KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018

Belanda 2-0 Swedia: Belanda Gagal Lolos Ke Piala Dunia

Rabu, 11 Oktober 2017 04:11 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Belanda gagal meraih misi sulitnya membobol gawang Swedia dengan 7 gol. Tim Oranye hanya mampu mencetak dua gol yang diciptakan oleh Arjen Robben. Berkat hasil ini, Belanda dipastikan tidak bisa tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Babak Pertama

Belanda langsung berinisiatif menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan. Baru berjalan tiga menit, tim tamu langsung mendapat peluang melalui tendangan bebas di pertahanan Belanda. Bola sepakan tendangan bebas disambut tandukan Granqvist, namun bola masih melebar di sisi gawang Cillessen.

Pada menit ke-16, petaka terjadi bagi Swedia ketika Victor Lindelof yang berniat menghalau bola justru malah mengenai tangannya di dalam kotak penalti, wasit pun langsung menunjuk titik putih. Arjen Robben yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik, skor sementara 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Hingga pertandingan hampir berjalan 30 menit, Belanda mampu menguasai jalannya pertandingan. Robben masih menjadi tumpuan untuk membangun pola serangan dari sayap mengandalkan kecepatannya, sehingga beberapa kali kerap menyulitkan bek Swedia .

Pada menit ke-26, Belanda nyaris menggandakan keunggulan melalui Wijnaldum yang berhasil menahan bola liar hasil sepakan Robben. Namun saat ia hendak menendang, bola lebih dulu bisa disodok Larsson.

Tim tamu akhirnya mendapat peluang di menit ke-34 saat mereka membangun serangan dari sayap. Umpan silang Augustinsson tak mampu dimanfaatkan Marcus Berg karena berhasil diamankan Cillessen meski bola sempat liar di atas udara.

Lima menit jelang berakhirnya pertandingan, Robben sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 berkat sepakannya dari luar kotak penalti. 

Beberapa kali Robben dkk mempunyai banyak peluang. Namun, hingga turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-0 milik Belanda masih bertahan.

Babak Kedua

Pertandingan kembali dilanjutkan, kedua tim langsung berinisiatif melakukan serangan. Laga baru berjalan tiga menit usai rehat, tuan rumah langsung berupaya mencetak gol secepat mungkin. Serangan mereka kembali datang dari Babel yang mengirim umpan silang. Namun bola gagal disambut Dost di tiang jauh dan tidak berbuah gol.

Anak asuh Dick Advocaat kembali mendapat peluang melalui Bas Dost di dalam kotak penalti. Dost berniat memberikan umpan kepada Wijnaldum yang berlari menusuk ke dalam, namun bola malah mengarah kepada Olsen.

Peluang kembali didapat Belanda melalui sundulan Bas Dost dari umpan tendangan bebas Robben, namun masih gagal menuju sasaran.

© Mirror.co.uk
Arjen Robben usai membobol gawang Swedia. Copyright: Mirror.co.ukArjen Robben usai membobol gawang Swedia.

Rasa putus asa pun mulai menyelimuti Belanda hingga waktu menyisakan 10 menit babak kedua usai, karena Swedia bermain sangat baik dalam bertahan pada babak kedua.

Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Dengan hasil ini, Belanda pun mengucapkan selamat tinggal untuk Piala Dunia 2018. Kali terakhir Belanda gagal tampil di Piala Dunia adalah pada tahun 2002.

Berikut starting XI kedua tim:

Belanda 4-2-3-1:

Cillessen; Tete, Van Dijk, Rekik, Ake; Vilhena, Blind; Robben, Wijnaldum, Babel; Janssen.

Pelatih: Dick Advocaat

Swedia 4-4-2:

Olsen; Lustig, Lindelof, Granqivst, Augustinsson; Claesson, Johansson, Larsson, Forsberg; Toivonen, Berg.

Pelatih: Janne Andersson

3.4K