Homeless World Cup 2017

Menang Dramatis atas Portugal, Indonesia Rebut Peringkat 5 Dunia

Kamis, 7 September 2017 10:34 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Kabar gembira datang dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2017. Indonesia yang diwakili Rumah Cemara berhasil merebut peringkat 5 dunia dari 48 negara, setelah mengalahkan Portugal dengan skor yang cukup ketat 6-5 di City Hall Oslo, Norwegia, Selasa (05/09/17) waktu setempat.

Raihan tersebut membuat Indonesia memperbaiki catatan prestasi tahun lalu dalam ajang HWC 2016 di Skotlandia. Kala itu, Timnas Indonesia berada di peringkat tujuh dunia.

Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, Yowono A. Putranto mengucapkan rasa bangganya atas raihan Tim Indonesia di HWC 2017. Walaupun hanya finish di urutan kelima, namun perjuangan para penggawa Indonesia patut diapresiasi.

"Ini pertandingan extraordinary. Selamat, khususnya untuk Tim Nasional Indonesia," ujar Yuwono dinukil dari Antara.

Sebelumnya, Indonesia melaju mulus di fase Grup A. Skuat yang diasuh Sabrun Hanapi itu berhasil mengalahkan Denmark dengan skor telak 6-3 serta Mesir dengan skor tipis 5-4. Bahkan, Indonesia berhasil menghantam Belanda dengan skor fantastis 10-1. Indonesia hanya kalah saat bertemu Brasil dengan skor 1-2.

Berkat dua kemenangan tersebut, Indonesia berhak menemani Brasil di Grup A melaju ke babak trofi (trophy stage). Namun pada babak perempatfinal tersebut, Indonesia dikalahkan Meksiko dengan skor 3-4.

Kekalahan tersebut membuat Indonesia harus menghadapi Bosnia-Herzegovina dalam fase semifinal tiga di hari yang sama. Beruntung Indonesia yang berhasil mencetak gol pembuka sukses memenangkan pertandingan dengan skor tipis 4-3 dan berhak melaju memperebutkan peringkat kelima melawan Portugal.

Kapten Timnas Indonesia, Pinsa Prahadian, mengatakan bahwa ada hal yang lebih penting yang didapat oleh para pemain Indonesia melebihi kemenangan semata. Semangat kebhinekaan, serta semangat untuk menyatukan dunia serta mengajarkan arti solidaritas yang sesungguhnya  tampak nyata terlihat selama Timnas Indonesia menjalani ajang HWC 2017 di Oslo, Norwegia ini.

"Siapapun di turnamen ini, di awal pertandingan selalu mengucapkan semoga beruntung kepada lawannya. Ada pelajaran tertentu dari ucapan itu. Salah satunya adalah perbedaan itu nyata dan indah jika dilihat dari persamaannya, yaitu sama-sama bermain bola," ujar Pinsa.

Homeless World Cup 2017 sendiri berhasil dimenangkan Brasil yang berhasil menaklukkan Meksiko dengan skor 4-3. Prestasi terbaik Indonesia di HWC terjadi pada tahun 2012. Saat itu, Indonesia meraih peringkat ke-4 dunia di Meksiko.

Homeless World Cup pertama kali digagas pada 2003 dan menjadi ajang sepakbola bagi kaum marjinal. Turnamen Homeless World Cup menjadikan sepakbola sebagai wadah dan tempat bagi para pesertanya untuk meraih perubahan.

Tujuan paling awal dan mulia dari turnamen ini adalah untuk memperbaiki permasalahan sosial para tuna wisma seperti kecanduan narkoba dan alkohol, penularan HIV-AIDS, kemiskinan, dan kurangnya akses terhadap pendidikan.

12.5K