 lalu. 

Tidak itu saja, pada 2016 lalu, jenderal Min bersama sang istri, Kyu Kyu Hla tampak menghadiri laga antara tim sepakbola tentara Myanmar versus tim sepakbola tentara Laos pada Juli 2016 silam. Dikutip dari fanspage jenderal Min di Facebook, laga yang berlangsung di Stadion Zeyathiri, Nay Pyi Taw, Myanmar itu tampak pertandingan berlangsung tidak seperti biasanya. Laga persahabatan tersebut terkesan sangat kaku, tidak ada yel-yel penyemangat oleh para suporter yang menonton. Semua penonton di laga tersebut yang mayoritas ialah para tentara Myanmar dan Laos hanya duduk di bangku stadion dengan rapi. 

© globalnewlightofmyanmar.com
Laga sepakbola di Myanmar yang dinonton oleh Jenderal Min Aung Hlaing. Copyright: globalnewlightofmyanmar.comLaga sepakbola di Myanmar yang dinonton oleh Jenderal Min Aung Hlaing.

Selain itu, jenderal Min juga acapkali meminta departemen kementrian di Myanmar untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola antara departemen seperti pada Juli 2016 lalu. Laporan globalnewlightofmyanmar.com menyebutkan pada 28 Juli 2016 lalu, jenderal Min tampak hadir di pertandingan antara Kementerian Pertahanan Myanmar versus Kementerian Keuangan Myanmar, coba tebak siapa pemenang di laga ini? Tentu saja tim sepakbola Kementerian Pertahanan Myanmar, skor 4-1 jadi hasil di laga tersebut. 

Sukanya jenderal Min terhadap sepakbola memang bukan hal aneh. Sejumlah diktator dari belahan negara lain juga diketahui tergila-gila pada sepakbola, kita bisa menyebut nama pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang suka pada Juventus, (alm) Muammar Gaddafi yang tergila-gila pada Liverpool, serta penjahat perang Serbia, Radovan Karadzic yang suka pada Inter Milan. 

© globalnewlightofmyanmar.com
Min Aung Hlaing saat menonton sepakbola di Myanmar. Copyright: globalnewlightofmyanmar.comMin Aung Hlaing saat menonton sepakbola di Myanmar.
1