Liga 1

5 Kasus Keputusan Kontroversial Wasit Sepanjang Liga 1 2017

  • Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017 telah rampung dilaksanakan.
  • Sebanyak 34 pekan pertandingan, ada beberapa laga yang diwarnai dengan atmosfer tegang.
  • Salah satunya karena keputusan kontroversi yang dibuat oleh wasit sebagai pengadil lapangan.
Senin, 13 November 2017 18:17 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Deretan wasit kontroversial di Liga 1 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Deretan wasit kontroversial di Liga 1 2017.

Kompetisi tertinggi Indonesia, Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia musim 2017 sudah usai digelar. Musim ini, gelar juara berhasil direngkuh oleh Bhayangkara FC usai menjadi pemuncak klasemen akhir dengan torehan 68 poin.

Dalam 34 pekan yang dilakoni di Liga 1 2017 sendiri, ada banyak sekali kontroversi-kontroversi yang bermunculan. Memang, yang lebih banyak terlihat ialah aksi keras yang diperlihatkan para pemain saat berjibaku dengan tim lawan.

Ada pun aksi kekerasan yang juga diperlihatkan para suporter setia tim sebagai bentuk luapan rasa emosi dan kekecewaan atas timnya ataupun tim lawan.

Protes pemain Bhayangkara FC dan Borneo FC atas keputusan wasit Aprisman Aranda yang sempat membuat kericuhan di sela-sela pertandingan. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTProtes pemain Bhayangkara FC dan Borneo FC atas keputusan wasit Aprisman Aranda yang sempat membuat kericuhan di sela-sela pertandingan (Herry Ibrahim/INDOSPORT).

Selain itu, wasit yang merupakan perangkat pertandingan penting juga tidak ketinggalan. Pasalnya, para pengadil lapangan juga sering kali membuat keputusan kontroversial. Dalam hal ini, tidak hanya wasit lokal saja, nyatanya wasit asing juga kerap kali menjadi sorotan lantaran pertimbangan kontroversial itu.

Padahal, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menaungi kompetisi Liga 1 musim ini menerapkan aturan pemakaian wasit asing dengan harapan wasit lokal bisa mendapatkan banyak pelajaran baru bagi perkembangan kariernya itu.

Sayangnya, tidak semua jasa wasit asing yang digunakan memberikan dampak nyata, terutama dampak positif dan malah menciptakan sebuah permasalahan baru.

Ilustrasi wasit sepakbola. Copyright: IstimewaIlustrasi wasit sepakbola.

Menilik hal itu, berikut ini INDOSPORT akan mengulas kembali deretan kasus kontroversi wasit di Liga 1 2017.