Solo, Kota dengan Geliat dan Sejarah Panjang Sepakbola

  • Kota Bengawan ini banyak sekali fakta-fakta yang menggambarkan bahwa kota tersebut sangat layak disebut sebagai kota sepakbola yang ada di Indonesia.
  • Salah satunya adalah banyaknya tim-tim besar yang menjadikan kota Solo sebagai homebase mereka.
Selasa, 3 Oktober 2017 11:30 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Kota Solo, Stadion Manahan, dan suporter klub sepakbola Solo. Copyright: © INDOSPORT
Kota Solo, Stadion Manahan, dan suporter klub sepakbola Solo.

Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya penonton yang datang ke Stadion ketika pertandingan sepakbola digelar.

Tidak hanya itu saja hampir setiap hari masyarakat selalu memainkan olahraga yang mengolah kulit bundar ini. Hampir di setiap desa dan juga kelurahan yang ada di Indonesia sudah memiliki lapangan sepakbola sehingga membuat olahraga yang berasal dari Eropa ini semakin dikenal luas di kalangan masyarakat.

Koreografi dari fans Persis Solo. Copyright: Arief Setiadi/INDOSPORTKoreografi dari fans Persis Solo.

Ketika membicarakan sepakbola di Indonesia salah satu kota yang layak disebut sebagai kota sepakbola adalah Solo. Mengapa demikian, di kota Bengawan ini banyak sekali fakta-fakta yang menggambarkan bahwa kota tersebut sangat layak disebut sebagai kota sepakbola yang ada di Indonesia.

Beberapa fakta yang berhasil dihimpun Indosport, salah satunya adalah banyaknya tim-tim besar yang menjadikan kota Solo sebagai homebase mereka. Berikut tim yang menjadikan kota Solo sebagai markas mereka.