Pelatih Thailand U-19 Bocorkan Pengalaman Berharga Pasca Telan 2 Kekalahan di Indonesia

Minggu, 15 Oktober 2017 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FA Thailand
Marc Alavendra, pelatih Timnas Thailand U-19. Copyright: © FA Thailand
Marc Alavendra, pelatih Timnas Thailand U-19.

Timnas Thailand U-19 telah menyelesaikan dua agenda uji coba di Tanah Air dengan melawan Timnas Indonesia U-19 dan Borneo FC U-19. Meski dua kali menelan kekalahan, pelatih Thialand U-19, Marc Alavedra mengaku tidak kecewa.

Pada laga pertama melawan Timnas U-19, Minggu (08/10/17) lalu di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Thailand U-19 dipermalukan Egy Maulana Vikri dkk dengan skor 3-0. Setelahnya, giliran Borneo FC U-19 yang menjadi mimpi buruk bagi Thailand U-19.

Bertandang ke Stadion Segiri, Samarinda pada 11 Oktober lalu, Thailand harus menerima kekalahan tipis 3-4 dari tuan rumah.

Akan tetapi, dua kekalahan itu tidak membuat Marc Alevedra berkecil hati. Ia justru menyatakan ada pengalaman penting yang didapat anak asuhnya, apalagi saat pertandingan stadion selalu disesaki oleh para penonton.

Kehadiran dan 'intimidasi' yang diberikan penonton tuan rumah dinilai bisa meningkatkan mental bertanding para pemain muda Thailand.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand U-19, Marc Alavendra Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comPelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand U-19, Marc Alavendra.

"Banyak penonton yang hadir dan sangat bersemangat. Itu luar biasa. Melihat antusias seperti itu membuat mental pemain meningkat," jelas Marc Alavedra dilansir dari laman resmi Borneo FC.

Lebih detail, Marc menegaskan dua laga uji coba di Indonesia bukan untuk melihat hasil atau skor. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu justru ingin melihat potensi anak asuhnya, lantaran pada lawatan kali ini ia membawa 15 pemain baru yang masih dalam tahap seleksi.

© INDOSPORT/Petrus Manus Da Yerimon
Sesi latihan Timnas Thailand U-19. Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus Da YerimonSesi latihan Timnas Thailand U-19 di Stadion Patriot, Bekasi.

"Kami sudah dapat kesempatan yang bagus untuk pemain dan kami bisa menunjukkan apa yang kami miliki. Target kami nanti adalah memilih pemain yang akan tampil di AFC Cup," kata Marc.

Usai melakoni dua uji coba di Tanah Air, Thailand U-19 tengah mempersiapkan diri untuk melawat ke Mongolia guna  memainkan laga kualifikasi Piala AFC U-19 menghadapi Singapura.

720