Sutan Zico Sempat Dirayu Perkuat Negara Jajahan Inggris

  • Sutan Zico menjadi striker yang paling diandalkan di Timnas Indonesia U-16.
  • Sutan Zico pernah ditawarkan untuk memperkuat Singapura.
Sabtu, 21 Oktober 2017 15:46 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Sutan Zico, striker andalan Timnas U-16. Copyright: © INDOSPORT
Sutan Zico, striker andalan Timnas U-16.

Sutan Diego Armando Zico adalah bomber Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 yang menjadi top skor tim Garuda Asia di ajang kualifikasi Piala Asia U-16 2017. Ia menjadi top skor bagi Indonesia dengan torehan 10 gol dari empat pertandingan.

Selain itu, striker berusia 15 tahun itu juga pernah sejumlah turnamen bergengsi di usia dini seperti Piala Danone 2014 di Brasil dan FC Bayern Youth Cup 2017 di Jerman.

Namun ada cerita menarik di balik kegemilangan Zico berseragam Timnas Indonesia. Zico sempat kecewa karena tidak dipanggil ke Timnas U-16 untuk Piala AFF U-16 2017. Penyerang kelahiran Jakarta itu pun ditawari warga Singapura untuk memperkuat bekas negara jajahan Inggris tersebut.

Sutan Zico selebrasi usai membobol gawang Laos. Copyright: PSSISutan Zico selebrasi usai membobol gawang Laos.

"Jadi ada orangtua teman anak Chelsea Singapura sayang ke saya. Dia lihat saya kecewa. Dia punya kenalan PSSI-nya Singapura, lalu saya mau diajukan main di sana (Singapura)," ungkap Zico dilansir dari Jawapos.

Sutan Zico  merayakan gol bersama rekan satu timnya. Copyright: PSSISutan Zico merayakan gol bersama rekan satu timnya.

Beruntung, saking cintanya kepada Indonesia, Sutan Zico menolak untuk berseragam Timnas Singapura dan lebih memilih untuk berusaha dan pantang menyerah demi satu tempat di skuat Garuda Asia.

"Enggak mau lah, mau bagaimana saya lahir di Indonesia," tegas Zico.