Liga 1 Indonesia

PSM Makassar 6-1 Madura United: Hadiah Ultah Sempurna

Minggu, 12 November 2017 21:11 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Rizky Pratama Putra
© Football Tribe
PSM Makassar. Copyright: © Football Tribe
PSM Makassar.

PSM Makassar berhasil menang atas Madura United dengan skor mencolok 6-1 pekan terakhir Gojek Trevaloka Liga 1 di Stadion Andi Matalatta, Minggu (12/11/2017). Penampilan dominan anak asuh Robert Rene Alberts mengubur dalam-dalam keinginan Madura United untuk bisa mendapatkan poin di partai pamungkas. 

Babak I

Di menit-menit awal pertandingan, PSM Makassar langsung menerapkan permainan cepat ala Pasukan Ramang. Berawal dari penetrasi dari sisi kanan pertahanan Madura United, melalui kaki M Rahmat dan langsung melakukan umpan terobosan, PSM Makassar langsung unggul cepat melalui Zulham Zamrun di menit ke 5. 

Dua menit berselang, Madura hampir saja menyamakan kedudukan, melalui sundulan dari Thiago Fortuso. Tetapi aksi sigap kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit berhasil menghalaunya.

 

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar) on

Di menit ke-12, penyerang sayap, Titus Bonai hanpir menambahkan kedudukan, namun tendangan kaki kanannya hanya melebar di sisi kanan gawang Madura United. 

Di menit 35 akhirnya Madura United berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Thiago Fortuso. Gol ini terjadi diawali dari kesalahan antisipasi kiper PSM Makassar Rivky Mokodompit yang tak mampu menepis dengan baik tendangan bebas yang mengalir deras dari sang kapten Fabiano Beltrame.

Terus menekan, namun skor tidak berubah. Babak pertama PSM 1-1 Madura. 

Babak II

Usai mencetak gol, PSM tak mengendorkan serangan. PSM semakin menunjukkan keperkasaannya di babak kedua. Pasukan Ramang seperti bermain tanpa beban. Total ada lima gol dicetak oleh PSM Makassar. 

Pertama di menit ke 57, PSM Makassar kembali unggul lewat gol Titus Bonai. Sepakan indahnya berhasil merobek gawang madura united. 

© ANTARA
PSM Makassar Copyright: ANTARAPSM Makassar

Sang pengatur serangan, Aillem Jan Pluim pun tak mau ketinggalan. Aksinya di menit ke 64 menambah keunggulan PSM Makassar menjadi 3-1. 

PSM kemudian kembali menambah keunggulan. Tak tanggung-tanggung 3 gol berikutnya dicetak oleh M. Rahmat pada menit ke-66, 73, dan 78. Aksi hattrick ini tercipta dari kerjasamanya dengan Pluim maupun Syamsul Chaeurdin. PSM pun tak terbendung. Skor akhir 6-1.

Laga ini juga menjadi cukup emosional karena pelatih Robert Rene Alberts menurunkan Rasyid Bakrie yang sudah lama cedera serta memasukan Syamsul Bachri Chaeruddin dan menjadikannya sebagai kapten.  

Susunan Pemain: 

PSM Makassar: Rivki Mokodompit (Marsel 82'), Zulkifli Syukur, Steven Renaud Anthony Paulle, Hamka Hamzah, Wasyiat Hasbullah, Titus Bonai, Rizky Pellu (Bakri 74'), Muhammad Arfan (Chaerudin 62'), Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun, M. Rahmat

Madura United: Panggih Prio Sembodho, Rendi Siregar, Fachrudin Wahyudi, Guntur Ariyadi, Munhar, Fabiano Beltrame, Aidun Sastra Utami (Sugiarto 71'), Slamet Nurcahyono, Bayu Gatra Sanggiawan, Saldi, Thiago Furtuoso

105