Sepakbola Indonesia Harus Punya Pondasi Kuat Jika Ingin Seperti Jerman

Selasa, 10 Oktober 2017 16:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Karl-Heinz Riedle. Copyright: © INDOSPORT
Karl-Heinz Riedle.

Sepakbola Indonesia ternyata memiliki potensi besar untuk menjadi kuat di sepakbola dunia. Setidaknya Indonesia memiliki modal dasar seperti halnya Jerman.

Hal ini diutarakan oleh Legenda Timnas Jerman, karl Heinz Riedl. Pemain yang sempat mersakan manisnya trophy Piala Dunia melihat sepakbola Indonesia memilki modal besar untuk dapat menjadi besar. 

Terlebiih dengan melimpahnya pemain muda. Namun hal itu setidaknya bila Indonesia dapat meniru apa yang dilakukan Jerman dalam membina pemain muda mereka.

© Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comKarl-Heinz Riedle.

"Pembinaan usia muda menjadi penting. Hal ini menjadi sorotan untuk dikembangkan dengan baik di Jerman. Dan saya pikir cara ini juga bisa digunakan di Indonesia dalam mengembangkan pemain mudanya," ucap Riedl di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (10/10/17).

Selain melimpahnya bakat muda, Riedl juga melihat banyak hal yang membuat sepakbola Indonesia menjadi besar. Terlebih setelah datangnya pelatih asal Spanyol, Luis Milla di tubuh Timnas Indonesia.

"Anda perlu punya pondasi dan kejuaraan yang solid terutama untuk usia muda. Saya  dengar juga kalau Indonesia sekarang dilatih pelatih dari Spanyol, [Luis] Milla."

"Dia akan memberikan pengaruh dalam segi taktik. Yang terpenting adalah pemain muda bisa berkembang dan sepakbola Indonesia jadi luar biasa di masa mendatang," tutup dia.

293