Lawan Kamboja Tak Masuk Agenda FIFA, Milla: Sama Saja

Kamis, 5 Oktober 2017 06:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/ Petrus Manus Da'Yerrimon
Luis Milla saat memberikan keterangan pers usai laga uji coba melawan Kamboja. Copyright: © INDOSPORT/ Petrus Manus Da'Yerrimon
Luis Milla saat memberikan keterangan pers usai laga uji coba melawan Kamboja.

Timnas Indonesia akhirnya bisa menang dalam laga kandang saat menjamu Kamboja, dalam sebuah laga uji coba, Rabu (04/10/17) malam. Pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi ini, Lerby Eliandry dan kawan-kawan sukses menang 3-1 di akhir pertandingan.

Sayangnya, kemenangan ini tak berpengaruh banyak dengan raihan poin Indonesia yang tercatat di FIFA. Pasalnya, laga uji coba ini tak masuk dalam kalender resmi FIFA matchday.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Sundulan Lerby Eliandri menjadi pembuka kran gol bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSundulan Lerby Eliandri menjadi pembuka kran gol bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Meski demikian, Luis Milla enggan mempermasalahkan hal ini. Pelatih Skuat Garuda tersebut mengaku tetap puas dengan hasil uji coba ini.

"Laga tidak ada poin ini saya rasa sama saja. Yang pasti saya tetap senang, karena pemain muda banyak perubahan yang signifikan seperti Ilham Udin walau baru gabung tapi main bagus, ada Rezaldi, Febri, dan mereka main sudah sesuai yang saya arahkan," ujar Milla.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Lini pertahanan Kamboja direpotkan dengan performa Andik Vermansah. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimLini pertahanan Kamboja direpotkan dengan performa Andik Vermansah. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Tidak masuknya laga uji coba ini dalam agenda FIFA, lantaran lawan uji coba yang berubah. Awalnya, Timnas Indonesia bakal melawan Mauritania dalam laga uji coba ini.

Namun akhirnya tim asal Afrika tersebut membatalkan jadwal uji coba dan Kamboja yang menjadi lawan Indonesia. Alhasil, PSSI juga gagal mendapatkan respons terkait jadwal resmi dari FIFA.

"Awalnya, Timnas akan memainkan laga FIFA Matchday lawan Mauritania. Kami sudah kirimkan datanya untuk registrasi ke FIFA," kata kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo. 

Kejadian ini bukan kali pertama menimpa Indonesia tahun ini. Sebelumnya, laga uji coba melawan Fiji yang digelar pada bulan Juni lalu juga tidak tercatat sebagai agenda resmi FIFA.

1